Comscore Tracker

5 Wisata Religi di Cirebon yang Wajib Dikunjungi, Penuh Warisan Budaya

#ANGPOIN Kaya akan wawasan sejarah tentang Islam

Kota yang terkenal dengan ikon Kota Udang ini menjadi kota yang tepat untuk wisata bernuansa Islami, sebab Cirebon merupakan tempat pertama kali ajaran Islam masuk di Jawa Barat. Banyak peninggalan-peninggalan islam dan budaya yang diwariskan para leluhur di Cirebon.

Selain itu, Cirebon juga lekat dikenal dengan sebutan Kota Para Wali karena adanya dua dari sembilan Wali Songo yang sempat tinggal di Cirebon. Ada wisata religi apa aja di kota ini?

1. Keraton Kasepuhan

5 Wisata Religi di Cirebon yang Wajib Dikunjungi, Penuh Warisan BudayaInstagram.com/aboutcirebonid

Ikon wisata religi pertama yang paling dikenal masyarakat luar Cirebon adalah Keraton Kasepuhan. Di Keraton ini ada peninggalan masa kejayaan kesultanan Cirebon. Terdapat museum pusaka yang disuguhkan bagi wisatawan berisi singgasana sultan, kereta kencana Singa Barong, dan benda-benda bersejarah lainnya.

Dilengkapi bangunan tua yang megah berwarna putih dan tembok bata merah yang terawat ini mampu menarik wisatawan untuk berpose di sini. Keraton Kasepuhan sering dijadikan destinasi wisata pelajar dari luar kota untuk melakukan study tour. Sedangkan untuk wisata religinya ramai saat Hari Raya Idulfitri. 

2. Keraton Kanoman

5 Wisata Religi di Cirebon yang Wajib Dikunjungi, Penuh Warisan Budayainstagram.com/danusmariki

Keraton yang memiliki luas area 6 hektar ini merupakan peninggalan Sultan Badaruriddin. Sama seperti Keraton Kasepuhan, disini juga terdapat museum yang berisi pusaka dan benda bersejarah koleksi sultan, dan ada pula kereta kencana Paksi Naga Liman dan Jempana. 

Selain objek wisata keraton ini, di sepanjang jalan menuju Keraton Kanoman wisatawan bisa sekaligus mampir ke pasar Kanoman yang jaraknya sangat dekat dengan keraton, di sana menyediakan makanan serta oleh-oleh khas Cirebon, lho.

Baca Juga: Menjelajah Goa Sunyaragi Cirebon, Tumpukan Batu Karang yang Artistik

3. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

5 Wisata Religi di Cirebon yang Wajib Dikunjungi, Penuh Warisan BudayaInstagram.com/dokterkoko

Masjid dengan bangunan sangat sederhana ini di bangun oleh Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga untuk fasilitas penyebaran agama Islam. Masjid ini memiliki daya pikat tersendiri bagi wisatawan karena desain arsitekturnya yang unik.

Dengan tembok bata merah yang mendominasi bangunan dan bagian pintu utama yang didesain pendek agar pengunjung yang mau beribadah menundukkan badannya saat masuk masjid.

Ada sumber air yang gak hanya diperuntukkan untuk berwudu, tapi diyakini masyarakat sekitar bahwa air ini memiliki banyak manfaat dan khasiat, termasuk bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

4. Makam Sunan Gunung Jati

5 Wisata Religi di Cirebon yang Wajib Dikunjungi, Penuh Warisan BudayaInstagram.com/cirebonexotic

Objek wisata ziarah paling ramai di Cirebon adalah Makam Sunan Gunung Jati atau Syarief Hidayatullah yang sangat berperan dalam penyebaran agama Islam di Jawa Barat. Peziarah dari Cirebon maupun luar selalu meramaikan makam ini saat hari raya besar Islam.

Untuk wisata umumnya sendiri, wisatawan bisa melihat keunikan desain bangunan tempat makam itu berada yang merupakan campuran seni Arab, Cina, dan Jawa.

5. Petilasan Sunan Kalijaga

5 Wisata Religi di Cirebon yang Wajib Dikunjungi, Penuh Warisan BudayaInstagram.com/cirebonheritage

Tempat ini merupakan peristirahatan dan tempat tinggal Sunan Kalijaga semasa dirinya menyebarkan ajaran Islam di Jawa Barat bersama Sunan Gunung Jati. Dalam kawasan petilasan terdapat tempat tidur lengkap dengan kelambu, ada sumur wasiat Sunan Kalijaga yang sudah ada dari dulu.

Wisatawan yang berziarah ke makam Sunan Gunung Jati biasanya melanjutkan perjalanannya menuju petilasan Sunan Kalijaga ini.

Itulah 5 destinasi wisata religi yang disuguhkan Cirebon. Kalau kamu sempat berkunjung ke mana? Atau ada rencana mau berkunjung ke satu objek wisata di atas?

Baca Juga: Rekomendasi 7 Rumah Makan Seafood Nikmat di Kota Cirebon

Nazhifatun Nurul Latifah Photo Community Writer Nazhifatun Nurul Latifah

Happy reading:) Semoga tulisan ini bisa menghibur, memotivasi, dan mengedukasi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You