Comscore Tracker

Mau Liburan? Tunggu Dulu, 5 Kota Wisata Ini Masih Berstatus Zona Merah

Jangan sampai liburan bawa oleh-oleh virus lho ya #LokalIDN

Pandemik COVID-19 memang tak mengenal apapun. Selain siapapun bisa terpapar, virus corona juga tak peduli waktu. Buktinya, COVID-19 sudah berada di Indonesia hampir setahun. Bahkan, akhir tahun yang biasanya menjadi momen liburan panjang pun terganggu dengan adanya virus tersebut. 

Nah, buat kamu yang berencana berlibur dalam waktu dekat atau akhir tahun nanti, kamu harus mengecek dulu daerah tujuan wisatamu. Sebab, beberapa daerah yang biasanya dipenuhi wisatawan, saat ini sedang berstatus zona merah atau berisiko tinggi penularan COVID-19.

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 hingga Kamis (3/12/2020), berikut adalah 5 daerah tujuan wisata yang masih masuk dalam zona merah.

1. Kota Batu  

Mau Liburan? Tunggu Dulu, 5 Kota Wisata Ini Masih Berstatus Zona MerahInstagram.com/disparta_batu

Di Jawa Timur, Batu adalah salah satu tujuan wisata utama. Kota yang terletak di dataran tinggi ini merupakan surga bagi para traveler. Wisata alam pun jadi sajian utama saat berkunjung ke Batu. 

Sayangnya, berdasarkan peta risiko yang dipublikasi Gugus Tugas pusat, Batu masih masuk dalam zona merah.  Penambahan kasus positif COVID-19 di Kota Batu terhitung cukup tinggi yakni 28 kasus baru dalam lima hari terakhir.

Hingga Kamis (3/12/2020) ini, total konfirmasi positif di Kota Batu mencapai 766 kasus.

 2. Kota Yogyakarta 

Mau Liburan? Tunggu Dulu, 5 Kota Wisata Ini Masih Berstatus Zona MerahIDN Times/Holy Kartika

Kota wisata lain yang saat ini masih berstatus zona merah adalah Yogyakarta. Kota Gudeg ini masih berkategori risiko tinggi COVID-19. Hingga Kamis, (3/12/2020), jumlah kasus di Yogyakarta bertambah 122 pasien menjadi 6195.

Yang mau ke Malioboro beberapa hari ini tunda dulu ya, demi kesehatan bersama.

Baca Juga: Waspada! 38 Daerah Ini Berubah dari Zona Oranye ke Zona Merah COVID

3. Kabupaten Sleman 

Mau Liburan? Tunggu Dulu, 5 Kota Wisata Ini Masih Berstatus Zona MerahIlustrasi Gunung Merapi Erupsi. Twitter.com/BPPTKG

Berwisata ke Yogkakarta tanpa mampir ke Sleman emang rasanya kurang menarik. Selain ke Merapi, kamu bisa menikmati indahnya candi Ratu Boko di daerah ini. Tapi, sepertinya kamu harus menunggu dulu, sebab Kabupaten Sleman juga masih termasuk zona merah.

Berdasarkan data yang dipublikasi Kamis (3/12/2020), penambahan kasus di Sleman mencapai 86 orang menjadi 2970. 

4. Kota Bandung 

Mau Liburan? Tunggu Dulu, 5 Kota Wisata Ini Masih Berstatus Zona MerahIlustrasi Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Bandung adalah tempat orang Jakarta melepas penat. Tiap akhir pekan, mobil-mobil berplat B akan menyesaki Kota Kembang. Para wisatawan asal Jakarta biasanya akan menghabiskan akhir pekan mereka dengan menikmati berbagai macam wisata yang ada di sana. Namun, hingga Kamis (3/12/2020) Kota Bandung masih berstatus zona merah dengan tambahan 881 pasien baru.

5. Sumbawa 

Mau Liburan? Tunggu Dulu, 5 Kota Wisata Ini Masih Berstatus Zona MerahInstagram.com/gunung_tambora

Satu lagi kota wisata yang saat ini masih berstatus zona merah adalah Kabupaten Sumbawa. Berdasarkan data dari situs COVID-19 Sumbawa, saat ini jumlah pasien yang terkonfimasi di Sumbawa sebanyak 441 orang, 29 di antaranya meninggal. Padahal, Sumbawa memiliki berbagai jenis wisata, mulai dari gunung Tambora hingga deretan pantai eksotis.

Nah, buat kamu yang mau liburan, sepertinya harus melihat dulu kondisi tujuan wisata. Kalau masih zona merah, sebaiknya ditunda dulu. Masih banyak waktu kok. Kalaupun harus terpaksa bepergian, jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan!

Baca Juga: 16 Kecamatan di Kota Bandung Masuk Zona Merah, 15 Lainnya Zona Biru

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya