Comscore Tracker

5 Destinasi Wisata di Buleleng-Bali yang Bisa Jernihkan Pikiran

Wisata Bali tak selalu pantai saja #LokalIDN

Buleleng dapat menjadi alternatif liburan yang tenang dengan nuansa alam yang masih asri. Wilayahnya tak hanya tentang alam-alamnya yang memukau, namun lokasinya juga mempunyai kolam air panas dan spot snorkeling yang menakjubkan.

Sebagai referensi destinasi wisata ketika di Bali, berikut lima tujuan wisata yang menarik di Buleleng yang bisa kamu kunjungi. Liburanmu bakal berwarna banget, deh!

1. Pulau Menjangan

5 Destinasi Wisata di Buleleng-Bali yang Bisa Jernihkan PikiranPulau Menjangan (instagram.com/tripindonesia_arthenistravel)

Bagi pencinta dunia bawah laut dan mencintai olahraga snorkeling, maka bisa berkunjung ke Pulau Menjangan. Banyak wisatawan lokal maupun internasional yang melakukan kegiatan snorkeling di pulau dengan panorama yang mengagumkan ini. Bahkan spot menyelam di pulau ini telah diakui secara global sebagai salah satu spot terbaik.

Pulau ini masih menjadi bagian dari Taman Nasional Bali Barat dan mempunyai beberapa titik penyelaman dengan pemandangan yang berbeda. Terdapat area yang cocok untuk pemula dan kawasan yang bisa dijelajahi oleh penyelam profesional. Penyelam tinggal menyesuaikan dengan kemampuan dan pengalaman masing-masing.

2. Air Terjun Sekumpul 

5 Destinasi Wisata di Buleleng-Bali yang Bisa Jernihkan PikiranSekumpul Waterfall (instagram.com/infiatravel)

Air Terjun Sekumpul adalah salah satu air terjun yang paling terkenal di Buleleng. Pesona alam yang dihadirkan masih begitu asri dengan dikelilingi oleh tumbuhan hijau yang membuat mata segar. Air terjun yang terletak di dataran tinggi ini mempunyai dua sumber yang berbeda.

Air terjun sebelah kiri dan sebelah kanan akan mempunyai warna yang berbeda karena perbedaan asal air ketika musim hujan.

Air terjun sebelah kiri memiliki warna yang jernih karena berasal dari mata air perbukitan Desa Sekumpul. Sementara itu, air terjun sebelah kanan memiliki warna yang lebih kecokelatan, karena berasal dari sungai Desa Sekumpul.

Selain itu, pada siang hari yang cerah, pengunjung bisa menyaksikan arsiran pelangi yang membuat air terjun ini kian memesona.

Baca Juga: 5 Air Terjun Memesona di Buleleng Bali, Indahnya Bukan Main!

3. Air Terjun Gitgit

5 Destinasi Wisata di Buleleng-Bali yang Bisa Jernihkan PikiranAir Terjun Gitgit (instagram.com/baliwisatatravel)

Air Terjun Gitgit menjadi salah satu destinasi wisata berupa air terjun yang cukup populer. Pesona yang disuguhkan air terjunnya sukses membius wisatawan untuk merasa nyaman selama berlibur di sini. Tak hanya mengagumi keindahannya, wisatawan juga dapat mencoba olahraga ekstrim di sini, seperti canyoning atau menuruni air terjun dengan menggunakan tali.

Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 20 meter ini tidak terlalu lebar, tetapi terlihat begitu tinggi. Air yang mengalir begitu deras dan jernih hingga menghasilkan warna putih yang pekat. Kolam yang berada di bawahnya cukup dangkal dengan air yang sangat jernih.

4. Brahma Vihara Arama 

5 Destinasi Wisata di Buleleng-Bali yang Bisa Jernihkan PikiranBrahma Vihara Arama (instagram.com/patzsaisai)

Brahma Vihara Arama merupakan vihara terbesar di Bali. Vihara ini mempunyai bentuk stupa yang serupa dengan Candi Borobudur yang terletak di Magelang. Brahma Vihara Arama juga dilengkapi dengan patung – patung yang menjadi ciri khas agama Budha.

Walaupun ini adalah vihara, tetapi desain arsitekturnya tidak lepas dari arsitektur khas Bali. Kombinasi bangunan Budha dengan arsitektur khas Bali menghasilkan penampilan yang begitu artistik.

Dari luar, vihara terlihat seperti rumah penduduk dengan pintu masuk yang dilengkapi dengan gapura yang diukir dengan ukiran khas Bali. 

5. Air Panas Banjar

5 Destinasi Wisata di Buleleng-Bali yang Bisa Jernihkan PikiranAir Panas Banjar (instagram.com/izzy_unterwegs)

Air Panas Banjar bisa menjadi referensi liburan di Bali selain pantainya. Objek wisata air panas ini mempunyai kesan yang asri dan memberikan ketenangan. Wisatawan yang mencintai suasana pedesaan pasti akan langsung jatuh cinta dengan wisata ini.

Kolam air panas ini berasal dari mata air alami yang telah ada sejak pendudukan Jepang. Mata air panasnya terletak di tiga kolam renang utama, dengan bentuk yang berundak. Selain itu, tempat ini tak hanya mempunyai kolam air panas saja. Terdapat pula layanan spa dan massage yang dapat dinikmati oleh wisatawan dengan harga yang relatif terjangkau.

Buleleng mempunyai keberagaman destinasi wisata yang akan membuat pengalaman liburan tak terlupakan. Setiap tempat wisatanya memiliki pesona khasnya yang memikat lho!

Baca Juga: 10 Spot Jogging Paling Indah di Bali, Bikin Makin Termotivasi!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya