Comscore Tracker

7 Fakta Menarik Sri Lanka, Ada Tapak Tilas Bangsawan Bugis!

Disebut juga tanah serendipity lho

Memiliki julukan tanah serendipity, di tahun 2019 ini Sri Lanka menjadi destinasi terbaik dunia versi Lonely Planet. Selain memiliki banyak tempat menarik yang dapat dikunjungi saat berlibur.

Tahukah kamu? Di negara ini terdapat tapak tilas bangasawan Bugis, yang namanya terukir menjadi bagian sejarah Sri Lanka. Ingin tahu kelanjutan fakta lainnya seputar Sri Lanka? Yuk, simak!

1. Memiliki banyak situs sejarah, 8 di antaranya masuk dalam situs warisan dunia UNESCO

7 Fakta Menarik Sri Lanka, Ada Tapak Tilas Bangsawan Bugis!travelwireasia.com

Di masa lalu, Sri Lanka adalah jalur perdagangan antar negara bahkan benua. Tak heran, jika negara ini pernah disinggahi oleh bangsa Arab, Portugal, Belanda hingga Inggris.

Selain itu, penampakan alamnya yang indah dan masih terikat dengan situs keagamaan. Membuat negara ini memiliki banyak situs sejarah. Delapan diantaranya telah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO lho.

Dari delapan situs tersebut, jangan sampai lupa untuk mampir ke Sigiriya ya! Spot satu ini tak lain adalah benteng batu yang telah ada sejak abad ke-8 dan menjadi wisata populer di Sri Lanka.

2. Masakan Sri Lanka campuran dari 6 negara

7 Fakta Menarik Sri Lanka, Ada Tapak Tilas Bangsawan Bugis!viva.co.nz

Di Sri Lanka, kamu akan dapati makanan keseharian di sini yang berasal dari Persia (Iran), Arab, India, Portugal, Belanda, dan Inggris. Jadi jangan heran ya, jika di sini kamu akan selalu kenyang karena nikmatnya nasi kari ayam hingga nasi kebuli.

3. Sri Lanka, salah satu negara penghasil teh terbesar di dunia

7 Fakta Menarik Sri Lanka, Ada Tapak Tilas Bangsawan Bugis!lanka.com

Jika kamu penggemar teh, Sri Lanka menjadi destinasi yang tepat sekali untuk dikunjungi. Yups, negara ini salah satu penghasil teh terbesar di dunia. Bahkan, kamu dapat menikmati nikmati teh tersebut di rumah karena teh salah satu buah tangan asal Sri Lanka.

Sesampainya di sini, pastikan untuk mengunjungi Museum Teh Ceylon yang terletak hanya 4 km di selatan kota suci Kandy. Spot satu ini adalah tempat yang ideal untuk menikmati secangkir teh yang enak dan belajar tentang sejarah teh di Sri Lanka.

Baca Juga: Liburan ke Sri Lanka, 5 Festival Keren ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan

4. Gak perlu ke Afrika! Sri Lanka adalah tempat terbaik untuk berwisata safari di Asia

7 Fakta Menarik Sri Lanka, Ada Tapak Tilas Bangsawan Bugis!thrillophilia.com

Gak perlu jauh-jauh ke Afrika untuk berwisata safari. Di Sri Lanka, kamu dapat menikmatinya karena negara ini tempat terbaik untuk wisata safari di Asia. Taman Nasional Yala, rekomendasinya.

Bagi kamu penggemar satwa liar, Taman Nasional Yala adalah tempat yang wajib untuk dikunjungi dalam perjalanan ke Sri Lanka. Di sini hidup beranekaragam satwa liar yang dilindungi seperti macan tutul, singa, gajah, dan masih banyak lainnya.

5. Puncak Adam adalah tempat suci yang dihormati oleh tiga agama

7 Fakta Menarik Sri Lanka, Ada Tapak Tilas Bangsawan Bugis!dammedulich.com

Bertengger di area indah Bukit Negara bagian selatan, puncak suci ini telah menjadi kiblat bagi orang-orang berbagai kepercayaan di Sri Lanka selama lebih dari seribu tahun.

Dalam agama Buddha, puncaknya dikenal sebagai Sri Pada, yang berarti jejak suci, dan diyakini telah ditinggalkan oleh Buddha ketika ia pergi ke surga.

Bagi umat Hindu, puncak ini adalah jejak Dewa Siwa. Sedangkan bagi umat Kristen, mereka meyakini jika Puncak Adam adalah jejak Adam ketika ia diusir dari Taman Eden.

6. Gak semua yang tertulis hotel itu tempat penginapan

7 Fakta Menarik Sri Lanka, Ada Tapak Tilas Bangsawan Bugis!jrlanka.com

Di sini, baik restoran maupun bar terdapat embel-embel kata hotel. Sebagai wisatawan, kalian pastikan dulu ya. Karena di Sri Lanka, tidak semua yang bernama hotel itu penginapan.

Dan hal ini, menjadi sesuatu yang keren menurut masyarakat Sri Lanka lho. Mungkin ini salah satu trik untuk menarik wisatawan agar berkunjung.

7. Masjid Agung Kolombo, tapak tilas Bangsawan Bugis yang menjadi bagian dari sejarah Sri Lanka

7 Fakta Menarik Sri Lanka, Ada Tapak Tilas Bangsawan Bugis!timeout.com

Pernah terbengkalai karena invasi, Masjid Agung Kolombo mengalami perbaikan ketika Inggris menguasai Sri Lanka. Yang di mana, pada masa invasi Inggris semua tinggal di Sri Lanka diperlakukan adil sesuai dengan haknya masing-masing.

Muhammad Balangkaya adalah bangsawan Bugis yang menjadi arsitektur pembangunan Masjid Agung Kolombo. Ia meminta agar masjid diperbesar dan direnovasi menjadi bangunan dua lantai , yang dirancang sepenuhnya olehnya. Inilah asal muasal tapak tilas bangsawan Bugis di Sri Lanka.

Itulah tadi tujuh fakta menarik seputar Sri Lanka. Yang paling menarik, biaya traveling di sini terbilang murah lho. Jadi, buruan masukkan Sri Lanka ke daftar liburanmu.

Baca Juga: 9 Tempat di Sri Lanka yang Perlu Kamu Tambahkan di List Liburanmu

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Semoga artikel ini bermanfaat. Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You