Comscore Tracker

Menjajal Pengalaman Susur Perahu di Kalimas Surabaya, Murah dan Seru!

Sungai yang dulunya dipenuhi tumpukan sampah

Saat musim hujan, cukup sulit menemukan tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi di Surabaya. Rata-rata tempat wisata di Kota Pahlawan semi terbuka, seperti taman kota, hutan mangrove, taman hiburan, kebun binatang, dan sebagainya.

Salah satu alternatifnya, kamu bisa datang ke Taman Prestasi untuk naik perahu. Walaupun terbuka, justru inilah momen terbaik untuk bisa menyusuri Sungai Kalimas.

"Musim hujan membuat debit air sungai stabil, jadi perahu bisa beroperasi setiap saat. Saat musim kemarau lalu, tempat ini pernah tutup selama sebulan," ucap ucap Petugas Wisata Perahu Kalimas, Veri Murgianto, kepada IDN Times di Taman Prestasi, Rabu (8/1).

1. Sejarah singkat Wisata Perahu Kalimas

Menjajal Pengalaman Susur Perahu di Kalimas Surabaya, Murah dan Seru!Armada kapal Wisata Perahu Kalimas. (IDN Times/Reza Iqbal)

Wisata yang berlokasi di Taman Prestasi, tepatnya di Jalan Ketabang Kali Nomor 6 ini sudah ada sejak 90an. Perahu dihibahkan dari Grahadi sebelum diambil alih Dinas Pariwisata Surabaya pada 1994.

"Dulu dermaganya di dekat jembatan kayu, sekitar area toilet utama di Taman Prestasi," tutur Veri.

2. Wisata Perahu Kalimas buka setiap hari

Menjajal Pengalaman Susur Perahu di Kalimas Surabaya, Murah dan Seru!Potret pengunjung yang hendak masuk kapal di Wisata Perahu Kalimas. (IDN Times/Reza Iqbal)

Kamu bisa ke sini setiap hari, karena selalu ada perahu yang akan membawamu menyusuri Sungai Kalimas. "Kami ada 11 perahu, armada yang dikeluarkan disesuaikan dengan jumlah pengunjung pada hari tersebut," kata Veri.

Menjajal Pengalaman Susur Perahu di Kalimas Surabaya, Murah dan Seru!Suasana Taman Prestasi, Surabaya. (IDN Times/Reza Iqbal)

Menurut pria yang telah bertugas di Wisata Perahu Kalimas sejak 2004 ini, selama tidak hujan saat jam operasional, perahu akan tetap beroperasi. "Misal sore hujan, tapi malam gak, ya kami bakal buka seperti biasanya. Kalau cuma rintik pun, kami tetap jalan," tutur Veri.

Berikut ini, jam operasional Wisata Perahu Kalimas:

  • Pagi: 08.00-15.00
  • Istirahat: 12.00-13.00
  • Sore: 18.00-21.00

3. Harga tiket perahu susur Kalimas murah meriah di Surabaya

Menjajal Pengalaman Susur Perahu di Kalimas Surabaya, Murah dan Seru!Potret penunjung Wisata Perahu Kalimas saat membeli tiket. (IDN Times/Reza Iqbal)

Wisata Perahu Kalimas bisa jadi pilihan terbaik untuk liburan murah meriah di Surabaya. Harga tiketnya hanya Rp4.000 per orang. Balita usia di bawah dua tahun bebas biaya.

Saat hari biasa (Senin-Jumat), hampir tidak ada antrean di sini. "Rata-rata pengunjung 40-50 orang, kalau weekend bisa meningkat 50 persen. Kalau hari Minggu bisa 800 orang pada pagi hari," kata Veri.

Baca Juga: [FOTO] Tabebuya Berbunga Lagi, Surabaya Serasa Musim Semi

4. Rute perjalanan Wisata Perahu Kalimas

Menjajal Pengalaman Susur Perahu di Kalimas Surabaya, Murah dan Seru!Kawasan wisata Monumen Kapal Selam, Surabaya. (IDN Times/Reza Iqbal)

Awalnya, rute Wisata Perahu Kalimas adalah pulang-pergi Taman Prestasi menuju Monumen Kapal Selam. Namun, sejak 2006, rute telah berubah menjadi Taman Prestasi ke Taman Ekspresi (PP). 

Hal ini dikarenakan faktor debit air Sungai Kalimas yang tidak menentu. Kapal juga harus melewati beberapa jembatan yang cukup rendah ketinggiannya. Demi menjaga keselamatan pengunjung, rute akhirnya diubah sedemikian rupa.

Menjajal Pengalaman Susur Perahu di Kalimas Surabaya, Murah dan Seru!Potret sungai kalimas dari dalam perahu. (IDN Times/Reza Iqbal)

"Area di sekitar Siola cukup dangkal airnya, mungkin dari Taman Prestasi bisa ke sana, tapi kita tidak bisa memprediksi bisa kembali lagi atau tidak," ucap Veri.

Meski demikian, pihak Wisata Perahu Kalimas terus melakukan uji coba. Kalau dirasa aman, rute panjang akan diberlakukan.

5. Fasilitas di kawasan Wisata Perahu Kalimas

Menjajal Pengalaman Susur Perahu di Kalimas Surabaya, Murah dan Seru!Suasana pusat kuliner di kawasan Taman Prestasi, Surabaya. (IDN Times/Reza Iqbal)

Wisata Perahu Kalimas bisa menjadi hiburan yang menyenangkan bagi semua orang. Dulu, sungai ini dipenuhi tumpukan sampah dan bau. Namun, kini tak lagi. Sungai menjadi lebih bersih, meski tak begitu jernih.

Taman Prestasi pun berperan penting sebagai penunjang fasilitas di dalamnya. Area parkir luas, pusat kuliner, musala, area bermain anak-anak, toilet, pusat informasi, dan sebagainya.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bisa senang dan nyaman berwisata di sini.

Menjajal Pengalaman Susur Perahu di Kalimas Surabaya, Murah dan Seru!Suasana di dalam Wisata Perahu Kalimas. (IDN Times/Reza Iqbal)

Perahunya pun juga dilengkapi pelampung. "Saya sudah sering naik perahu ini, senang banget, apalagi sekarang semakin baik, ada pelampung juga," kata salah satu pengunjung asal Surabaya, Nunung Ristia (42).

Walaupun aman, masih ada pengunjung yang merasa khawatir dengan kelaikan perahu, seperti Yusuf Bachtiar (34). "Tadi kami disuruh mundur, karena beban perahu condong ke depan. Istri paling was-was, kalau anak-anak ya senang-senang saja," katanya.

Menjajal Pengalaman Susur Perahu di Kalimas Surabaya, Murah dan Seru!Suasana malam hari di Sungai Kalimas, Surabaya. (IDN TImes/Reza Iqbal)

Menurut saya pribadi, datang ke sini saat pagi hari terasa kurang "menantang." Sebab daya tarik utamanya adalah lampion di sepanjang Sungai Kalimas yang berwarna-warni indah pada malam hari. Perahu juga dilengkapi lampu yang membuatnya semakin menarik.

"Kalau malam, pengunjung banyak yang pilih-pilih perahu, cari yang bagus buat foto-foto," kata Veri.

Menjajal Pengalaman Susur Perahu di Kalimas Surabaya, Murah dan Seru!Suasana di area tunggu Wisata Perahu Kalimas, Surabaya. (IDN Times/Reza Iqbal)

Dari segi kenyamanan, hampir tidak ada masalah. Perahu cukup stabil, karena arus sungai juga tenang. Saat naik di pagi hari, perahu yang beroperasi juga ada penutupnya, supaya bisa melindungi kita dari terik matahari.

Kalau malam, perahu yang beroperasi tidak ada penutupnya, supaya orang-orang bisa nyaman melihat lampion.

6. Video Wisata Perahu Kalimas

Itulah pengalaman IDN Times mencoba langsung naik Wisata Perahu Kalimas di Taman Prestasi, Surabaya. Nah, siapa di antara kamu yang sudah pernah naik perahu ini? Share pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 15 Hal Unik yang Cuma Diketahui Orang Surabaya, Sekaligus Bikin Bangga

Topic:

  • Reza Iqbal
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya