Comscore Tracker

8 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Seru dan Gak Terlupakan

Asli asyik dan seru banget!

Berkunjung dan berlibur ke Sulawesi Selatan dijamin nggak akan pernah menyesal. Karena, provinsi paling selatan dari Pulau Sulawesi ini dikategorikan sebagai tujuan wisata nasional yang nggak diragukan dan sangat bergengsi. Provinsi ini juga merupakan tempat liburan yang sangat lengkap, dari wisata alam dan buatan, situs bersejarah sampai kuliner ada.

Berikut adalah delapan tempat wisata keren serta seru di Sulawesi Selatan dan nggak bakal terlupakan setelah mengunjunginya.

1. Wisata Pantai Galesong

8 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Seru dan Gak Terlupakaninstagram.com/irwan_ju

Tempat ini beralamat di Desa Sampulungan, Sub-Distrik Galesong Utara, Takalar. Wisata Pantai Galesong nggak cuman menyuguhkan pantai saja, namun ada banyak wahana dan fasilitas lain di dalamnya. Misalnya, waterpark, area outbound (seperti ATV dan banana-boat), tempat penginapan serta lain sebagainya. Yang hobi mancing, bisa menyewa perahu pancing dengan tenggat waktu dua jam.

Intinya, tempat Wisata Pantai Galesong ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga besar tercinta.

2. Museum Balla Lompoa

8 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Seru dan Gak Terlupakaninstagram.com/fransiskaranteallo

Museum ini diresmikan oleh Prof. Dr. Haryati Subadio (Direktur Jenderal Kebudayaan di waktu dulu) setelah proses pemugaran pada tahun 1978-1980. Alamatnya ada di Desa Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Gowa, atau tepatnya di Jl. K. H. Wahid Hasyim No.39 dan merupakan tempat yang cocok untuk belajar sejarah, khususnya mengenai Kerajaan Gowa.

Karena, sebenarnya Museum Balla Lompoa adalah rekonstruksi dari istana Kerajaan Gowa pada tahun 1936, yang waktu itu dipimpin oleh Raja Gowa ke-31, yaitu I Mangngi-Mangngi Daeng Matutu.

3. Pemandian Air Panas Lejja

8 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Seru dan Gak Terlupakaninstagram.com/hajisalma_90

Jika sudah lelah "makan angin" di Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Soppeng, mampir ke pemandian air panas ini ada hal yang tepat. Pemandian Air Panas Lejja berada di Desa Bulue, Sub-Distrik Marioriawa dan bisa ditempuh kurang lebih satu jam dari Kota Soppeng.

Pemandian Air Panas Lejja berlokasi di area hutan produksi dan kawasan hutan lindung, membuatnya sangat asri dan indah. Dengan suhu air yang bisa mencapai 60° C, berendam atau mandi di sini bisa menghilangkan kepenatan dan juga untuk mengobati rematik.

4. Pantai Seruni

8 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Seru dan Gak Terlupakaninstagram.com/besseainulmardiyah

Pantai ini berada di kawasan reklamasi, tepatnya ada di Kecamatan Pallantikang, Bantaeng. Ini adalah tempat yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan atau teman. Di sore hari, bisa melihat senja yang indah dengan sangat jelas. Apalagi, pada malam hari, pengunjung dimanjakan dengan pemandangan pantai yang ditemani oleh lampu warna-warni yang mempercantik dan memperindah suasana.

Ada juga berbagai jenis makanan ringan dan minuman yang dijual di sepanjang lokasi. Selain itu, tempat parkirnya sangat luas dan ada banyak keunggulan lain yang harus dibuktikan sendiri dengan datang ke Pantai Seruni.

Baca Juga: 5 Wisata Sejarah di Sulawesi Selatan Ini Bikin Kembali Ke Masa Lalu

5. Hutan Pinus Malino

8 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Seru dan Gak Terlupakaninstagram.com/destinasi_sstv

Kurang lebih memerlukan waktu dua jam dari Kota Makassar untuk sampai ke sini. Lokasi tepatnya ada di Desa Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Gowa. Lebih disarankan, ketika akan mengunjungi tempat ini, menggunakan moda transportasi beroda dua. Suasana di area Hutan Pinus Malino dingin dan sejuk, karena anginnya sepoi-sepoi.

Selain itu, di sekitar area Hutan Pinus Malino ada perkebunan teh, stroberi dan banyak sekali titik yang apik untuk berfoto. Yang suka berkuda, nggak ada ruginya untuk menyewa kuda.

6. Museum La Galigo

8 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Seru dan Gak Terlupakaninstagram.com/denyputraperdana

Alamat museum ini ada di Jl. Ujung Pandang No. 1, Kota Makassar yang berdiri pada 1 Mei 1970. Dan pada tahun 1974, tepatnya 24 Februari, Prof. I.B. Mantra (Ditjenbud Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI) meresmikan gedung seluas 2.211 m² No. 5 sebagai ruang pameran permanen dan ruang kepelatihan.

Museum La Galigo memiliki koleksi sekitar 4.999 buah yang terdiri dari koleksi prasejarah, sejarah, etnografi, keramik asing, manuskrip dan numismatik. Koleksi etnografi terdiri dari berbagai jenis peralatan hidup, seni, teknologi dan benda-benda lain yang dibuat serta digunakan oleh suku Bugis, Makassar, Mandar serta Toraja.

Museum ini juga memiliki benda-benda yang berasal dari kerajaan lokal dan senjata yang digunakan selama revolusi kemerdekaan.

7. Pulau Kodingareng Keke

8 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Seru dan Gak Terlupakaninstagram.com/gondrong.petualang

Berada di Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, pulau ini memiliki pantai dengan pasir putih dan airnya jernih. Alam bawah lautnya juga indah dan terdapat aneka biota laut. Jika dari Pulau Somalona, cuman perlu waktu sekitar setengah jam.

Aktivitas yang nggak boleh dilewatkan tentu saja snorkeling. Dan jangan lupa, sebelum pulang abadikan momen terbaik di Pulau Kodingareng Keke.

8. Puncak Bila

8 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan yang Seru dan Gak Terlupakaninstagram.com/eko_agusrianto

Puncak Bila sangat direkomendasikan untuk liburan bersama keluarga. Tempat wisata puncak ini berada di Jalan Poros Pare Sidrap, Distrik Sidenreng Rappang dan sering disebut juga Bila Riase, Bila Sidrap dan Pitu Riase.

Di Puncak Bila terdapat area kolam renang, sepeda air serta outbound (seperti ATV dan flying fox) untuk bersenang-senang. Dan fasilitas mushola juga tersedia.

Seru-seru ya wisata di Sulawesi Selatan ini. Jangan sampai ketinggalan liburan di sini!

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Pantai di Sulawesi Selatan Ini Begitu Memikat

Riyan Sumarno Photo Community Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You