Comscore Tracker

8 Masjid di Malaysia ini Punya Arsitektur yang Unik dan Indah

Ada perpaduan arsitektur Ottoman hingga British Victorian  

Sama seperti Indonesia, mayoritas penduduk di Malaysia beragama Islam. Di sini kamu bisa menemukan banyak masjid untuk tempat beribadah. Di antara masjid-masjid itu ada beberapa masjid yang terkenal karena keunikan dan keindahannya. Tak hanya untuk tempat beribadah, kamu juga bisa menikmati keindahan arsitektur sekaligus mempelajari sejarah dan perkembangan Islam di sana. Seperti pada masjid-masjid di bawah ini.

1. Masjid Wilayah Federal, Kuala Lumpur

8 Masjid di Malaysia ini Punya Arsitektur yang Unik dan Indahasiatravelgate.com

Masjid utama di Kuala Lumpur ini terletak di Kompleks Pemerintah Federal Jalan Duta. Luasnya mencapai 5 hektar dan memadukan gaya arsitektur Ottoman dan Melayu. Masjid ini memiliki 22 kubah yang terbuat dari campuran glass fibre fabric dan epoxy resin. Masjid ini sanggup menampung 17.000 jemaah sekaligus.

2. Masjid Negara Sultan Abu Bakar, Johor

8 Masjid di Malaysia ini Punya Arsitektur yang Unik dan Indahttnotes.com

Masjid Sultan Abu Bakar menampilkan gaya arsitektur British Victorian, termasuk pada empat menaranya yang memesona. Meski begitu bahan untuk bangunan ini justru berasal dari Turki dan Cekoslowakia. Masjid ini dibangun di atas bukit di Pantai Lido dan menghadap ke selatan Tebrau yang memisahkan daratan Malaysia dengan Singapura.

3. Masjid Zahir, Kedah

8 Masjid di Malaysia ini Punya Arsitektur yang Unik dan Indahbeautifulmosque.com

Masjid yang terletak di jantung Alor Star ini masuk ke dalam masjid termegah dan tertua di Malaysia. Masjid ini dibangun tahun 1912 memiliki gaya arsitektur Moor. Lima kubah hitam besarnya melambangkan Lima Rukun Islam. Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid  Zahrah atau Masjid Raja.

4. Masjid Sultan Sulaiman, Selangor

8 Masjid di Malaysia ini Punya Arsitektur yang Unik dan Indahtourismselangor.my

Masjid yang berada di Klang ini adalah masjid kerajaan Selangor. Masjid ini dibangun oleh Inggris pada tahun 1932 dan diresmikan pada 1934. Masjid Sultan Sulaiman mengkombinasikan gaya arstektur Art Deco Barat dan gaya Neoklasik. Ada beberapa fitur-fitur menarik seperti Tangga Diraja (tangga kerajaan) dari Istana Alam Shah dan makam kerajaan di sini.

Baca Juga: Arsitektur Masjid Cheng Hoo, Perpaduan Islam, Tionghoa, dan Nasrani

5. Masjid Jamek, Kuala Lumpur

8 Masjid di Malaysia ini Punya Arsitektur yang Unik dan Indahbackpackingmalaysia.com

Masjid Jamek terletak di sepanjang Jalan Tun Perak. Masjid ini menggabungkan gaya  arsitektur Moor, Islam dan Mughal. Masjid ini termasuk ke dalam masjid tertua di Kuala Lumpur. Masjid ini dibangun pada 1907 oleh arsitek Inggris Arthur Benison Hubback namun baru diresmikan pada 1965.Di sekitar aula utama terdapat tiga kubah yang diapit oleh menara bata setinggi lebih dari 25 meter.

6. Masjid Al Bukhary, Kedah

8 Masjid di Malaysia ini Punya Arsitektur yang Unik dan Indahyoutube.com/IZWAN SHAMIR

Bukan hanya sebagai tempat ibadah, Masjid Al Bukhary juga menjadi landmark terbaru dan paling mengesankan di Alor Setar, Kedah. Masjid ini terinspirasi dari masjid-masjid yang ditemukan di Turki dan Iran. Ada tujuh kubah berwarna biru tosca dengan kubah utama yang menampilkan motif Arab yang rumit. Ini mengingatkan pada madrasah Uzbek di Samarkand.

7. Masjid Ubudiah, Perak

8 Masjid di Malaysia ini Punya Arsitektur yang Unik dan Indahtripadvisor.com

Masjid milik Kerajaan Perak ini berdiri di kota Kuala Kangsar. Masjid ini dibangun pada masa  zaman Sultan Idris Murshidul Adzam Shah I. Namun baru diresmikan pada 1917. Keunikannya terletak pada kubah emas yang melambangkan kejayaan Islam. Masjid ini sempat mengalami kerusakan pada Perang Dunia II.

8.  Masjid Negara Sabah, Sabah

8 Masjid di Malaysia ini Punya Arsitektur yang Unik dan Indahwikipedia.org

Masjid Negara Sabah terletak di Bundaran Sembulan Kota Kinabalu. Masjid ini memadukan  arsitektur Islam dan desain kontemporer. Masjid ini didominasi warna abu-abu muda dengan sentuhan warna emas di kubahnya. Menara masjid ini memiliki ketinggian 215 kaki.

Nah, itu dia 8 masjid yang memiliki arsitektur yang unik dan indah di Malaysia. Kamu bisa mengunjungi masjid-masjid ini ketika traveling di sana. Tak hanya bagi umat Islam, masjid-masjid tadi juga terbuka untuk umum. Jadi kamu yang non Muslim pun bisa melihat sekaligus mempelajari tentang sejarah dan arsitekturnya, tapi tentu saja ada beberapa aturan yang harus kamu taati di sana. 

Baca Juga: 9 Masjid Tertua di Dunia yang Keindahannya Tak Lekang oleh Waktu

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & hype

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya