Comscore Tracker

Kawah Candradimuka Banjarnegara: Informasi Lokasi, Rute, dan Tips

Keindahan alamnya begitu memikat

Kawah Candradimuka menjadi salah satu wisata yang terletak di Kabupaten Banjarnegara. Tempat ini menjadi satu dari sekian banyak kawah yang masih aktif di Dataran Tinggi Dieng. Kawah ini mempunyai keunikan sering berubah warna.

Tak hanya kawahnya yang mencuri perhatian, tapi panorama di sekitar kawah juga sungguh menyegarkan mata. Kamu wajib banget liburan ke sini. Sebelum itu, simak informasi wisata Kawa Candradimuka berikut ini, ya!

1. Pesona yang dimiliki Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka Banjarnegara: Informasi Lokasi, Rute, dan TipsKawah Candradimuka (instagram.com/anjar_zenpg)

Kawah Candradimuka mempunyai banyak keunggulan, seperti warnanya yang sering berubah-ubah. Kawah ini terkadang berwarna biru, selanjutnya berubah menjadi abu-abu, hingga kadang-kadang juga berwarna putih. Panorama di sekeliling kawah juga tak kalah menakjubkan berupa tebing-tebing tinggi.

Selain itu, pengunjung dapat menyaksikan dari dekat lubang Kawah Candradimuka. Bagi yang ingin melakukan kegiatan menantang, cobalah trekking menuju lubang kawah yang cukup menguji adrenalin dengan bebatuan besar. 

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Kawah Candradimuka Banjarnegara: Informasi Lokasi, Rute, dan TipsKawah Candradimuka (instagram.com/wonosobo_wisata)

Lokasi: Desa Sidomulyo, Pekasiran, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp5.000

3. Aktivitas yang bisa dilakukan di Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka Banjarnegara: Informasi Lokasi, Rute, dan TipsKawah Candradimuka (instagram.com/oriletsa_osa)

Kegiatan yang dapat dilakukan di sini tentu saja trekking. Banyak wisatawan yang melakukan perjalanan di jalur trekking cukup menantang melalui batu-batuan besar. Jika ingin menyaksikan keindahan hamparan perbukitan hijau memesona, wisatawan perlu naik ke atas tebing.

Mereka juga dapat berkunjung ke sumber air panas di dekat kawah. Ada tiga sumber mata air yang dianggap oleh sebagian orang mempunyai beragam khasiat. Hal ini membuat banyak wisatawan mengambil air di tempat tersebut untuk obat segala penyakit.

Baca Juga: Informasi Wisata Batu Angkruk Dieng: Lokasi, Harga, dan Tipsnya

4. Fasilitas yang ada di Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka Banjarnegara: Informasi Lokasi, Rute, dan TipsKawah Candradimuka (instagram.com/alfiyan_budi019)

Fasilitas yang ada di Kawah Candradimuka tergolong masih minim, tapi cukup membantu wisatawan. Fasilitasnya ada area parkir, toilet, dan musala.

Jika ingin mencari makanan, terdapat warung kuliner yang terletak di sekitar destinasi wisata. Warung ini menyediakan camilan, makanan berat, hingga minuman.

5. Tips berkunjung ke Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka Banjarnegara: Informasi Lokasi, Rute, dan TipsKawah Candradimuka (instagram.com/setyaadye)

Berikut beberapa tips saat berkunjung ke Kawah Candradimuka yang bisa kamu lakukan demi mendapatkan liburan menyenangkan.

  1. Gunakan pakaian yang menjaga tubuh agar tetap hangat karena udara di tempat ini cukup dingin.
  2. Kenakan alas kaki yang dapat melindungi kaki dengan baik, mengingat banyak jalanan terjal dan berbatu yang harus dilalui.
  3. Jika ingin mengambil sumber air panas yang dianggap berkhasiat, maka harus berhati-hati. Air panas ini bisa mencapai suhu hingga 100 derajat Celsius.
  4. Sebaiknya membawa baju ganti karena terdapat beberapa medan yang perlu untuk melewati air.
  5. Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Berkunjung ke Kawah Candradimuka bisa menjadi alternatif yang seru untuk menyegarkan pikiran. Menyatu dengan alam sungguh membuat hati menjadi tenang. Yuk, liburan ke Kawah Candradimuka dalam waktu dekat!

Baca Juga: Telaga Warna Dieng, Wisata Unik dengan Lanskap Alam Eksotis

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya