Comscore Tracker

Inilah 7 Objek Wisata Alam di Malaysia Timur yang Harus Kamu Kunjungi 

Gak kalah bagus lho dengan tempat wisata di Malaysia Barat!

Saat mendengar Malaysia, mungkin kamu hanya familiar dengan Menara Petronas yang menjadi landmark negara tersebut. Menara yang terletak di Malaysia Barat ini, tepatnya di Semenanjung Malaysia yang sebelah utaranya berbatasan dengan Thailand, membuat Malaysia Barat lebih dikenal daripada Malaysia Timur yang terletak di sebelah utara Pulau Kalimantan.

Jangan salah, Malaysia Timur juga mempunyai objek-objek wisata yang gak kalah menarik dengan Malaysia Barat, khususnya wisata alam. Kamu juga bisa menjadikan objek-objek wisata di Malaysia Timur sebagai travel bucket list-mu saat pandemi COVID-19 mereda.

Penasaran kan apa saja objek-objek wisata alam di Malaysia Timur? Yuk, simak list berikut!

1. Pulau Sipadan 

Inilah 7 Objek Wisata Alam di Malaysia Timur yang Harus Kamu Kunjungi tripfuser.com

Sebelah timur negara bagian Sabah mempunyai pulau yang sangat eksotis yang dinamakan Pulau Sipadan. Pulau ini pernah menjadi sengketa Indonesia-Malaysia, sebelum Mahkamah Agung PBB memutuskan pulau ini menjadi milik Malaysia pada akhir 2002. Pulau ini menjadi tujuan wisata selam terbaik di Malaysia. Kamu dapat melakukan scuba diving dan snorkeling untuk melihat penyu, ikan hiu, ikan pari, formasi tornado ikan barakuda, serta ikan berwarna-warni lainnya.

Supaya ekosistem alamnya tidak terganggu, pulau ini tidak memiliki penginapan dan pengunjungnya dibatasi sebanyak 176 orang per hari. Jika kamu ingin menginap, kamu bisa memilih resor di pulau terdekat, yaitu di Pulau Mabul yang dapat ditempuh 45 menit dengan kapal mesin dari Pulau Sipadan.

2. Taman Nasional Gunung Kinabalu 

Inilah 7 Objek Wisata Alam di Malaysia Timur yang Harus Kamu Kunjungi traveltriangle.com

Taman nasional yang menjadi bagian dari Gunung Kinabalu ini terletak di negara bagian Sabah. Tempat ini pun tidak boleh dipandang sebelah mata karena telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pertama untuk Malaysia. Kegiatan yang menantang di tempat ini adalah mendaki gunung Gunung Kinabalu yang merupakan gunung tertinggi di Malaysia (4095 meter).

Atraksi lainnya berupa pemandian air Panas Poring, penangkaran kupu-kupu, melihat bunga langka Rafflessia arnoldi dan Rothschild’s Slipper Orchid yang merupakan anggrek termahal di dunia. Dijamin gak akan bosan deh di sini!

3. Taman Nasional Gunung Gading  

Inilah 7 Objek Wisata Alam di Malaysia Timur yang Harus Kamu Kunjungi malaysia.travel

Taman nasional ini terletak 90 km dari Kuching, ibukota negara bagian Sarawak. Awalnya, tempat ini merupakan zona konservasi untuk tumbuhan langka, lalu dibuka untuk umum pada tahun 1994. Sama seperti Taman Nasional Gunung Kinabalu, di tempat ini juga terdapat bunga Rafflessia arnoldi.

Kebanyakan wisatawan datang untuk melihat bunga tersebut karena tempat ini mengkhususkan diri sebagai penangkarannya. Selain itu, di sini juga bisa trekking dan melihat beberapa air terjun.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Sanggau, Kabupaten Perbatasan Indonesia-Malaysia!

4. Taman Nasional Gunung Mulu 

Inilah 7 Objek Wisata Alam di Malaysia Timur yang Harus Kamu Kunjungi telegraph.co.uk

Jika kamu mencari taman nasional yang menawarkan keindahan alam yang berbeda dari taman nasional pada umumnya, kamu bisa datang ke Taman Nasional Gunung Mulu. Taman nasional yang terletak di Miri, negara bagian Sarawak ini terkenal akan keindahan batuan karst-nya. Keindahan lanskap yang menakjubkan ini pun dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Selain itu, tempat ini mempunyai salah satu gua bawah tanah terpanjang di Asia Tenggara, yaitu Gua Clearwater yang memiliki panjang 227,2 km. Dijamin kamu tidak akan rugi mengunjungi tempat ini!

5. Taman Nasional Batu Karang Miri-Sibuti 

Inilah 7 Objek Wisata Alam di Malaysia Timur yang Harus Kamu Kunjungi Instagram.com/sarawaktravel

Kota Miri di negara bagian Sarawak masih punya tempat wisata alam, yaitu Taman Nasional Batu Karang Miri-Sibuti. Taman nasional ini berbeda dengan uraian list sebelumnya karena tempat ini merupakan konservasi perairan, yaitu sebagai konservasi terumbu karang dan makhluk-makhluk laut lainnya. Kamu bisa bebas menyelam untuk melihat keindahan ikan-ikan yang berenang di sekitar terumbu karang yang berwarna-warni. Sangat nyaman menyelam di sini dan dapat menikmati area yang belum disentuh sama sekali.

Perhatikan juga waktu kunjunganmu ke tempat ini karena waktu terbaiknya adalah bulan April sampai November.

6. Taman Nasional Similajau 

Inilah 7 Objek Wisata Alam di Malaysia Timur yang Harus Kamu Kunjungi flyklia.com

Taman Nasional Similajau terletak 30 km dari Kota Bintulu di negara bagian Sarawak. Taman nasional ini menjadi tempat rekreasi terunik karena terdapat wisata darat dan perairan, seperti hutan hujan dan beberapa pantai yang menghadap langsung dengan laut Cina Selatan. Tempat ini juga merupakan habitat beberapa flora dan fauna yang dilindungi.

Jika kamu suka suasana daratan, kamu bisa hiking di hutan hujannya dengan melewati jembatan kayu. Sebaliknya, jika kamu suka suasana perairan, kamu bisa snorkeling untuk melihat kehidupan laut. Dijamin kamu akan puas berwisata di sini!

7. Dataran Tinggi Kelabit 

Inilah 7 Objek Wisata Alam di Malaysia Timur yang Harus Kamu Kunjungi natouralis.com

Dataran Tinggi Kelabit merupakan rangkaian pegunungan yang terletak di bagian utara Sarawak. Kamu dapat hiking dan mengeksplorasi 14 desa tradisional di kawasan tersebut. Disarankan kamu memulai hiking di antara Desa Bario dan Desa Pa Umor karena mempunyai lintasan hiking terpendek sehingga kamu tidak cepat lelah.

Jika punya stamina yang kuat, kamu bisa hiking sampai Gunung Murud yang memiliki tinggi 2.423 m. Kamu juga bisa menikmati pemandangan indah kawasan ini dari ketinggian.

Wah, menakjubkan sekali ya objek-objek wisata pada list di atas. Jadi, apa kamu sudah membuat travel bucket list untuk mengunjunginya?

Baca Juga: 8 Masjid di Malaysia ini Punya Arsitektur yang Unik dan Indah

Nuraina Fika Lubis Photo Verified Writer Nuraina Fika Lubis

Writing is a skill that I want to have. I try harder to make an article that worth to read. I receive critics and suggestions to upgrade my writing skill. Hope you enjoy what I write. Sincerely, me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya