Comscore Tracker

10 Gunung Api Terfavorit di Indonesia, Jadi Incaran Pendaki Dunia

Keindahan alamnya gak habis-habis

Wisata alam di Indonesia memang sangat lengkap, dari pantai hingga gunung, semuanya begitu indah. Kamu tak akan pernah bosan dengan variasi pariwisata alamnya, termasuk -gunung-gunung di Indonesia.

Berbicara tentang gunung, kita semua sudah tahu bahwa Indonesia didominasi gunung api. Hal ini karena terbentuk akibat zona subduksi antara lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia.

Di antara banyak gunung berapi di Indonesia, Kelud dan Merapi merupakan yang paling aktif. Hingga saat ini, terdapat 127 gunung berapi di Indonesia. Dari sekian banyak, inilah 10 gunung berapi favorit yang selalu jadi pendakian wisatawan lokal dan mancanegara.

1. Gunung Tambora

10 Gunung Api Terfavorit di Indonesia, Jadi Incaran Pendaki Duniatopindonesiaholidays.com

Gunung ini pernah meletus hingga meluluh lantahkan kerajaan sekitarnya pada 1815. Kejadian tersebut juga menyebabkan cuaca tak wajar disertai hujan lebat dan badai.

Selain itu, ketinggian Gunung Tambora juga berubah dari 4.300 menjadi 2.815 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Tambora terkenal kalderanya yang terluas di Indonesia.

Letaknya berada di antara kabupaten Dompu dan Bima. Terdapat beberapa jalur pendakian yakni melalui Desa Pancasila, Doro Peti, atau Doro Ncanga.

2. Gunung Kelud

10 Gunung Api Terfavorit di Indonesia, Jadi Incaran Pendaki Duniaasokaremadja.com

Gunung Kelud terletak di antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang dengan ketinggian 1.731 mdpl. Pasca meletus pada 2014, kawasan Gunung Kelud mengalami banyak perubahan.

Dulunya, para wisatawan dapat berkunjung dengan mudah hingga puncak gunung. Terdapat banyak infrastruktur menunjang untuk memanjakan para wisatawan.

Sekarang kondisi kawah tak lagi sama, anak Gunung Kidul telah hancur lebur. Untuk bisa sampai ke jalur pendakian, harus berjalan jauh atau menggunakan ojek terlebih dahulu. Jalurnya telah berubah dipenuhi pasir, kerikil, dan batu.

3. Gunung Bromo

10 Gunung Api Terfavorit di Indonesia, Jadi Incaran Pendaki Duniablamethemonkey.com

Gunung Bromo merupakan primadona Jawa Timur yang termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Kawasan ini diapit beberapa kabupaten, yakni kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan, dan Probolinggo.

Sayangnya, hingga 10 Desember nanti, penanjakan akan ditutup total dari wisatawan. Penanjakan merupakan salah satu spot strategis untuk menikmati momen matahari terbit Gunung Bromo. 

Selain di penanjakan, kamu bisa melihat keindahan Gunung Bromo dari Bukit King Kong, Bukit Cinta, pasir berbisik, dan sekitarnya.

4. Gunung Semeru

10 Gunung Api Terfavorit di Indonesia, Jadi Incaran Pendaki Duniabromojavatravel.com

Tak jauh dari Gunung Bromo, terdapat Ranu Pani yang merupakan gerbang utama sebelum mendaki Gunung Semeru. Hanya tersedia kuota 500 orang yang dapat mendaki hingga kalimati setiap harinya. 

Selain ingin merasakan keindahan puncak Gunung Semeru, banyak wisatawan yang juga ingin menikmati berkemah di Ranu Kumbolo.

Sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa, Puncak Mahameru memiliki ketinggian sekitar 3.676 mdpl.

5. Gunung Sinabung

10 Gunung Api Terfavorit di Indonesia, Jadi Incaran Pendaki Dunialuckysci.com

Selain Gunung Agung, Gunung Sinabung juga telah dipastikan terjadi erupsi hingga Rabu 29 November 2017. Gunung Sinabung menyemburkan awan panas hingga 2.000 meter disertai abu vulkanik setinggi 2.000 meter dan gempa selama 287 detik.

Gunung aktif ini menjadi salah satu favorit para pendaki yang terletak di dataran tinggi Karo, Sumatera Utara. Terdapat beberapa jalur pendakian, salah satunya melalui Danau Lau Kawar yang berada di Desa Kuta Gugung.

Baca juga: 10 Gunung Paling Favorit di Indonesia, Indahnya Tak Main-main!

6. Gunung Kerinci

10 Gunung Api Terfavorit di Indonesia, Jadi Incaran Pendaki Duniawildsumatra.com

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi ke-9 di Indonesia, yakni 3.085 mdpl. Salah satu puncak impian di Jambi, Sumatera Barat.

Gunung Kerinci berada di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang menjadi habitat badak dan harimau Sumatera. Salah satu jalur pendakian Gunung Kerinci melalui Kersik Tuo.

7. Gunung Ijen

10 Gunung Api Terfavorit di Indonesia, Jadi Incaran Pendaki Duniafindingbeyond.com

Gunung setinggi 2.443 mdpl ini berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Meskipun terbilang cukup mudah, kamu tetap membutuhkan fisik yang kuat.

Kamu harus menempuh lintasan menanjak sejauh 1,5 kilometer dengan sudut kemiringan sekitar 25-30 derajat. Kamu yang ingin menikmati api biru disarankan mulai mendaki pada tengah malam.

Selain itu, ada banyak hal menarik yang bisa kamu lihat di sini. Matahari terbit yang sangat memukau, para penambang di kawah, dan danau air asam terbesar di Indonesia.

8. Gunung Tangkuban Perahu

10 Gunung Api Terfavorit di Indonesia, Jadi Incaran Pendaki Duniaindonesiaexplorer.net

Kamu bisa merasakan liburan yang menantang di Bandung dengan berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu. Jaraknya sekitar 20 kilometer ke arah utara, tepatnya berada di daerah Cikole, Lembang. 

Gunung yang diceritakan dalam legenda Sangkuriang ini memiliki ketinggian sekitar 2.084 mdpl. Untuk bisa ke sini, aksesnya cukup mudah dengan beragam pilihan, seperti angkutan umum, mobil, atau motor.

Salah satu daya tarik utamanya adalah kawah Tangkuban Perahu yang sangat menawan. 

9. Gunung Agung

10 Gunung Api Terfavorit di Indonesia, Jadi Incaran Pendaki Duniastoryofmyworld.com

Kamis 30 November 2017 pagi ini, Gunung Agung menimbulkan gempa tremor secara terus-menerus di Karangasem, Bali. Bahkan, gempa itu mengalami overscale atau melebihi ukuran maksimal seismograf.

"Aktivitas vulkanik masih tinggi, gempa tremor menunjukkan pergerakan magma menuju permukaan," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG),  Kasbani, di Pos Pantau Gunung Agung, Desa Rendang, Karangasem.

Gunung tertinggi di Bali ini memiliki ketinggian sekitar 3.031 mdpl dan terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Terdapat tiga jalur pendakian, yakni Kecamatan Selat, Budakeling, dan Pura Besakih.

10. Gunung Rinjani

10 Gunung Api Terfavorit di Indonesia, Jadi Incaran Pendaki DuniaMedium.com

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi ke-2 setelah Kerinci, yakni setinggi 3.726 mdpl. Selain puncaknya, Gunung Rinjani mempunyai daya tarik berupa Danau Segara Anak.

Lokasi tersebut dapat ditempuh dari dua jalur resmi pendakian, yakni Senaru dan Sembalun. Danau Segara Anak dapat ditempuh sekitar 7-10 jam melalui Senaru. Sedangkan, dari Sembalun dibutuhkan waktu sekitar 8-10 jam.

Beratnya pendakian ke Rinjani akan terbayarkan dengan pemandangan indah berlatar belakang Gunung Agung, Bali; Gunung Raung, Banyuwangi; serta Gunung Tambora, Sumbawa.

Itulah 10 gunung berapi favorit di Indonesia yang selalu ramai wisatawan. Gunung mana yang ingin kamu kunjungi tahun depan?

Baca juga: Sudahkah Kamu Taklukkan 10 Gunung Tertinggi di Indonesia Ini?

Topic:

Just For You