Comscore Tracker

5 Masjid Cantik yang Berdiri di Negara Minoritas Muslim, Mengagumkan! 

Bikin makin rajin ibadah

Banyak masjid bisa dijumpai di Indonesia itu wajar, karena penduduk negara kita mayoritas umat muslim. Beda hal dengan beberapa negara di dunia berikut ini yang mana Islam adalah agama minoritas.

Meski minoritas, lima negara ini mempunyai masjid terbilang cantik sehingga bikin siapa saja yang melihatnya pastilah kagum. Masjid apa yang dimaksud dan di mana saja? Yuk, jelajahi satu per satu!

1. Jamiul Azhar 

5 Masjid Cantik yang Berdiri di Negara Minoritas Muslim, Mengagumkan! instagram.com/phannguyenminhthu2827

Jalanan menuju arah ke dalam masjid ini dihiasi dengan tiang-tiang lampu yang mempercantik masjid di malam hari. Selain itu, halaman Jamiul Azhar disinggahi dengan nisan pemakaman tapi tak nampak seram sedikit pun.

Jamiul Azhar berada di An Giang, Vietnam bagian Selatan. Masjid ini punya arsitektur khas bangsa Moor dengan lengkungan-lengkungan bergerigi di bagian luarnya, serta didominasi warna putih dan hijau.

2. Westermoskee Aya Sofya 

5 Masjid Cantik yang Berdiri di Negara Minoritas Muslim, Mengagumkan! instagram.com/stylistmom2

Berdiri sekitar tahun 2015, Westermoskee Aya Sofya telah mencuri perhatian banyak mata wisatawan. Apalagi letaknya tepat di tepi sungai Schinkel. Westermoskee Aya Sofya berdomisili di Amsterdam, Belanda. Arsitektur bangunannya mengadopsi gaya Timur Tengah dengan kubah dan menara bak Hagia Sophia di Turki.

Sedangkan interior Westermoskee Aya Sofya didominasi warna putih dan abu, dengan arsitektur khas bangsa Moor. Masjid cantik ini bisa menampung sekitar 1.700 orang jemaah.

Baca Juga: 7 Fakta Masjid Raya Al Azhom, Kebanggaan Warga Tangerang

3. Sunshine Mosque 

5 Masjid Cantik yang Berdiri di Negara Minoritas Muslim, Mengagumkan! instagram.com/bandar_481

Dibangun oleh komunitas muslim Ciprus-Turki, masjid yang memiliki banyak kubah ini berada di Victoria, Australia. Masjid bergaya arsitektur Moor dan hampir serupa dengan Blue Mosque di Turki, ini dikenal juga dengan nama The Cyprus Turkish Islamic Community of Victoria.

Kubah bagian dalam Sunshine Mosque bermotif, dan dipercantik pula oleh kaligrafi. Di tengahnya terdapat indahnya lampu gantung yang bikin interior masjid makin memesona.

4. Moscow Cathedral Mosque 

5 Masjid Cantik yang Berdiri di Negara Minoritas Muslim, Mengagumkan! instagram.com/ekatika_zo.84

Berdiri di jantung kota Moskow, Rusia, masjid nan memesona ini punya arsitektur bangunan yang gagah dan terdiri dari tiga lantai. Moscow Cathedral Mosque punya ciri khas di mana pada bagian kubah serta ujung menara berkilau bak dilapisi emas.

Interior Moscow Cathedral Mosque enggak kalah menarik perhatian. Lekukan tiang-tiang yang menjulang tinggi, diperindah oleh kaligrafi berwarnakan biru dan emas yang bikin penampilannya kian memesona. Lampu gantung bertingkat yang diletakkan pada tengah-tengah ruang masjid menyempurnakan penampilan luar dalam Moscow Cathedral Mosque.

5. Mezquita de Coquimbo

5 Masjid Cantik yang Berdiri di Negara Minoritas Muslim, Mengagumkan! instagram.com/mapfra

Enggak cuma digunakan sebagai tempat ibadah, Mezquita de Coquimbo di Chili setiap harinya menerima wisatawan domestik maupun mancanegara yang penasaran dengan masjid nan unik ini.

Tak seluas seperti masjid-masjid cantik sebelumnya, bangunan Mezquita de Coquimbo layaknya menara menjulang tinggi dengan arsitektur khas Maroko. Lantai, dinding, dan atap masjid ini penuh dengan keramik mosaik berwarna-warni. Ditambah ukiran-ukiran yang menghiasi langit-langit, membuat penampilan masjid ini kian estetik.

Wah, lima masjid di atas cukup indah ya? Ada lagi yang mau menambahkan masjid cantik yang singgah di negara minoritas muslim? Jangan malu-malu untuk menulisnya di kolom komentar!

Baca Juga: 10 Masjid Unik Paling Indah se-Asia, Indonesia Salah Satunya

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya