Comscore Tracker

5 Masjid Termegah di Kuala Lumpur, Malaysia yang Bikin Betah Ibadah

Keindahannya akan membuatmu terpukau #IDNTimesTravel

Sebagai negara serumpun, Indonesia dan Malaysia memiliki banyak kesamaan. Salah satunya adalah populasi muslim yang besar. Tak heran jika banyak masjid yang tersebar di seluruh negeri.

Apakah kamu sedang mencari masjid di ibukota Malaysia, Kuala Lumpur? Berikut ini adalah beberapa masjid termegah sekaligus terindah yang bisa jadi destinasi saat berkunjung ke sana. Check this out!

1. National Mosque of Malaysia

5 Masjid Termegah di Kuala Lumpur, Malaysia yang Bikin Betah IbadahMemiliki nama lain Masjid Negara dan bisa menampung hingga 15.000 jemaah. (instagram.com/catherinesadven)

Mari berkenalan dengan Masjid Nasional Malaysia yang terletak di Taman Danau Kuala Lumpur. Memiliki nama lain Masjid Negara, masjid ini bisa menampung hingga 15 ribu jemaah.

Masjid ini memiliki menara setinggi 73 meter, aula utama dengan 48 kubah kecil, serta atap utama 16 segi. Tak jauh berbeda dengan masjid lain, terdapat ayat-ayat suci Al-Qur'an yang menghiasi dinding aula utama.

Menengok ke belakang, masjid ini dibangun di tahun 1965 dalam rangka menghormati kemerdekaan Malaysia. Dilansir Pickyourtrail, desain Masjid Nasional Malaysia adalah hasil kerja sama arsitek Inggris, Howard Ashley, serta warga negara Malaysia, Baharuddin Kassim dan Hisham Albakri.

2. Federal Territory Mosque

5 Masjid Termegah di Kuala Lumpur, Malaysia yang Bikin Betah IbadahArsitektur masjid ini adalah perpaduan Ottoman dan Melayu. (instagram.com/hasbvllah)

Bergeser ke Federal Territory Mosque, masjid yang dibuka untuk umum pada 25 Oktober 2000 ini terletak di tengah kolam buatan di sepanjang jalan Sultan Mizan Zainal Abidin. Arsitektur masjid ini adalah perpaduan Ottoman dan Melayu.

Sangat luas, aula utamanya bisa menampung hingga 17 ribu jemaah sekaligus. Selain untuk beribadah, masjid ini digunakan sebagai sekolah agama bagi anak-anak. Lokasi Federal Territory Mosque adalah di sebelah barat pusat kota. Jika tidak macet, hanya 15 menit mengemudi dari Petronas Twin Towers, dikutip Unexplored Footsteps.

Baca Juga: 5 Tempat Terbaik untuk Lari di Kuala Lumpur, Malaysia

3. Masjid Jamek Sultan Abdul Samad

5 Masjid Termegah di Kuala Lumpur, Malaysia yang Bikin Betah IbadahDibangun pada tahun 1907, ini adalah masjid tertua di Kuala Lumpur. (instagram.com/lilsidetrip)

Selanjutnya adalah Masjid Jamek Sultan Abdul Samad yang dibangun pada tahun 1907 dan dinobatkan sebagai masjid tertua di Kuala Lumpur. Arsitekturnya adalah kombinasi Mughal kuno dan Moor.

Masjid ini cukup unik karena latar belakangnya adalah gedung-gedung modern nan megah. Selain itu, bangunannya menghadap ke Sungai Klang dan beberapa landmark Kuala Lumpur.

Masjid Jamek Sultan Abdul Samad memiliki tiga kubah, yang tertinggi yaitu 20 meter. Kubah ini diapit oleh dua menara batu bata yang tingginya lebih dari 25 meter. Jika mampir kemari, jangan lupa kenakan pakaian yang sopan, ya!

4. Masjid Raja Fisabilillah Cyberjaya

5 Masjid Termegah di Kuala Lumpur, Malaysia yang Bikin Betah IbadahTernyata, Masjid Raja Fisabilillah Cyberjaya sangat ramah lingkungan! (instagram.com/zielleyes)

Masjid Raja Fisabilillah Cyberjaya baru dibangun pada tahun 2016. Ini adalah masjid pertama di Malaysia yang memperoleh penghargaan Platinum dalam Green Building Index.

Apa rahasianya? Masjid ini memakai lampu LED hemat energi, memiliki panel surya di atap, mempunyai ventilasi udara alami, serta memanen air hujan untuk kebutuhan ribuan jemaah. Keren!

Ada apa saja di Masjid Raja Fisabilillah Cyberjaya? Terdapat ruang serbaguna untuk pernikahan, lift untuk lansia dan penyandang disabilitas, serta taman bermain untuk anak-anak.

5. Masjid Saidina Umar Al-Khattab

5 Masjid Termegah di Kuala Lumpur, Malaysia yang Bikin Betah IbadahNama masjid ini diambil dari Khalifah Umar bin Khattab. (instagram.com/kenikamaludin)

Yang terakhir adalah Masjid Saidina Umar Al Khattab yang terletak di Bukit Damansara. Tanggal 22 Maret 1984 adalah hari yang bersejarah bagi masjid ini. Mau tahu kenapa?

Di tanggal tersebut, Masjid Saidina Umar Al Khattab secara resmi dibuka oleh Yang di-Pertuan Agong ketujuh, Sultan Ahmad Shah dari Pahang. Nama masjid ini diambil dari Khalifah Umar bin Khattab, penerus Rasulullah SAW.

Nah, itulah beberapa masjid megah dan indah di Kuala Lumpur, Malaysia. Semuanya terlihat mengagumkan, ya?

Baca Juga: 9 Fakta Masjid 99 Kubah, Masjid Terunik di Kota Makassar

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya