Comscore Tracker

Diburu Turis, 11 Oleh-oleh Unik Khas Jerman Ini Wajib Kamu Bawa Pulang

Bisa menjadi koleksi atau hadiah untuk orang tersayang

Jerman adalah salah satu negara di Eropa yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Berbagai objek wisata sejarah seperti Berlin's Brandenburg Gate hingga Cologne Cathedral menjadi daya tarik sendiri yang membuat negara ini masuk ke dalam wishlist para pelancong.

Saat berlibur ke Jerman, rasanya belum lengkap jika tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga dan sahabat di Tanah Air. Ada banyak souvenir unik dan camilan lezat yang bisa kamu bawa pulang dari negara ini. Apa saja, ya? Berikut ini rangkumannya!

1. Dekorasi Natal

Diburu Turis, 11 Oleh-oleh Unik Khas Jerman Ini Wajib Kamu Bawa Pulangrothenburg-tourismus.de

Meskipun kamu berkunjung bukan di akhir tahun, membeli dekorasi Natal di Jerman tetap menjadi ide yang bagus. Tradisi Natal kuno dari Jerman telah mempengaruhi perayaan hari besar ini hingga ke seluruh dunia.

Kamu bisa mengunjungi Kathe Wohlfahrt's Christmas Village yang menjadi surga perlengkapan dekorasi Natal. Mulai dari pernak-pernik kaca hingga ornamen kayu tersedia di sini. Dekorasi ini tentunya akan menambah semarak pohon Natal di rumahmu.

2. Potongan tembok Berlin

Diburu Turis, 11 Oleh-oleh Unik Khas Jerman Ini Wajib Kamu Bawa Pulangwcsa.world

Tembok Berlin sepanjang 155 km diruntuhkan pada November 1991. Potongan tembok ini kini menjadi souvenir yang diburu oleh wisatawan saat berkunjung ke Jerman.

Kamu bisa membelinya di Berlin Wall Memorial, lengkap dengan sertifikat keasliannya. Potongan batu ini akan menjadi hiasan yang unik saat dipajang di ruang tamu atau ruang kerja.

3. Ampelmännchen

Diburu Turis, 11 Oleh-oleh Unik Khas Jerman Ini Wajib Kamu Bawa Pulangtop10berlin.de

Ampelmännchen secara harfiah berarti pria kecil di lampu lalu lintas pejalan kaki. Simbol terkenal ini ditemukan oleh psikolog lalu lintas, Karl Peglau. Ampelmännchen menjadi souvenir wajib yang harus kamu bawa pulang saat mengunjungi Berlin. 

Kamu bisa mendapatkannya di toko Ampelmännchen di dekat Konzerthaus, Berlin. Souvenir ini hadir dalam berbagai bentuk seperti gantungan kunci hingga gelas.

4. Beer steins

Diburu Turis, 11 Oleh-oleh Unik Khas Jerman Ini Wajib Kamu Bawa Pulang1001beersteins.com

Beer stein adalah salah satu simbol budaya Bavaria Jerman. Cangkir bir ini awalnya berasal dari abad ke-14 ketika wabah pes menyebar di Eropa. Pemerintah setempat mewajibkan wadah seluruh makanan dan minuman ditutup untuk mengurangi penyebaran penyakit. 

Umumnya beer stain terbuat dari batu, porselen, timah atau perak. Gelas ini semakin unik karena hadir dengan desain dan motif renaisans. Kamu bisa mendapatkannya di bandara, toko souvenir hingga pedagang kaki lima.

Jika ingin mendapat beer steins yang lebih autentik, kunjungi Munich Hofbrauhaus, beer hall tradisional yang paling terkenal di Munich.

5. Sauerkraut juice

Diburu Turis, 11 Oleh-oleh Unik Khas Jerman Ini Wajib Kamu Bawa Pulanglowcarbcheck.com

Sauerkraut adalah istilah untuk fermentasi kubis yang telah menjadi makanan pokok di Jerman sejak 1600-an. Meski bau dan rasanya kurang sedap, jus asinan kubis ini berkhasiat untuk kesehatan terutama masalah perut dan pencernaan.

Kamu bisa menemukannya dalam bentuk botol kemasan di toko oleh-oleh, toko kesehatan, dan toko herbal yang tersebar di seluruh Jerman.

Baca Juga: 9 Kuliner Populer Khas Jerman yang Wajib Dicoba, Gak Kalah Lezat!

6. Dirndl dan lederhosen

Diburu Turis, 11 Oleh-oleh Unik Khas Jerman Ini Wajib Kamu Bawa Pulangtischreservierung-oktoberfest.de

Dirndl dan lederhosen adalah pakaian tradisional Bavaria, negara Jerman Selatan yang berada di dekat Pengunungan Alpen. Dirndl untuk wanita biasanya terdiri dari korset dan blus, lalu rok dan celemek untuk bawahannya. Sementara, lederhosen untuk pria berupa kemeja klasik dan topi. 

Dirndl dan Lederhosen dapat kamu gunakan saat menghadiri event kebudayaan Jerman seperti Oktoberfest. Kostum ini dijual dengan harga bervariasi tergantung pada bahannya, mulai dari 50 hingga 800 Euro.

7. Cuckoo clock

Diburu Turis, 11 Oleh-oleh Unik Khas Jerman Ini Wajib Kamu Bawa Pulangcuckoo.rocks

Meski identik dengan Swiss, cuckoo clock adalah souvenir yang populer di Jerman. Jam ini tersedia dalam berbagai variasi. Namun desain dasarnya tidak berubah sejak 300 tahun terkahir. 

Jam unik ini memiliki desain hewan liar, suasan hutan, berburu, atau pertemuan keluarga. Souvenir ini banyak dijual di German Christmas market dengan harga yang sepadan.

8. Hummell figurines

Diburu Turis, 11 Oleh-oleh Unik Khas Jerman Ini Wajib Kamu Bawa Pulangherald-dispatch.com

Patung Hummel pertama kali dikenalkan pada 1935 dan populer pada akhir Perang Dunia II. Para tentara Amerika yang ditempatkan di Jerman mengirim patung tradisional ini sebagai hadiah untuk keluarga di kampung halaman. Souvenir unik ini bisa menjadi ide bagus sebagai oleh-oleh setelah berlibur di Jerman.

9. Cokelat

Diburu Turis, 11 Oleh-oleh Unik Khas Jerman Ini Wajib Kamu Bawa Pulangvisitberlin.de

Seperti Swiss dan Belgia, Jerman juga dikenal sebagai penghasil cokelat terbaik di dunia. Jerman menempati peringkat kedua jumlah konsumsi cokelat terbanyak setelah Swiss. Kota terbesar ke empat di Jerman, Cologne, atau Koln menjadi rumah bagi perusahaan cokelat Stollwerck dan Chocolate Museum yang legendaris. 

Jika kamu berada di Berlin, kamu bisa mengunjungi Fassbender & Rausch Chocolate di Gendarmenmarkt, sebuah toko cokelat tertua yang menjuak lebih dari 200 jenis cokelat.

10. German gummy bears

Diburu Turis, 11 Oleh-oleh Unik Khas Jerman Ini Wajib Kamu Bawa Pulangfodors.com

Kalau kamu tidak suka cokelat, masih ada cemilan legendaris dari Jerman yang bisa kamu bawa pulang. German gummy bears ditemukan pada 1920-an oleh seorang pengusaha permen, Hans Riegel. 

Kamu bisa berkunjung ke factory outlet Bonn's Haribo yang dapat ditempuh selama 30 menit dari Koln Chocolate Museum. Outlet lain juga dapat ditemukan di Solingen, Neuss, Wilkau-Hasslau, dan Montabaur.

11. Wooden toy

Diburu Turis, 11 Oleh-oleh Unik Khas Jerman Ini Wajib Kamu Bawa Pulangfirebirdtours.com

Produk mainan kayu asal Jerman dikenal dengan kualitasnya yang baik. Mainan kayu klasik telah menjadi tradisi yang dijaga turun-temurun. Wilayah Saxony adalah rumah bagi lebih dari 100 bengkel produksi mainan. Namun, jika daerah ini terlalu jauh, kamu tetap bisa menemukan berbagai jenis mainan kayu di seluruh penjuru Jerman.

Itu tadi sebelas rekomendasi oleh-oleh yang bisa kamu beli saat berkunjung ke Jerman. Selain sebagai kenangan, souvenir ini akan menjadi buah tangan yang membahagiakan saat kamu berikan kepada orang tersayang.

Baca Juga: 9 Tradisi Pernikahan dalam Budaya Jerman, Unik dan Penuh Makna!

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya