Comscore Tracker

10 Festival Wisata Indonesia Paling Seru Selama Desember, Mantul Nih!

Liburan akhir tahun gak perlu yang mahal-mahal

Desember selalu jadi bulan spesial karena banyak event istimewa yang bisa dijadikan alternatif refreshing. Mulai dari festival budaya, musik, hingga event pariwisata, siap membuat akhir tahunmu makin berkesan. 

Jangan sampai menyesal karena kudet alias kurang update, yuk simak dulu tanggal event spesial berikut ini!

1. Jogja-NETPAC Asian Film Festival, Yogyakarta

10 Festival Wisata Indonesia Paling Seru Selama Desember, Mantul Nih!pamityang2an.com

Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) merupakan ruang kreatif yang menggunakan film sebagai media untuk mempertemukan pelaku film, akademisi, masyarakat, dan sebagainya. Festival ini diselenggarakan sebagai respons berkembangnya industri film di Indonesia maupun dunia.

Acara ini berlangsung hingga 4 Desember di Jogja National Museum, Empire XXI, dan CINEMAXX Lippo Plaza Yogyakarta. Kamu akan dimanjakan dengan 124 judul film dari 27 negara Asia.

2. Festival Danau Toba, Sumatera Utara

10 Festival Wisata Indonesia Paling Seru Selama Desember, Mantul Nih!beritadaerah.co.id

Inilah salah satu event  terbesar di Sumatera Utara yang telah berlangsung sejak 1980. Rencananya, perayaan akan berpusat di sepanjang Tao Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, Dairi.

Selama 5-8 Desember, kamu akan disuguhi beragam kegiatan menarik, seperti seni tradisional, pertunjukan budaya, kompetisi olahraga, permainan rakyat, dan sebagainya. Kapan lagi kamu bisa merasakan pesta rakyat di danau terbesar se-Asia Tenggara ini?

3. Djakarta Warehouse Project, Bali

10 Festival Wisata Indonesia Paling Seru Selama Desember, Mantul Nih!beritadaerah.co.id

Djakarta Warehouse Project (DWP) telah memasuki tahun ke-10 dan tidak lagi bertempat di Jakarta. Secara khusus, tahun ini DWP diadakan di Bali karena ingin menghormati Pemilu 2019.

"Tahun depan (2019) ada kampanye juga, so we respect everything that will happen in Jakarta," kata Brand Manager Ismaya Group Sarah Deshita saat konferensi pers yang di Jakarta Selatan, kemarin (3/10).

Berlangsung di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, DWP akan berlangsung tiga hari mulai 7 Desember. DJ Snake, Armin Van Buuren, Alleso, Major Lazer, dan RL Grime adalah beberapa pengisi ternama selama DWP.

4. Pasar Durian Botani Square, Bogor

10 Festival Wisata Indonesia Paling Seru Selama Desember, Mantul Nih!katalogpromosi.com

Pecinta durian wajib banget ikutan acara yang berlangsung di area parkir Convention Botani Square, Bogor, ini. Kamu bisa merasakan beragam kelezatan durian mulai harga Rp35 ribu saja. Jangan sampai terlewatkan, karena persediaannya terbatas! Acara yang berlangsung hingga 16 Desember ini dibuka setiap pukul 13.00 sampai 19.00.

5. 16 Film Festival, Bali

10 Festival Wisata Indonesia Paling Seru Selama Desember, Mantul Nih!ultrabali.com

Selagi menantikan kemeriahan DWP, kamu bisa singgah ke acara 16 Film Festival. Acara yang berlangsung hingga 10 Desember ini bertempat di enam lokasi sekaligus. Di antaranya Cush Cush Gallery, Garden Uma Seminyak, Taman Baca Kesiman, Kembali Innovation Hub, Kulidan Kitchen and Space, serta Warung Men Brayut. Acara ini diselenggarakan dalam rangka berkampanye mengenai global anti kekerasan berbasir gender dan seksual, 16 Days of Activism

6. Festival 1001 Gerobak Kuliner Nusantara, Jakarta

10 Festival Wisata Indonesia Paling Seru Selama Desember, Mantul Nih!jadwalevent.web.id

Berlangsung di Atrium Ancol Beach City, Jakarta, kamu bisa berwisata kuliner khas Nusantara di sini. Gak cuma itu saja, kamu pun akan dihibur dengan beragam pertunjukan, seperti live music, standup comedy, lenong, dan lain-lain. Asyiknya lagi, acara berlangsung cukup panjang, yakni 14 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019.

Baca Juga: 5 Wisata Spesial di Singapura yang Cocok buat Melancong Akhir Tahun

7. Batam International Culture Carnival, Batam

10 Festival Wisata Indonesia Paling Seru Selama Desember, Mantul Nih!arah.com

Festival budaya berskala internasional di Indonesia mulai sering digelar. Layaknya Jember Fashion Carnaval, Batam juga punya acara serupa, yakni Batam Internasional Culture Carnival. Acara ini berlangsung di sepanjang jalan Imam Bonjol, Nagoya, Batam, pada 8-9 Desember.

Saking spesialnya, turut hadir Miss Asia dari berbagai negara pada tahun lalu. Selain melihat beragam busana yang eksotis, konser musik dan pameran seni juga akan memeriahkannya.

8. Jogja Creative Food Festival 2018, Yogyakarta

10 Festival Wisata Indonesia Paling Seru Selama Desember, Mantul Nih!yogyakarta.panduanwisata.id

Akhir tahun ini Suluh Media Kreasi kembali menggelar Jogja Creative Food Festival yang akan memanjakan lidah penikmat wisata kuliner Yogyakarta. Acara yang berlangsung hingga 4 Desember ini berlokasi di Jogja Expo Center.

Jogja Creative Food Festival menghadirkan banyak hal menarik, seperti gratis 5.000 jajanan, social garage sale, Line dance competition, demo masak, dan lain-lain. Dibuka mulai pukul 10.00, acara ini dipungut biaya masuk sebesar Rp10 ribu.

9. Kemilau Toraja 2018, Tana Toraja

10 Festival Wisata Indonesia Paling Seru Selama Desember, Mantul Nih!eastasy.com

Acara yang sebelumnya bernama Lovely Desember ini layak untuk kamu datangi. Ada sekitar 13 kegiatan seru yang berlangsung hingga 31 Desember. Kemilau Toraja 2018 bisa jadi salah satu alternatif untuk merasakan Tahun Baru 2019 biar lebih berkesan.

Berikut ini agenda Kemilau Toraja 2018:

  1. Getaran Sukma Ilahi (1-9 Desember)
  2. Festival Kopi (8-9 Desember)
  3. Jelajah Sepeda Wisata (14-15 Desember)
  4. Kegiatan Rakyat dan Kuliner (19-20 Desember)
  5. Uji Nyali Burake atau lomba foto Tana Toraja (23 Desember)
  6. Toraja Ring Road Chrismast Day (24 Desember)
  7. Festival Tenun Toraja (26-27 Desember)
  8. Puncak Kemilau Toraja dan Natal Oikumene (28 Desember)
  9. Colour Run Toraja (29 Desember)
  10. Pentas Seni Rakyat (29 Desember)
  11. Hiburan Rakyat-Band Performance (30 Desember)
  12. Ma Barattung (31 Desember 2018)
  13. Melepas 2018 dan Menggapai 2019 (31 Desember)

10. Festival Kampoeng Pahlawan 2018, Surabaya

10 Festival Wisata Indonesia Paling Seru Selama Desember, Mantul Nih!instagram.com/lkspahlawan

Terakhir, ada Festival Kampoeng Pahlawan 2018 yang bertempat di parkiran Plaza Surabaya. Ada bintang tamu utama yang bakal menghiburmu, yakni band Klantink dan komika Dodit Mulyanto. Festival Kampoeng Pahlawan 2018 berlangsung pada 9 Desember mulai pukul 06.00 hingga selesai.

Nah, itulah beberapa event spesial selama Desember ini. Mana saja yang pengin kamu datangi, nih?

Baca Juga: Selain Traveling, 7 Aktivitas Ini Cocok Mengisi Liburan Akhir Tahunmu

Topic:

  • Reza Iqbal
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya