Comscore Tracker

9 Destinasi Wisata Menarik di Kopenhagen, Denmark

Gak bakal nyesel mengunjungi berbagai tempat ini

Dengan begitu banyak sejarah di Eropa, dan kota-kota terkenal seperti Paris, Venesia, dan sebagainya, banyak kota besar lainnya sering terabaikan. Kopenhagen salah satunya. Kota ini layak mendapat lebih banyak perhatian daripada yang didapatnya sekarang karena memiliki 9 tempat berikut ini.

Wajib banget kamu kunjungi kalau liburan ke Kopenhagen, Denmark!

1. Taman Tivoli

9 Destinasi Wisata Menarik di Kopenhagen, Denmarkvisitdenmark.co.uk

Terletak tepat di pusat Kopenhagen, Taman Tivoli adalah taman hiburan aktif tertua kedua di dunia. Taman Tivoli dibuka pada 17 Agustus 1843, membuatnya saat ini berusia 175 tahun. Dengan sekitar 4 juta pengunjung per tahun, ini adalah taman hiburan ke-4 yang paling banyak dikunjungi di Eropa.

Salah satu atraksi paling terkenal adalah Rutschebanen, roller coaster kayu yang dibangun pada tahun 1914 yang mengharuskan operator untuk mengerem saat menurun, agar tidak terlalu cepat.

2. Istana Christiansborg

9 Destinasi Wisata Menarik di Kopenhagen, Denmarkvisitcopenhagen.com

Istana Christiansborg adalah rumah bagi keluarga Kerajaan Denmark sampai terjadi kebakaran pada tahun 1794. Istana ini masih memiliki banyak kegunaan penting, karena menjadi rumah bagi Parlemen Denmark, Perdana Menteri, dan Mahkamah Agung. Kebakaran lain terjadi pada tahun 1992, dan baru pada 1997 perbaikan selesai.

Sekarang disebut sebagai Istana Christianborg Ketiga, karena dua kebakaran. Bangunan dari istana asli masih tetap ada, menghadap ke halaman utama, yang digunakan untuk pertunjukan kuda kerajaan.

Baca Juga: 7 Dessert ala Denmark yang Wajib Masuk Bucket Listmu, Manis!

3. Istana Amalienborg

9 Destinasi Wisata Menarik di Kopenhagen, Denmarkvisitcopenhagen.com

Meskipun diberi nama dalam bentuk tunggal, Istana Amalienborg sebenarnya adalah 4 istana, dibangun saling berhadapan di sekitar alun-alun, untuk mengakomodasi berbagai keluarga bangsawan selama pertengahan abad ke-18.

Istana itu menjadi rumah tempat tinggal utama bagi keluarga kerajaan di Denmark pada 1794, setelah kebakaran di Istana Christiansborg. Raja yang memerintah dapat memilih salah satu dari 4 istana untuk menjadi tempat tinggal mereka.

4. Museum Nasional Denmark

9 Destinasi Wisata Menarik di Kopenhagen, Denmarklonelyplanet.com

Sekarang, tentu saja, setiap kota memiliki museum sendiri, tetapi yang satu ini memiliki beberapa atraksi yang menakjubkan. Museum ini memiliki beberapa artefak Viking yang hebat, fosil, dan semua benda museum biasa, tetapi juga memiliki beberapa penemuan yang lebih jarang.

Salah satunya, memiliki beberapa badan rawa yang sangat terawat baik yang berusia ribuan tahun. Mereka berada dalam wadah kaca sehingga mereka dapat dilihat dari dekat, dan benar-benar perlu dilihat untuk dipercaya.

Museum itu juga menyimpan sisa-sisa "kerangka putri duyung" dengan sebuah plakat yang merinci di mana dan kapan ia ditemukan. Pemandu wisata juga menjelaskan lebih rinci tentang "penemuan unik" ini.

5. Noma, Restoran Terbaik Dunia

9 Destinasi Wisata Menarik di Kopenhagen, Denmarktime.com

Noma telah memenangkan gelar Restoran Terbaik Dunia selama 3 tahun berturut-turut. Ini, tidak mengejutkan, juga menjadikannya salah satu yang paling mahal. Restoran ini menerima hingga 100.000 permintaan reservasi sebulan dan, dengan daftar tunggu lebih dari 1.000 orang.

Restoran itu sendiri menyediakan segala yang kita harapkan: koki terbaik, bahan-bahan berkualitas, dan seorang sommelier untuk memilih anggur yang sempurna untuk hidangan kita. Tetapi juga memiliki lebih banyak dari yang kita harapkan. Kecuali, tentu saja, kita diharapkan membayar $306 (Rp4,5 juta) untuk salad dengan semut hidup sebagai salah satu bahannya.

6. Museum Carlsberg

9 Destinasi Wisata Menarik di Kopenhagen, Denmarkcarlsberggroup.com

Carlsberg didirikan oleh J.C. Jacobsen pada tahun 1847. Pada 1875, ia telah mendirikan Laboratorium Carlsberg, yang mempraktikkan pendekatan ilmiah pertama di dunia untuk pembuatan bir. Dengan uang yang didapatnya dari Carlsberg, Jacobsen secara bertahap membangun koleksi seni yang sangat besar selama bertahun-tahun, yang sekarang menjadi koleksi utama untuk museum Carlsberg Glyptotek.

Mungkin fitur tempat pembuatan bir yang paling terkenal adalah patung gajahnya yang serasi, sangat besar dan memiliki swastika di sisinya. Supaya kita tidak ingin memboikot birnya karena ini, Jacobsen telah mengadopsi swastika sebagai simbol untuk Carlsberg.

Pada saat itu, "swastika" adalah bahasa Sanskerta untuk "kebaikan," dan Nazi berpuluh-puluh tahun lagi untuk mengadopsi serta menyembelihnya demi keuntungan mereka sendiri. Carlsberg sebenarnya berhenti menggunakannya pada tahun 1945, seperti halnya hampir seluruh dunia.

7. Gereja Marble

9 Destinasi Wisata Menarik di Kopenhagen, Denmarktomato.to

Terletak tepat di samping Istana Amalienborg, gereja ini terkenal tidak hanya karena arsitekturnya yang cukup mengesankan dengan sendirinya, tetapi juga untuk periode waktu yang lama. Batu fondasi pertama diletakkan pada 30 Oktober 1749.

Kemajuannya sangat lambat, karena biaya konstruksi yang tinggi, diikuti oleh kematian arsitek pada 1754 dan kematian Raja Frederik (yang menugaskannya) pada 1766. Putra Frederik, Raja Christian VII, menunda proyek "sampai pemberitahuan lebih lanjut". Dalam hal ini, "pemberitahuan lebih lanjut" berarti lebih dari 100 tahun kemudian.

Pada tahun 1874, bankir dan pemodal yang sukses C.F. Tietgen masuk dan 20 tahun kemudian, proyek itu selesai. Secara keseluruhan, dibutuhkan hanya 145 tahun untuk menghapus proyek ini dari daftar yang harus dikunjungi di Kopenhagen.

8. Gedung Opera

9 Destinasi Wisata Menarik di Kopenhagen, Denmarkvisitcopenhagen.com

Terletak tepat di seberang sungai dari Istana Amalienborg, gedung opera ini dapat menampung hingga 1.400 orang, dengan ruang untuk orkestra 110 orang. Dibuka pada tahun 2005, gedung itu disumbangkan oleh McKinney Moller, orang terkaya di Denmark.

Namun, karena ia mendanai semuanya sendiri, ia menuntut banyak kontrol artistik, dan memiliki banyak perselisihan dengan arsitek. Secara keseluruhan, biaya $ 442 juta untuk membangun, yang termasuk biaya 105.000 lembar emas 24 karat yang melapisi langit-langit auditorium.

Arsitek telah mencatat bahwa dia tidak senang dengan produk jadi. Tetapi banyak orang berpikir dia secara halus membalas dendam. Jika dilihat dari depan, seseorang dapat dengan jelas melihat 3 lampu kuning pada dinding merah. Banyak yang percaya ini adalah desain untuk bendera Christiania, tempat yang dibenci McKinney Moller.

9. Christiania

9 Destinasi Wisata Menarik di Kopenhagen, Denmarkcontiki.com

Dengan luas kurang dari 1 mil persegi, Christiania adalah salah satu negara terkecil di dunia. Christiania didirikan pada tahun 1971 ketika sekelompok, sebut saja mereka "roh bebas," pindah ke pangkalan militer yang tidak digunakan dan mendirikan kemah. Pada awalnya tidak ada yang peduli tetapi pada tahun-tahun berikutnya, ada beberapa gundukan di jalan, yang sebagian besar ada di sekitar kejahatan yang dihasilkan oleh penggunaan obat-obatan keras Christiania secara bebas.

Kesepakatan tercapai, dan obat-obatan keras tidak lagi tersedia secara bebas di Christiania. Sementara siapa pun dapat berjalan masuk dan keluar dengan bebas, ada daftar tunggu yang panjang untuk pindah ke sana, dan kamu perlu direkomendasikan oleh penduduk sebelum seluruh kota memutuskan apakah kamu akan diizinkan masuk atau tidak.

Saat tinggal di sana, tidak ada properti yang menjadi milikmu, tetapi dipinjamkan oleh komunitas, dan kamu dapat digusur jika menyebabkan masalah. Ketika kamu mati, komunitas memutuskan siapa yang mendapatkan rumahmu, bukan dirimu sendiri.

Christiania jelas merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi. Perlu diketahui bahwa ada penggunaan narkoba, dan orang-orang (termasuk kamu) yang dapat buang air kecil, membuat grafiti, dan melakukan hampir semua hal yang mereka inginkan, di mana pun mereka mau. Kecuali mengambil foto di sekitar narkoba. Mereka sungguh aneh.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke sini?

Baca Juga: Ini 8 Destinasi Kece Milik Kosovo, Negara Muslim Terbesar di Eropa

Ronggo Dhewangkoso Photo Verified Writer Ronggo Dhewangkoso

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya