Comscore Tracker

5 Fakta Menakjubkan Grand Canyon, Tebing Arizona yang Eksotis

Dianggap pintu menuju akhirat

Grand Canyon selalu menawarkan keindahan yang menakjubkan. Keindahan lembah atau tebing yang memiliki warna eksotis ini merupakan situs warisan dunia yang dinobatkan oleh UNESCO. Pemandangan yang indah dengan liukan sungai Colorado dan berada di bagian utara Arizona, Amerika Serikat menjadikannya taman nasional yang banyak diburu turis.  

Siapa sangka di balik keindahannya tersimpan fakta-fakta unik yang harus kamu tahu. Keunikan sejarah hingga mitos yang berada di sana menarik sekali untuk diketahui. Berikut fakta menakjubkan tentang Grand Canyon yang tak banyak orang tahu.

1. Berapa sih umur Grand Canyon?

5 Fakta Menakjubkan Grand Canyon, Tebing Arizona yang EksotisPixabay.com/skeeze

Tak banyak orang yang tahu lebih tepatnya tentang umur Grand Canyon. Peneliti mengalami kesulitan ketika menentukan secara pasti umur ngarai besar ini. Ada yang menyebut bahwa Grand Canyon berumur 6 juta tahun yang lalu. Kontroversi di kalangan ilmiah selalu terjadi dalam dunia geologi. 

Peneliti lain menganalisis kandungan mineral yang terdapat dalam tebing terjal ini. Mereka menyimpulkan bahwa Grand Canyon sudah terbentuk 70 juta tahun yang lalu. Tetapi fakta ini masih belum dikatakan tepat mengingat menghitung usia ngarai ini tidak bisa dianggap mudah. 

2. Grand Canyon dianggap sebagai pintu menuju akhirat

5 Fakta Menakjubkan Grand Canyon, Tebing Arizona yang EksotisPixabay.com/TheDigitalArtist

Sebuah suku terkenal di Arizona yang disebut Hopi menyebut bahwa Grand Canyon merupakan pintu menuju akhirat. Dalam bahasa mereka ini disebut Ongtupqa. Grand Canyon membawa sisi spiritual yang diyakini oleh suku asli Amerika yang menetap lama di sana. 

Penduduk Hopi menganggap bahwa anggota suku yang telah meninggal, akan dibawa ke arah barat melalui sipapuni atau tempat munculnya. Tempat ini berada di endapan kubah di antara sungai Colorado dan Sungai Little Colorado. Di sinilah mereka percaya adanya pintu menuju akhirat. 

3. Suhu di Grand Canyon bervariasi

5 Fakta Menakjubkan Grand Canyon, Tebing Arizona yang EksotisPixabay.com/kahern

Grand Canyon memiliki pembagian suhu yang bervariasi. Suhu ini dapat kamu rasakan sesuai ketinggian. Pada puncak Grand Canyon's North Rim yang berada pada ketinggian ribuan kaki di atas permukaan laut, kamu akan mengalami perubahan suhu sekitar 25 derajat fahrenheit. 

Saat musim panas, suhu tertinggi bisa mencapai 100 derajat fahrenheit. Ini dapat dirasakan pada dasar tebing. Sedangkan saat musim dingin, suhu puncak bisa mencapai 0 derajat fahrenheit. Jika ingin ke sini, baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu suhu yang sedang berlaku di sana. 

Baca Juga: 6 Film Tentang Perbudakan di Amerika Serikat yang Mencengangkan

4. Grand Canyon bukan tebing terbesar di dunia

5 Fakta Menakjubkan Grand Canyon, Tebing Arizona yang EksotisPixabay.com/skeeze

Anggapan tentang Grand Canyon adalah tebing terbesar di dunia ternyata tidak tepat. Jika kamu menyebut ini sebagai yang terindah di dunia mungkin ini tepat. Grand Canyon diperkirakan hanya memiliki kedalaman 1 mil. Mengukur tebing terjal seperti Grand Canyon memang tidak mudah. 

Ada ngarai Cotahuasi yang berada di Peru memiliki kedalaman lebih dari 8000 kaki. Dan ngarai ini dianggap lebih besar dari ngarai Kali Gandaki Gorge di Nepal. Jadi, tebing terjal Grand Canyon belum bisa disebut yang terbesar di dunia. 

5. Pelancong pertama yang mengunjungi Grand Canyon

5 Fakta Menakjubkan Grand Canyon, Tebing Arizona yang EksotisPixabay.com/Pexels

Grand canyon telah dihuni oleh suku asli Amerika yang menetap ribuan tahun. Pada abad ke-16, suku ini menyambut wisatawan pertamanya yang berasal dari Eropa. Pada tahun 1540, Garcia Lopez De Cardenas dari Spanyol melakukan ekspedisi ke Grand Canyon.

Dia mengirim tiga tentaranya untuk mengelilingi dasar tebing yang terjal. Namun ekspedisi ini tidak berlangsung lama. Suku Hopi melindungi sungai Colorado dengan baik. Sehingga pelancong pertama tidak dapat menemukan air yang cukup untuk bekal ekspedisi. 

Fakta-fakta menakjubkan ini menarik sekali untuk diketahui. Alam selalu menawarkan pengetahuan yang bermanfaat untuk menambah wawasanmu. 

Baca Juga: 16 Makanan Minuman yang Dibatasi dan Dilarang di Amerika Serikat

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya