Comscore Tracker

10 Rekomendasi Wisata Gua di Yogyakarta, Pemandangannya Bikin Takjub

Susur gua di aliran sungai bawah tanah cukup menyenangkan

Yogyakarta selalu punya segudang tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata budaya, sejarah, kuliner, hingga alam yang begitu sayang untuk dilewatkan.

Nah, selain pantai dan gunung, wisata berupa gua juga gak kalah menarik, lho. Apalagi ada gua di Yogyakarta yang menawarkan wisata river tubing. Berikut beberapa wisata gua di Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi saat liburan.

1. Gua Rancang Kencono

10 Rekomendasi Wisata Gua di Yogyakarta, Pemandangannya Bikin TakjubInstagram.com/javasoulindonesia

Gua yang terletak di Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul, ini dulunya digunakan untuk tempat persembunyian dan pertemuan Laskar Mataram. Gua yang termasuk purba ini menjadi tempat Laskar Mataram menyusun strategi untuk mengusir Belanda dari Kesultanan Yogyakarta.

2. Gua Selarong

10 Rekomendasi Wisata Gua di Yogyakarta, Pemandangannya Bikin TakjubInstagram.com/jalanjalanbro

Gua Selarong merupakan gua peninggalan sejarah yang berlokasi di Dukuh Kembangputihan, Pajangan, Bantul. Dulunya gua ini digunakan sebagai markas gerilya Pangeran Diponegoro saat melawan Belanda.

3. Gua Kiskendo

10 Rekomendasi Wisata Gua di Yogyakarta, Pemandangannya Bikin TakjubInstagram.com/upiecupi

Gua Kiskendo menjadi tempat yang disakralkan dan memiliki sejarah yang berkaitan dengan pewayangan. Di dalam gua yang berlokasi di Kulon Progo ini terdapat stalakmit berbentuk lidah raksasa. Stalakmit ini dipercaya sebagai lidah dari dua raksasa yang pernah tinggal di gua ini, Mahesasura dan Lembusura namanya.

4. Gua Sriti

10 Rekomendasi Wisata Gua di Yogyakarta, Pemandangannya Bikin TakjubInstagram.com/monz_journey

Gua Sriti terletak di Gunungkidul, tepatnya di sebelah barat Gua Pindul. Disebut Gua Sriti karena tempat ini merupakan sarang burung sriti.

5. Gua Cerme

10 Rekomendasi Wisata Gua di Yogyakarta, Pemandangannya Bikin TakjubInstagram.com/pariwisata_gunungkidul

Gua ini berada di Dusun Srunggo, Desa Selapamioro, Imogiri, Bantul. Untuk mengunjungi gua yang di dalamnya memiliki air terjun kecil ini, kamu harus melewati 759 anak tangga. Jadi, siapkan stamina yang cukup ya!

6. Gua Cokro

10 Rekomendasi Wisata Gua di Yogyakarta, Pemandangannya Bikin TakjubInstagram.com/roh_kyt

Gua berbentuk vertikal dengan kedalaman 18 meter ini berada di Dusun Blimbing, Desa Umbulharjo, Pojong, Gunungkidul. Ketika cuaca cerah, kamu bisa menikmati fenomena Ray of Light, yakni sinar matahari yang masuk dari lubang lainnya.

Nah, untuk bisa masuk ke sini juga gak sembarangan, minimal harus 10 orang dengan biaya Rp1 juta.

Baca Juga: 7 Syarat dan Tips Liburan ke Yogyakarta Saat New Normal, Sudah Tahu?

7. Gua Tanding

10 Rekomendasi Wisata Gua di Yogyakarta, Pemandangannya Bikin TakjubInstagram.com/goatanding_jogja

Gua Tanding memang masih terhitung wisata gua baru. Gua yang berlokasi di Gelaran 2, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, ini juga memiliki sungai bawah tanah dengan kedalaman tiga meter dan panjang sekitar 450 meter. Kamu bisa melakukan river boating di sini.

8. Gua Jomblang

10 Rekomendasi Wisata Gua di Yogyakarta, Pemandangannya Bikin TakjubInstagram.com/thewayfaress

Gua yang sudah terkenal ini berada di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Semanu, Gunungkidul. Gua vertikal ini memiliki kedalaman 60 meter yang bisa kamu kunjungi di siang hari, supaya cahaya matahari yang masuk memberikan pemandangan yang indah.

9. Gua Kalisuci

10 Rekomendasi Wisata Gua di Yogyakarta, Pemandangannya Bikin TakjubInstagram.com/rudi_setyawan

Gua Kalisuci merupakan sebuah kawasan karst yang di bawahnya terdapat sungai yang mengalir dengan arus tenang. Selain Gua Pindul, di sini juga salah satu wisata cave tubing terbaik. Untuk menyusurinya, kamu butuh waktu sekitar dua jam dengan panjang gua sekitar 600-700 meter.

10. Gua Pindul

10 Rekomendasi Wisata Gua di Yogyakarta, Pemandangannya Bikin TakjubInstagram.com/goapindulofficial

Gua Pindul menjadi destinasi wisata alam yang kini semakin dikenal. Ke Yogya belum lengkap rasanya kalau belum ikut cave tubing aliran Sungai Oya. Terletak di Wonosari, Gunungkidul, Gua Pindul menawarkan paket guide susur gua dengan menggunakan ban dan helm.

Nah, itulah beberapa rekomendasi wisata gua di Yogyakarta yang memiliki pemandangan indah. Dijamin bakal lupa waktu, deh kalau liburan ke sini!

Baca Juga: 10 Pantai Paling Eksotis di Yogyakarta yang Memanjakan Mata

Topic:

  • Naya Gayatri
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya