Comscore Tracker

5 Destinasi Wisata Kece di Sidoarjo, Ayo Kunjungi Saat Liburan!

Liburanmu akan semakin tambah menyenangkan!

Sidoarjo bisa dibilang sebagai salah satu kota paling padat dan sibuk di Jawa Timur. Meskipun kota ini identik dengan kesibukan, kemacetan parah dan bencana Lumpur Lapindo, namun sebenarnya kota ini juga memiliki banyak sekali destinasi wisata kece yang tak boleh dilewatkan.

Mau tahu mana saja destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Sidoarjo? Berikut ini adalah referensinya.

1. Museum Mpu Tantular

5 Destinasi Wisata Kece di Sidoarjo, Ayo Kunjungi Saat Liburan!instagram.com/wadew_sanjaya

Ingin liburan yang tidak sekadar jalan-jalan? Mungkin tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan tepat bagimu. Terletak di Jalan Raya Buduran, Museum Mpu Tantular ini memiliki banyak koleksi etnografi, numismatik, emas dan lukisan. Di sini kamu juga bisa menemukan koleksi geologi dan biologi.

Museum ini buka mulai dari pukul 8 pagi hampir setiap hari dan hanya libur di hari Senin. Untuk harga tiket masuknya sendiri sangat terjangkau yakni Rp5.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.

2. Pulau Sarinah

5 Destinasi Wisata Kece di Sidoarjo, Ayo Kunjungi Saat Liburan!instagram.com/prasenja

Berbicara mengenai Sidoarjo pasti tidak lepas dari lumpur Lapindo. Nah, kebetulan pulau yang satu ini berada di tengah-tengah lumpur Lapindo.

Mulanya lokasi ini adalah lokasi utama bencana namun seiring dengan berjalannya waktu malah menjadi destinasi wisata yang populer di sana. Di Pulau Sarinah ini kamu akan bisa menemukan pantai yang unik. Untuk ke pulau tersebut kamu bisa naik perahu.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Sidoarjo, Semuanya Sedap dan Bikin Ngiler 

3. Candi Pari

5 Destinasi Wisata Kece di Sidoarjo, Ayo Kunjungi Saat Liburan!instagram.com/rurohdattashahtriphati

Sidoarjo juga punya situs candi, tepatnya Candi Pari yang juga menjadi peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Tepatnya pada masa Hayam Wuruk sedang berkuasa. Hal ini bisa dilihat dari bentuk bangunan segi empat dan dibangun dengan bata merah serta menjadikan candi ini sedikit berbeda dengan candi-candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang lainnya.

Selain digunakan sebagai destinasi wisata, Candi Pari ini masih aktif sebagai tempat ibadah bagi umat Hindu di Sidoarjo dan sekitarnya. Jadi bagi kamu yang berkunjung ke sana, harus menjaga sikap dan tingkah laku ya.

Dibuka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 16.00 sore, untuk masuk ke Candi Pari ini hanya dikenakan biaya Rp3.000 per orang.

4. Taman Abhirama

5 Destinasi Wisata Kece di Sidoarjo, Ayo Kunjungi Saat Liburan!instagram.com/ida_luciustoo

Jika ingin pergi ke wisata taman, kamu bisa berkunjung ke Taman Abhirama yang memiliki ruang terbuka hijau dan fasilitas yang cukup memadai terutama jika berlibur bersama dengan keluarga. Pemandangan di taman ini bisa menjadi penyejuk dari hiruk pikuk kota yang sibuk. Pastinya kamu dan keluarga akan betah di taman ini dan enggan untuk berpindah tempat.

Selain fasilitas yang lengkap dan tertata rapi, di taman ini juga bisa ditemukan zona bermain untuk anak serta spot foto yang kece. Dibuka setiap hari, untuk masuk ke taman ini tak ada tiket masuk alias gratis.

5. Pantai Kepetingan

5 Destinasi Wisata Kece di Sidoarjo, Ayo Kunjungi Saat Liburan!instagram.com/sofiafrontonehoteljuanda

Destinasi wisata pantai pasti jadi primadona di setiap kota, sama halnya dengan Sidoarjo yang juga memiliki pantai yang tak kalah unik dan menarik. Namanya Pantai Kepetingan yang berada di Sawohan, Buduran, Sidoarjo. Pantai ini memang dikenal karena memiliki panorama alam yang indah.

Perpaduan birunya langit dan lautan yang membentang luas dengan rindangnya hutan bakau bisa dengan mudah kamu temukan di pantai ini. Namun yang paling menarik dari pantai ini adalah ritual nyadran yang dilakukan setiap setahun sekali. Ritual ini dilakukan oleh warga sekitar sebagai wujud rasa syukur atas nikmat dan rezeki yang melimpah selama satu tahun.

Sudah memutuskan untuk berkunjung ke Sidoarjo? Mudah-mudahan rekomendasi destinasi wisata di atas bisa menjadi referensi liburan kamu kali ini.

Baca Juga: Pergi ke Jember? 6 Destinasi Wisata Ciamik Ini Wajib Kamu Kunjungi

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya