7 Potret Cantik Objek Wisata di Iran yang Masuk dalam UNESCO

#PANJATPOIN Saksi bisu peradaban negara Iran

Berada di kawasan Timur Tengah, Iran memiliki nama panggilan lain oleh bangsa barat yaitu Persia. Negara yang dahulu paling tidak direkomendasikan untuk berlibur ini, kini membuka tempat wisatanya yang dapat dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Bahkan, banyak destinasi wisata di negara Iran yang menjadi situs warisan dunia menurut UNESCO lho.

Wah, keren ya! Yuk, kita telusuri satu per satu potret cantiknya.

1. Takht-e Soleyman

7 Potret Cantik Objek Wisata di Iran yang Masuk dalam UNESCOshanagasht.com

Takht-e Soleyman atau bisa di sebut juga dengan Tahta Salomo ialah situs arkeologi yang masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2003. Berada di provinsi Azerbaijan bagian barat, wisata ini dulunya adalah tempat suci salah satu agama moneteistik awal dunia.

Di situs ini pengunjung dapat menikmati keindahan danau Artesis, menyusuri Kuil Api Zoroastrian dan Candi Anahita yang berada di sekitar bangunan Tahta Salomo. Tak jauh dari tempat ini, nampak pula keindahan Gunung Balqeys yang menyempurnakan pemandangan di sekitar Tahta Salomo.

2. Pasargadae

7 Potret Cantik Objek Wisata di Iran yang Masuk dalam UNESCOmapsofworld.com

Pasargadae adalah ibukota dinasti pertama dari Kekaisaran Achaemenid. Selain itu situs arkeologi ini juga ibukota kerajaan multikultural pertama terbesar di Asia Barat.

Didirikan pada abad ke-6 SM oleh Cyrus II Agung, wisata ini masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2004. Bangunan istana, kebun, dan makam Cyrus adalah objek wisata yang menarik untuk di kunjungi selama berada di Pasargadae.

Baca Juga: 7 Situs Warisan Dunia UNESCO Terbaru, Unik dan Penuh Pesona

3. Golestan Palace

7 Potret Cantik Objek Wisata di Iran yang Masuk dalam UNESCOirantraverse.com

Menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2013, Istana Golestan adalah pusat pemerintahan keluarga Qajar yang mulai berkuasa pada 1779. Keindahan interior istana yang megah, semakin cantik dengan kehadiran kolam renang dan taman.

Berada di Kota Tehran, Istana Golestan menjadi pusat perhatian para seni dan arsitektur karena bangunan istana ini menggabungkan seni dan kerajinan Persia tradisional serta memadupadankan elemen arsitektur pada abad ke-18.

4. Armenian Monastic Ensembles of Iran

7 Potret Cantik Objek Wisata di Iran yang Masuk dalam UNESCObesttour.am

Armenian Monastic Ensambles of Iran ialah ensamble dari tiga gereja Armenia yang meliputi bangunan gereja St. Thaddeus, St. Stepanos dan Kapal Dzordzor, yang di perkirakan sudah berdiri antara abad ke-7 dan 14 masehi. Masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2008, tempat ini memberi kesaksian adanya pertukaran budaya yang terjadi di antara Bizantium, Ortodoks dan Persia.

5. Meidan Emam

7 Potret Cantik Objek Wisata di Iran yang Masuk dalam UNESCOsurfiran.com

Terletak di pusat kota Isfahan, Meidan Emam masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO Iran pada tahun 1979. Dibangun oleh Shah Abbas I pada awal abad ke-17, Meidan Emam ialah salah satu lapangan terbesar di dunia dan menjadi saksi kehidupan sosial budaya Persia pada era Safawi.

Luasnya Meidan Emam, wisatawan dapat mengunjungi pula bangunan monumental seperti Istana Ali Qapu, Masjid dan Bazar Isfahan. Untuk yang hobi belanja, kalian jangan khawatir karena di sekeliling Meidan Emam terdapat pula pasar yang menjajakan beraneka ragam barang-barang maupun kuliner.

6. Persepolis

7 Potret Cantik Objek Wisata di Iran yang Masuk dalam UNESCOxflow.eu

Situs Warisan Dunia UNESCO di Iran pada tahun 2005 ini, ialah ibukota kerajaan Achaemenid yang di dirikan oleh Raja Darius I pada tahun 518 SM. Konon, keberadaan situs arkeolog ini bertujuan untuk menciptakan suatu simbol keagungan dari kejayaan kerajaan Persia kuno dan sebagai tempat untuk melakukan upacara atau perayaan.

7. Bam

7 Potret Cantik Objek Wisata di Iran yang Masuk dalam UNESCOvisitoiran.com

Berada di ujung selatan dataran tinggi Iran, Bam ialah contoh paling representatif dari kota abad pertengahan yang dibangun dalam teknik vernakular menggunakan lapisan lumpur. Menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2004, salah satu bangunan yang terkenal di tempat ini ialah Arg-e Bam, yang berusia lebih dari 2.000 tahun dari Kerajaan Parthia.

Gempa dahsyat pernah melanda tempat ini dan hampir meratakan bangunan pada tahun 2003, sehingga rekontruksi di lakukan untuk mempertahankan keberadaan situs bersejarah ini.

Itulah tadi 7 potret cantik wisata di Iran yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Berkunjung ke objek wisata ini, tidak hanya sekedar berwisata lho tapi juga memiliki nilai edukasi.

Baca Juga: Ala Timur Tengah, Ini 5 Destinasi Wisata Padang Pasir di Indonesia

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You