Comscore Tracker

8 Spot Wisata Paling Favorit Bule di Nusa Penida Bali, Memang Indah!

Kamu sudah buktiin keindahannya, belum?

Gak melulu Kuta, sekarang Pulau bali punya primadona baru yang langsung jadi cinta pertama turis mancanegara. Tempat tersebut adalah Pulau Nusa Penida, salah satu pulau di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan Selat Badung.

Wisata pantai dan lautnya layak disandingkan dengan destinasi serupa di Wakatobi dan Raja Ampat. Kebayang kan seberapa indahnya, kan? 

1. Broken Beach (Pasih Uug)

8 Spot Wisata Paling Favorit Bule di Nusa Penida Bali, Memang Indah!kintamani.id/Rezza Syahrony

Pantai Paih Uug atau yang lebih familiar disebut Broken Beach merupakan salah satu pantai favorit wisatawan saat berkunjung ke Nusa Penida. Lokasinya berada di Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida.

Jika dilihat dari atas, tempat ini terdiri dari tebing melingkar yang menjorok ke arah laut. Spot foto kesukaan pengunjung adalah latar tebing patah yang menyerupai terowongan yang serasi dengan birunya laut lepas. 

2. Nusa Ceningan

8 Spot Wisata Paling Favorit Bule di Nusa Penida Bali, Memang Indah!Instagram.com/jonny.melon

Nusa Ceningan atau Pulau Ceningan adalah salah satu pulau kecil dari tiga gugusan kepulaun di Nusa Penida. Ceningan merupakan bagian dari Desa Lembongan Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung.

Perairan di Nusa Ceningan sangat jernih, sehingga kamu bisa melihat dasarnya dari atas. Para penantang adrenalin wajib mencoba lompat dari tebing langsung ke laut. Hal ini jadi daya tarik tersendiri, terutama bagi turis mancanegara.

3. Angel's Billabong

8 Spot Wisata Paling Favorit Bule di Nusa Penida Bali, Memang Indah!Instagram.com/tracy_komlos

Angel’s Billabong adalah muara sungai yang berakhir di laut. Ada himpitan karang yang membentuk kolam memanjang di ujung muara. Untuk menuju ke sana, kamu harus menuruni tebing batu yang terjal dan tajam. Tapi begitu sampai, lelahmu bakal terbayar dengan segarnya air berwarna biru kehijauan yang terlihat berkilau saking jernihnya.

Pastikan menunggu waktu surut untuk turun dan berenang di sini, karena ombaknya cukup berbahaya saat pasang. Angel’s Billabong terletak di Desa Sakti, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Baca juga: 10 Lokasi Terbaik Menikmati Sunset di Indonesia, Memesona Banget!

4. Pantai Kelingking

8 Spot Wisata Paling Favorit Bule di Nusa Penida Bali, Memang Indah!journeyera.com

Pantai Kelingking sudah banyak dikenal turis asing setelah keindahannya viral di Instagram. Mereka sering menyebut pantai ini dengan T-Rex Beach  karena bentuk tebing yang menjorok ke laut dianggap menyerupai dinosaurus.

Untuk menuju pantai, kamu harus melewati serangkaian medan yang cukup ekstrem. Sehingga butuh ketahanan fisik prima jika ingin menuruni tebing terjal tersebut. Selain pasir putih dan air yang jernih bak kristal, pantai Kelingking terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Sehingga snorkeling atau diving  jadi kegiatan yang gak boleh terlewatkan.

5. Toyapakeh

Toyapakeh hanya berjarak 20 menit dari Padangbai dan bisa ditempuh dengan speed boat. Lokasinya ada di Kampung Toyapakeh, Nusa Penida, Kecamatan Klungkung, Bali.

Tempat ini jadi salah satu lokasi menyelam terbaik yang ada di Nusa Penida. Mulai dari kedalaman 6 meter, sudah nampak kumpulan karang lunak dan keras, dengan gerombolan ikan cantik yang siap menyambut para penyelam. 

Sejumlah jenis ikan yang bisa kamu temukan antara lain jack fish, trevally, banner fish, belut moray, porcupine dan scorpionfish.

6. Goa Giri Putri

8 Spot Wisata Paling Favorit Bule di Nusa Penida Bali, Memang Indah!journeyera.com

Goa Giri Putri terletak di Desa Suana, Kabupaten Klungkung, Nusa Penida. Di dalamnya terdapat pura yang kerap digunakan penduduk sekitar untuk beribadah. Goa sepanjang 262 meter ini juga merupakan rumah dari kumpulan kelelawar. Mereka hinggap di stalagtit dan stalagmit goa.

Aliran air yang terdapat dalam goa dipercaya warga setempat sebagai air suci. Ada empat titik persembahan di lokasi ini, satu tempat persembahan di bagian depan, sedangkan tiga lainnya ada di dalam goa.

7. Mata Air Seganing

8 Spot Wisata Paling Favorit Bule di Nusa Penida Bali, Memang Indah!journeyera.com

Mata Air Seganing berlokasi di kawasan Sebuluh, tepatnya di Desa Cacah. Perjalanan bisa ditempuh dari Pelabuhan Toyapakeh.  Namun setelahnya, masih ada medan berat yang menunggu sebelum bisa mencapai titik mata air.

Kamu harus berjalan melaui jalan bebatuan yang licin dan terjal selama 30 menit. Lelah pun terbayar begitu tiba di lokasi. Air yang jernih mengalir dari sela-sela tebing menuju langsung ke laut.

Terdapat sejumlah ceruk menyerupai kolam yang bisa kamu akses di sana. Jika sudah bosan bermain air, kamu bisa bersantai di pinggir pantai sambil menikmati birunya air laut.

8. Manta Point

Sesuai namanya, daya tarik tempat ini adalah sensasi snorkeling bersama ikan pari manta, yakni jenis ikan pari terbesar di dunia. Manta Point adalah salah satu spot menyelam yang berada dalam kawasan Pantai Kelingking. 

Tapi sayang sekali, keindahan bawah laut Manta Point kini mulai tercemar. Beberapa wisatawan yang menyelam menemukan beberapa jenis sampah di sini. 

Terlepas dari hal itu, Manta Point tetap menjadi tempat yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Untuk penyelam pemula, disarankan untuk tetap dalam pendampingan, karena arus air dan ombak di sini tidak terlalu stabil. 

Nah, kalau kamu sudah mengunjungi yang mana saja nih? Harus tetap diingat ya, kita harus tetap menjaga kebersihan lingkungan di mana pun kita berada. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Baca juga: 5 Cara Dapat Tiket Liburan Super Murah, Gak Perlu ke Travel Fair

Line Ads

Topic:

Just For You

I Want More !