Comscore Tracker

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Ramah Kantong

Lanskapnya indah dan pulang juga dapat pengetahuan

Sulawesi Selatan mungkin terkenal dengan kotanya Makassar yang sekaligus menjadi ibu kota dari Provinsi tersebut. Tapi, Sulawesi Selatan gak cuman Makassar, lho. Dan untuk tempat wisatanya juga nggak cuman Pantai Losari saja. Nyatanya, di SulSel ada beberapa lokasi wisata yang apik-apik lainnya, penuh pengetahuan dan ramah kantong.

Nah, apa saja tempat wisata di Sulawesi Selatan yang ramah di kantong dan gak cuman sekedar liburan saja? Berikut ini daftarnya.

1. Taman Macan

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Ramah Kantonginstagram.com/danteskyy_

Apakah ada macannya? Gak ada! Cuman ada patung berbentuk macan di taman yang beralamat di Jl. Sultan Hasanuddin, Kelurahan Bulogading, Sub-Distrik Ujung Pandang, Kota Makassar dan sekaligus sebuah monumen untuk menyimbolkan perjuangan atas Laskar 45 (Laskar Harimau Indonesia dari Ujung Pandang).

Di dalam monumen yang dibangun tahun 1985 dan diresmikan oleh Bapak Surono, Menkopolkam waktu itu, juga terukir tulisan sejarah berdirinya monumen ini dan masih banyak lagi tulisan yang menginformasikan tentang Laskar 45.

Taman ini juga dijadikan taman kota untuk warga sekitar beraktivitas seperti olahraga dan atau tempat untuk melepas penat. Suasana di sekitar Taman Macan begitu sejuk serta banyak tumbuh pohon yang rindang. Dan fasilitas yang banyak disukai oleh pengunjung adalah adanya kran air langsung minum.

2. Celebes Canyon

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Ramah Kantonginstagram.com/sulseltaa

Beralamat di Desa Libureng, Sub-Distrik Tanete Riaja, Distrik Barru, tempat ini terdapat kumpulan bebatuan sendimen karena proses alam yang eksotis seperti di Grand Canyon National Park, Arizona, Amerika Serikat. Selain itu, airnya yang berasal dari Sungai Ule juga jernih dan Celebes Canyon dikelilingi hutan.

Untuk ke sini dari Distrik Barru, bisa melalui Jl. Poros Pekkae Soppeng yang memerlukan waktu sekitar 51 menit atau berjarak kurang lebih 33,9 kilometer. Bisa juga melalui Jl. Pahlawan yang lebih cepat 9 menit daripada melalui Jl. Poros Pekkae Soppeng, karena cuman berjarak kurang lebih 20,8 kilometer.

3. Goa Mampu

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Ramah Kantonginstagram.com/bangdiff

Goa yang ramai dikunjungi pada akhir pekan ini berada di Desa Cabbeng, Sub-Distrik Dua Boccoe, Distrik Bone. Goa Mampu adalah jenis goa kapur yang di dalamnya dihiasi dengan stalagmit dan stalagtit yang unik serta memanjakan mata. 

Selain itu, terdapat koloni kelelawar berjumlah besar, dimana kotorannya oleh warga sekitar dimanfaatkan sebagai pupuk guano.

Untuk sampai ke Goa Mampu memerlukan waktu sekitar 2 jam lebih 5 menit atau berjarak kurang lebih 73,2 kilometer jika melalui Jl. Poros Leppangeng-Watampone.

4. Taman Prasejarah Leang Leang

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Ramah Kantonginstagram.com/rahmatika_nia

Berada di area Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (TN BaBul), kata "leang" yang merupakan Bahasa Daerah Makassar berarti goa. Di dalamnya terdapat Goa Jane, Jarie, Karrasa, Pettae, Pettakere, Saripa dan lain-lainnya yang juga ada lukisan paleolitik.

Disebut-sebut juga sebagai asal-usul manusia pertama di Maros. Hal itu mencuat ke publik, karena ada lukisan tangan manusia berwarna merah juga putih dan lukisan hewan babirusa yang diperkirakan berusia antara 35.000-40.000 tahun pada penelitian yang dilakukan tahun 2011 pada dinding goa.

Lukisan tangannya ada yang menghadap ke kanan dan kiri. Beberapa di antaranya tanpa jempol, karena ada tradisi yang dilakukan untuk memotong jari tangan ketika seorang yang dituakan meninggal.

Baca Juga: 7 Rekreasi Anti Mainstream Buat Mbolang ke Provinsi Sulawesi Selatan

5. Tongkonan Lempe-Lolai

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Ramah Kantonginstagram.com/yustin_dondan

Merupakan sebagai salah satu "Negeri di Atas Awan" yang ada di Sulawesi Selatan, tepatnya di Desa Benteng Mamulu, Distrik Toraja Utara. Jangan ditanya lagi suasana di Tongkonan Lempe-Lolai, sudah pasti dingin, karena berada di ketinggian. Keindahannya sudah pasti indah banget.

Berjarak sekitar 20,8 kilometer atau bisa ditempuh kurang lebih satu setengah jam dari Distrik Toraja Utara, Tongkonan Lempe-Lolai menyajikan sunrise dengan kabut awan tebal. Uniknya, sampai pukul 7.00 waktu setempat yang mataharinya sudah tinggi, kabutnya masih begitu tebal. 

Untuk mendapatkan pengalaman yang gak terlupakan, berangkatlah waktu subuh.

6. Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Ramah Kantonginstagram.com/abe.barzak

Meskipun ada embel-embel nama "Irian", monumen ini memang benar adanya di Jl. Jend. Sudirman, Desa Baru, Sub-Distrik Ujung Pandang, Kota Makassar. Monumen ini ada karena ada peristiwa sejarah, dimana Belanda masih menguasai Irian Barat sejak kemerdekaan RI diproklamirkan. Kemudian dibentuk tim oleh Soekarno untuk membebaskan Irian Barat bernama Komando Mandala.

Monumen Mandala yang berlantai 4 dan setinggi 75 meter yang dibangun pada tahun 1994-1996 bertujuan mengenang jasa para pahlawan dalam pembebasan Irian Barat serta imbalan atas jasa mantan Presiden RI ke-2, Soeharto. Karena, Soeharto menjadi Komandan Komando Mandala dalam Operasi Trikora.

Di dinding luar Monumen Mandala terdapat bentuk nyala api yang melambangkan luapan antusiasme untuk membebaskan Irian Barat. Sementara di tubuh monumen ini ada relief yang menceritakan sejarah perjuangan pembebasan Irian Barat.

Yang menjadi pertanyaan, mengapa Monumen Mandala ada di Provinsi Sulawesi Selatan bukan di Irian (sekarang Papua)? Karena markas dari Komando Mandala ada di Kota Makassar, SulSel.

7. Wisata Cekong

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Ramah Kantonginstagram.com/macora_mariam

Tempat wisata ini berada jauh dari bisingnya kendaraan dan suasananya sangat nyaman, yaitu ada di Desa Tanete, Sub-Distrik Anggeraja, Distrik Enrekang. Di sini ada keindahan alam yang apik dan arena outbound (seperti extreme swing, flying fox, motor cross dan masih banyak lagi lainnya). 

Untuk ke sini, paling cepat melalui Jl. Jend Sudirman / Jl. Poros Enrekang-Makale dari Kabupaten Enrekang, yaitu sekitar 52 menit atau berjarak kurang lebih 20,2 kilometer.

8. Air Terjun Tama'lulua

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Ramah Kantonginstagram.com/visit_sulsel

Berada di Desa Bontomanai, Sub-Distrik Rumbia, Distrik Jeneponto, sudah pasti kelelahan untuk mencapainya, karena sampai terbitnya tulisan ini aksesnya masih sulit. 

Namun jangan khawatir, rasa lelah akan hilang ketika sampai di Air Terjun Tama'lulua. Karena, selain air terjunnya, pemandangan di sekitar juga indah dengan dikelilingi pohon yang rindang dan suasananya menyejukkan.

Debit air yang ada di air terjun ini sedang dan bisa dibilang sangat aman untuk bermain di kolam alaminya. Air terjun ini juga dikenal dengan Air Terjun Bossolo, karena di Air Terjun Tama'lulua ada Bukit Bossolo. Bukit Bossolo ini sangat cocok untuk menikmati sunset.

Tamasya ternyata tidak harus membuatmu merogoh kocek terlalu dalam ya. Tempat-tempat wisata murah meriah di atas jadi contohnya.

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Ini Pertanda Kamu Habis Berkunjung ke Sulawesi Selatan

Riyan Sumarno Photo Community Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You