Comscore Tracker

7 Wisata Bangka Belitung yang Indah, Asalnya Puteri Indonesia 2018

Selamat ya Sonia Fergina Citra!

Sukses bersaing dengan 38 finalis lainnya, Sonia Fergina Citra (25) berhasil meraih gelar Puteri Indonesia 2018. Finalis asal Bangka Belitung ini juga berkesempatan mewakili Indonesia dalam ajang "Miss Universe 2018"

Tak hanya menawan dan cerdas, tanah kelahiran Sonia juga sangat mengagumkan. Memiliki dua pulau utama Bangka dan Belitung, kepulauan tersebut menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang sayang untuk kamu lewatkan.

Dan berikut IDN Times kasih rekomendasi tempat wisata Bangka Belitung yang terkenal dengan keindahannya. Kira-kira dimana ajah sih?

1. Pantai Tanjung Kelayang

7 Wisata Bangka Belitung yang Indah, Asalnya Puteri Indonesia 2018travelingyuk.com

Salah satu pantai yang pernah di-posting  Sonia melalui akun Instagramnya ini merupakan destinasi favorit di Bangka Belitung. Terdapat ratusan yacht dari berbagai negara singgah ke sini. Pantai yang berada di Kecamatan Sijuk ini mempunyai formasi bebatuan granit menarik dengan hamparan pasir putih. 

2. Pantai Tanjung Tinggi

7 Wisata Bangka Belitung yang Indah, Asalnya Puteri Indonesia 2018instagram.com/angga_firdaus

Masih di Kecamatan Sijuk, ada pantai yang menjadi lokasi syuting film "Laskar Pelangi". Pantai Tanjung Tinggi juga mempunyai hamparan pasir putih dan bebatuan granit.

Bedanya, di sini tersedia beragam fasilitas dan permainan yang menarik. Misalnya seperti bermain jet ski atau kano, memancing, snorkeling, dan banyak lainnya.

3. Gunung Menumbing

7 Wisata Bangka Belitung yang Indah, Asalnya Puteri Indonesia 2018triptrus.com

Tak hanya pantai, di barat laut Bangka juga terdapat sebuah wisata gunung. Gunung Menumbing yang mempunyai ketinggian 355 meter di atas permukaan laut.

Spesialnya dari gunung ini adalah terdapat sebuah rumah bersejarah pada puncak bukitnya. Rumah ini menjadi tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta. 

Baca juga: 15 Momen Seru Malam Grand Final Puteri Indonesia 2018, Haru & Bahagia

4. Museum Kata

7 Wisata Bangka Belitung yang Indah, Asalnya Puteri Indonesia 2018indonesiakaya.com

Suksesnya film "Laskar Pelangi" juga telah membuat museum Kata ini didirikan Andrea Hirata. Museum ini terletak di Desa Gentong, Belitung yang letaknya tak jauh dari SD Laskar Pelangi. Terdapat 200 karya sastra dari berbagai genre, museum buka dari pukul 10.00-17.00.

5. Pulau Pasir

7 Wisata Bangka Belitung yang Indah, Asalnya Puteri Indonesia 2018paketwisatabelitung.co.id

Sesuai namanya, pulau ini terbentuk dari tumpukan pasir di tengah laut. Kamu bisa singgah ke sini dari Pantai Tanjung Kelayang saat air laut sedang surut. Meski besarnya hanya seluas lapangan bola, panorama di sekitarnya akan membuatmu terpesona.

6. Desa Namang

7 Wisata Bangka Belitung yang Indah, Asalnya Puteri Indonesia 2018mongabay.co.id

Di Bangka Tengah terdapat Desa Naman yang mempunyai jamur paling mahal se-Indonesia. Dikenal dengan nama jamur pelawan, harganya bisa mencapai Rp 2 juta per kilogram.

Kamu bisa membelinya dalam bentuk kemasan atau langsung mencoba di area hutan. Jamur pelawan juga menjadi suguhan khas Bangka dalam perayaan "Makan Bedulang".

7. Pulau Lengkuas

7 Wisata Bangka Belitung yang Indah, Asalnya Puteri Indonesia 2018youtube.com/May Pik

Inilah landmark andalan Belitung yang mempunyai mercusuar peninggalan Belanda sejak 1882. Cukup membayar Rp 5.000, kamu bisa menaiki mercusuar setinggi 50 meter tersebut.

Pulau Lengkuas juga menjadi penangkaran penyu sisik. Jika beruntung kamu bisa berkesempatan melepasnya langsung ke laut. Selain itu, juga terdapat fasilitas menunjang, seperti kantin dan toilet di sini.

Itulah tujuh keindahan wisata Bangka Belitung yang menjadi tanah kelahiran Puteri Indonesia 2018, Sonia Fergina Citra. Selamat ya Sonia, tetap semangat untuk berjuang hingga "Miss Universe 2018". Yuk, melancong ke tanah kelahiran Sonia!

Baca juga: 7 Oleh-oleh yang Wajib Dibawa Pulang Saat Liburan ke Bangka Belitung

Line Ads

Topic:

Just For You

I Want More !