5 Fakta Unik Situs Alam Pamukkale Turki, Kastil Kapas Kerajaan Romawi

Kamu harus kunjungi keindahan ini

Pamukkale merupakan salah satu situs alam terkenal di Turki. Situs ini terletak diwilayah Denizli, sebuah kota yang memiliki sejarah Kerajaan Romawi. Pamukkale sendiri diambil dari bahasa Turki yang artinya istana kapas atau benteng kapas.

Keindahan Pamukkale begitu luar bisa. Batu-batuan kaya mineral karbonat yang menyusun membuat pemandangan alam di Pamukkale begitu sempurna. Ada pula situs sisa reruntuhan kerajaan Romawi yang menyimpan banyak sejarah. Berikut fakta unik Pamukkale yang begitu menarik hati. 

1. Sejarah terbentuknya Pamukkale

5 Fakta Unik Situs Alam Pamukkale Turki, Kastil Kapas Kerajaan RomawiPixabay.com/LoggaWiggler

Pamukkale terbentuk karena adanya gejala alam yang mempengaruhi lingkungan. Ribuan tahun lalu situs ini terbentuk saat ada gempa bumi. Sisa dari reruntuhan gempa ini menguapkan kalsium karbonat hingga membentuk batu-batuan yang berwarna putih.

Air panas yang keluar terus menggerus bebatuan hingga membentuk pemandangan yang menakjubkan. Lapisan-lapisan kapur mulai muncul dan membentuk mata air alami. Pamukkale dijadikan air spa suci hangat berupa hierapolis saat Kerajaan Romawi. Kolam air itu diperindah dengan marmer yang diambil langsung dari Kuil Apollo, Roma. 

2. Ada kolam renang Ratu Cleopatra

5 Fakta Unik Situs Alam Pamukkale Turki, Kastil Kapas Kerajaan RomawiPixabay.com/1404276

Saat kamu mengunjungi Pamukkale, kamu harus mengunjungi kolam renang Cleopatra atau Antique Pool . Mitos menyebutkan bahwa kolam bekas Cleopatra ini berkhasiat untuk membuat awet muda.  Kolam pemandian ini berbentuk kolam air hangat yang digunakan sejak zaman dulu.

Kolam ini memiliki luas 15 x 15 meter dan bisa disebut telaga. Dasar kolam dibuat alami sehingga mineral-mineral dalam air bisa meresap langsung dalam tubuh. Batu-batuan besar bertumpuk di sekitar kolam. Pemandangan kolam renang ini selalu diburu banyak wisatawan. 

Baca Juga: 5 Masjid Bersejarah di Turki yang Patut Kamu Kunjungi, Cantik Banget!

3. Gunung kapur terbuat dari kalsium karbonat

5 Fakta Unik Situs Alam Pamukkale Turki, Kastil Kapas Kerajaan RomawiPixabay.com/LoggaWiggler

Pamukkale memiliki situs terkenal berupa travetines yang terbentuk dari endapan batuan kalsium karbonat. Batuan alami ini terbentuk secara alami sehingga menghadirkan pemandangan seperti istana kapas. Jika dilihat dari kejauhan, keindahan ini seperti kolam air panas bertingkat dengan pesona yang luar biasa.

Endapan kalsium ini mengalami pengkristalan hingga membentuk batuan putih. Situs ini bak pegunungan salju yang indah. Orang-orang percaya bahwa kolam air panas ini dapat mengobati berbagai penyakit. 

4. Kota tua penuh sejarah Roman dan Byzantine Empire

5 Fakta Unik Situs Alam Pamukkale Turki, Kastil Kapas Kerajaan RomawiPixabay.com/LittleMouse

Hierapolis Pamukkale adalah salah satu kota tua bersejarah yang ada sejak Roman dan Byzantine Empire. Penamaan tempat itu dikarenakan tempat ini menyimpan sejarah kuil Hiera, salah satu dewa dalam sejarah Yunani.

Reruntuhan bekas kerajaan Romawi seperti katedral, kuil, pilar, amphitheater hingga kuburan tua menambah indah kota sejarah ini. Hierapolis memiliki luas yang lumayan. Perlu waktu 2 jam untuk menelusuri keindahan Hierapolis yang bersejarah ini. Kamu bisa merasakan suasana yang sama seperti kerajaan Romawi dulu. 

5. Situs UNESCO dengan keindahan balon udaranya

5 Fakta Unik Situs Alam Pamukkale Turki, Kastil Kapas Kerajaan Romawidailysabah.com

Pamukkale merupakan salah satu situs warisan dunia yang dilindungi UNESCO. Suasana pertanian akan kamu jumpai jika berkunjung kesini. Balon udara mengapung tinggi disekitar Hierapolis setiap fajar. Ini menampilkan keindahan yang menakjubkan. Situs Pamukkale dan Hierapolis dilindungi dengan ketat oleh UNESCO setelah sempat booming di media sosial. Berita media sosial mampu menghidupkan kembali Pamukkale sehingga muncul pendanaan yang dilakukan oleh Pemerintah untuk melindungi Pamukkale. 

Beberapa fakta unik ini, menjadikan Pamukkale tempat liburan terbaik yang harus kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Sejarah dan keindahan alam menyatu dengan sempurna di Pamukkale. 

Baca Juga: 7 Kuliner Turki Ini Mengandung Yoghurt yang Menyehatkan

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You