Comscore Tracker

Liburan Berfaedah, Yuk Kunjungi 7 Museum Pengetahuan di Tokyo Ini!

Jangan cemas, setiap museum ada bahasa Inggrisnya juga

Kuil Sensoji, Shibuya, Taman Ueno, dan Shinjuku, beberapa destinasi yang ramai dikunjungi oleh wisatawan sesampainya mereka di Tokyo. Kota modern sekaligus ibu kota Jepang ini, memang tak pernah kehabisan cara untuk memanjakan para wisatawan yang datang, baik dari dalam maupun luar negeri.

Selama di Tokyo, jangan hanya mengunjungi destinasi bersifat hiburan semata. Agar liburanmu gak sia-sia, bisa juga kepoin pengetahuan di tujuh museum ini selama di Tokyo. Konsep museum yang menyenangkan, dijamin gak buat kamu bosan selama di sini. 

1. TenQ Space Museum

Liburan Berfaedah, Yuk Kunjungi 7 Museum Pengetahuan di Tokyo Ini!tokyo-dome.co.jp

Ingin tahu lebih dekat mengenai alam semesta, selama berlibur di Tokyo? Kunjungi saja TenQ Space Museum yang terletak di Tokyo Dome. Bermodal tiket masuk sebesar 1.800 yen atau setara dengan Rp230.000, kamu bisa kepoin pengetahuan seputar alam semesta di ruang sejarah ekplorasi luar angkasa, theater sora, ruang pusat penelitian luar angkasa, area imajinasi, dan ruang pameran khusus.

Namun ada satu ruangan nih, yang jadi favorit pengunjung yaitu teater sora. Di sini pengunjung dapat melihat video luar angkasa yang menakjubkan pada sebuah teater bundar. Menariknya, teater sora membuat kita seakan berada di luar angkasa sungguhan.

Nah, biar ada kenangan-kenangan pernah berkunjung kesini. Jangan lupa mampir ke TenQ Store untuk membeli cendera mata, ya!

2. Sony Explora Science Museum

Liburan Berfaedah, Yuk Kunjungi 7 Museum Pengetahuan di Tokyo Ini!instagram.com/imagesbycassandra

Terletak di distrik Odaiba, Sony ialah salah satu produk keluaran Jepang yang namanya cukup terkenal di dunia. Museum ini berfokus dalam mengeksplorasi seputar pencahayaan, suara dan hiburan.

Harga tiket masuk yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Dengan membayar 500 yen atau sekitar Rp64.000, kamu dapat mengeksplorasi setiap ruangan yang menjelaskan hubungan antara teknologi terbaru dan prinsip-prinsip dasar sains.

Gak cuma koleksinya saja yang membuat kita menambah wawasan. Di Sony Explora Science tersedia juga permainan anak-anak dengan tema sains, yang diharapkan menarik minat anak-anak untuk mengetahui banyak hal seputar sains.

Menariknya, Sony Explora Science Museum menginvestasikan semua hasil penjualan tiket untuk program pendidikan sains yang diperuntukkan bagi anak-anak! Wah, pantas saja jika negara ini maju ya!

3. Tokyo Miraikan Museum

Liburan Berfaedah, Yuk Kunjungi 7 Museum Pengetahuan di Tokyo Ini!travel.navitime.com

Museum ini didirikan oleh Badan Sains dan Teknologi Tokyo, pada tahun 2010. Banyak informasi seputar sains dan teknologi yang bikin kamu kepo untuk mempelajarinya seperti contoh robot. Di museum ini kamu bisa berinteraksi langsung dengan robot android yang dibuat persis manusia. Selain robot manusia, dapat juga lho merasakan sensasi mengendarai teknologi baru motor masa depan yang bernama Honda Uni Cub.

Setelah puas mengelilingi dan melihat koleksi museum, kalian juga dapat membeli suvenir mulai dari barang sains, merchandise robot Asimo hingga buku-buku yang berhubungan dengan sains. Oh iya, biaya masuk ke Tokyo Miraikan Museum cuma 620 yen atau setara dengan Rp80.000.

Baca Juga: 7 Tempat Terbaik untuk Melihat Bunga Sakura Mekar di Tokyo

4. Tokyo Water Science Museum

Liburan Berfaedah, Yuk Kunjungi 7 Museum Pengetahuan di Tokyo Ini!yurikamome.co.jp

Liburan ke Tokyo bersama keluarga? Sempatkan untuk mengunjungi Tokyo Water Science Museum. Dijamin! Anak-anak akan betah bermain sekaligus belajar pengetahuan seputar air. Di sini, setiap pengunjung dewasa maupun anak-anak dapat menyaksikan secara langsung proses penyaringan air keran berkualitas di laboratorium air. Sedangkan di lantai tiga museum, pengunjung dapat menonton video seputar air yang berlangsung selama 15 menit.

Gak cuma itu saja, untuk meningkatkan pengetahuan anak mengenai sains. Terdapat pula komputer interaktif yang dimana, anak-anak dapat menjawab pertanyaan seputar air yang muncul di layar monitor dan belajar seputar pentingnya air bagi kehidupan.

Meski museum melarang pengunjungnya membawa makanan masuk ke area dalam, tetapi tidak ada biaya masuk alias gratis lho untuk kepoin pengetahuan di Tokyo Water Science Museum.

5. Gas Science Museum

Liburan Berfaedah, Yuk Kunjungi 7 Museum Pengetahuan di Tokyo Ini!tanseisha.co.jp

Ada lagi nih yang gratis untuk kepoin pengetahuan di Tokyo, yaitu Gas Science Museum. Saat tiba di lantai utama, kamu akan dimanjakan dengan keberadaan balon udara yang menghiasi langit-langit museum.

Gak hanya itu, ada lagi area interaktif yang dimana pengunjung dapat belajar darimana gas berasal, gas diproses dan gas dikemas untuk digunakan sehari-hari.

Terletak di distrik Toyosu, gak hanya belajar seputar gas saja. Museum ini juga membuka kelas memasak dan kegiatan lokakarya yang diperuntukkan bagi anak-anak. 

6. Earthquake Science Museum

Liburan Berfaedah, Yuk Kunjungi 7 Museum Pengetahuan di Tokyo Ini!findmy.tokyo

Letak geografis Jepang yang rentan dengan bencana alam seperti gempa bumi. Membuat negara ini tidak main-main dalam memberikan edukasi seputar gempa bumi. Bahkan, sistem penanggulangan gempa di Jepang menjadi contoh bagi banyak negara. Maka dari itu, di negara ini mudah untuk menemukan museum seputar gempa contohnya seperti yang berada di distrik Kita.

Di museum ini memberikan informasi seputar apa saja yang harus kita lakukan saat terjadinya gempa, daerah yang dihindari saat gempa berlangsung, menyaksikan replika bangunan yang hancur akibat gempa, hingga belajar simulasi penyelamatan diri saat terjadinya gempa.

7. Tepia Advanced Technology Gallery

Liburan Berfaedah, Yuk Kunjungi 7 Museum Pengetahuan di Tokyo Ini!tokyocreative.com

Kemajuan negeri sakura, tak lepas dari teknologinya yang inovatif. Nah, selama di Tokyo wajib banget untuk mampir ke Tepia Advanced Technology Gallery, yang terletak di distrik Minato.

Kenapa? Di sini kalian akan mendapatkan banyak informasi tentang teknologi masa depan. Di mana kamu dapat melihat, menyentuh, dan mengoperasikannya langsung yang di dampingi oleh pemandu.

Di museum ini, di pamerkan kurang lebih 70 teknologi industri canggih yang akan menjadi kunci perkembangan masyarakat di masa depan. Meski berkunjung ke sini harus melakukan reservasi terlebih dahulu, kamu tidak akan menyesal datang karena banyak hal baru yang akan kamu ketahui seputar teknologi canggih masa depan yang bikin kagum.

Itulah tadi tujuh museum di Tokyo buat kalian yang suka kepoin pengetahuan. Masih ada banyak museum di Tokyo yang bisa menambah wawasan pengetahuanmu. Jadi, jangan melewatkan tempat-tempat berfaedah ya selama berlibur. Agar liburanmu tidak sia-sia.

Baca Juga: 5 Spot Wisata di Jepang Ala Film Blade Runner, Keren!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya