Comscore Tracker

7 Wisata ala Bangsawan di Chungcheong Korea Selatan, Tanah Para Raja

Menawan dan kaya akan sejarah!

Terbagi menjadi dua wilayah, Chungcheong utara dan selatan. Dahulu, Chungcheong adalah tanah para raja. Tepatnya, masuk dalam kawasan Kerajaan Baekje. Tak heran jika di sini, banyak wisata bersejarah warisan dari Kerajaan Baekje yang dapat dituju sebagai destinasi liburan selama di Chungcheong.

Biar waktumu tidak terbuang sia-sia memikirkan wisata apa yang hendak dikunjungi. Berikut, tujuh rekomendasi wisata di Chungcheong yang kaya sejarah dan pastinya bisa bikin kamu serasa jadi bangsawan!

1. Baekje Cultural Land

7 Wisata ala Bangsawan di Chungcheong Korea Selatan, Tanah Para Rajablacklink.co.kr

Terbesar di Korea Selatan dan pernah menjadi lokasi syuting drama sageuk Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, taman hiburan bertema sejarah ini memamerkan banyak warisan budaya Kerajaan Baekje.

Buka setiap hari Selasa-Minggu pada pukul 09.00-18.00 dan 09.00-22.00, di sini kalian dapat menyusuri desa budaya kehidupan masyarakat Baekje, Benteng Wiryeseong, hingga Museum Sejarah dan Budaya Baekje dengan tiket masuk sebesar Rp12-70 ribu.

2. Gungnamji Pond

7 Wisata ala Bangsawan di Chungcheong Korea Selatan, Tanah Para Rajachulsa.kr

Wisata ala bangsawan Korea ini perlu banget kalian kunjungi bersama kekasih halalmu. Berdasarkan sejarah yang berkembang, ternyata kolam ini sengaja dibuat oleh Raja Mu dari Kerjaan Baekje sebagai tanda cintanya kepada Putri Seonhwa.

Berada dalam kawasan Seodong Park, usut punya usut kolam nan indah ini ternyata kolam buatan pertama di Korea Selatan lho! Dikelilingi dengan pemandangan hijau pepohonan serta warna-warni bunga, Gungnamji Pond tempat terbaik di Chungcheong untuk kamu yang butuh kedamaian.

3. Busosanseong Fortress

7 Wisata ala Bangsawan di Chungcheong Korea Selatan, Tanah Para Rajatrazy.com

Di dalam Busonsanseong Fortress, jangan sampai melewatkan serunya mengelilingi Paviliun Banwollu, Paviliun Yeongillu, Paviliun Baekhwajeong, hingga Kuil Samchungsa selama di sini.

Terdaftar sebagai situs bersejarah ke-5 di Korea Selatan, benteng ini diperkirakan telah ada sejak tahun 538 Masehi dan telah mengalami rekontruksi selama tiga periode pada era Silla, Goryeo, dan Joseon. Indahnya, Busosanseong Fortress punya pemandangan super elok dari Gunung Busosanseong.

Baca Juga: Ini 5 Alasan Mengapa Visa Korea Selatanmu Ditolak Kedutaan Besar

4. Five Storied Stoned Pagoda

7 Wisata ala Bangsawan di Chungcheong Korea Selatan, Tanah Para Rajathisiskoreatours.com

Berada tepat di depan Kuil Jeongnimsa, banyak wisatawan yang memanfaatkan spot satu ini sebagai background fotografi. Masih kokoh berdiri, Five Story Stone Pagoda ternyata telah ada sejak abad ke-6 lho! Meski banyak tersebar di wilayah Baekje, tinggal dua saja pagoda batu peninggalan era Kerajaan Baekje.

5. Seodongyo Theme Park

7 Wisata ala Bangsawan di Chungcheong Korea Selatan, Tanah Para Rajaenglish.visitkorea.or.kr

Sama seperti Baekje Cultural Land, taman hiburan bersejarah ini memamerkan penampakan bangunan masyarakat hingga para bangsawan selama masa Kerajaan Baekje dan Silla yang meliputi tempat tinggal raja, paviliun perjamuan makan para bangsawan, desa para bangsawan, dan desa rakyat.

Merogoh kocek sekitar Rp12-24 ribu untuk biaya masuk, jangan menyiakan kesempatan untuk melalukan kegiatan yang seru seperti jegichagi, membuat kalung, bermain ayunan, hingga menggunakan kostum hanbok bangsawan atau rakyat.

6. Nakhwaam

7 Wisata ala Bangsawan di Chungcheong Korea Selatan, Tanah Para Rajabuyeo.go.kr

Menghadap ke luasnya Sungai Baengmagang, Nakhwaam punya legenda sedih hingga mengharukan para wanita istana Kerajaan Baekje yang melompat dari ketinggian Nakhwaam untuk bunuh diri ketika Kerajaan Baekje kalah dalam perang. Hal itu ditunjukkan sebagai bukti kesetiaan wanita Baekje terhadap raja. Nakhwaam sendiri berupa tebing batu. Lokasinya cukup terjal, jadi harus hati-hati ketika hendak ke sini ya.

7. Gongsanseong Fortress

7 Wisata ala Bangsawan di Chungcheong Korea Selatan, Tanah Para Rajakorea.net

Selain Busanseong Fortress, kamu wajib singgah pula ke Gongsanseong Fotress yang terletak di wilayah Gongju. Punya panggilan lain Gongju Fortress, benteng ini pernah melayani Kerajaan Baekje pada tahun 475-538 M.

Busanseong Fortress punya istana yang indah di dalamnya. Paling memikat hati ketika berkunjung ke Gongsanseong Fortress ialah panorama alam nan cantik Sungai Geumgang yang berpadu dengan kota Gongju dan makam-makam para raja.

Membayangkan saja, seperti kita sedang ada dalam era Baekje ya? Nah, jika kamu berlibur ke Chungcheong, jangan lewatkan tujuh wisata tadi yang membuatmu serasa bangsawan. Bisa nostalgia juga dengan drama-drama sageuk Korea yang pernah menjadikan salah satu wisata di sini sebagai lokasi syuting. Masukan ke daftar kunjunganmu sekarang juga, ya!

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Terkeren di Korea Selatan, Instagramable Abis! 

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You