Comscore Tracker

5 Destinasi Pantai di Jogja dengan Pasir Putih, Berasa di Bali! 

Gak perlu jauh-jauh ke Bali ya kan? #LokalIDN   

Akhir tahun memang waktunya semua anggota keluarga akan berkumpul memenuhi rasa kangennya, walaupun bakalan berbeda dengan tahun lalu karena pandemik. Destinasi wisata semua penjuru pasti ramai karena menjadi solusi tempat untuk melepas rasa rindu yang sudah lama terpendam, apalagi Yogyakarta nih.

Pesona destinasi wisata Yogyakarta memang tiada habisnya, semuanya indah dan menggoda mata ya. Terlebih destinasi pantai selatan Jawa, memang sudah jadi objek kunjungan wajib setiap liburan akhir pekan ataupun akhir tahun. Puluhan pantai di Jogja memang indah dan memiliki pesisir yang bisa kamu nikmatin sambil bermain ombak.

Dari semua itu, ada beberapa wisata pantai di Yogyakarta yang indah dan memiliki hamparan pasir putih yang menyilaukan mata nih. Bisa kamu nikmati sekadar untuk bermain ombak atau buat potret kenanganmu disini. Dijamin view potretmu tambah indah deh!

1. Pantai Pok Tunggal 

5 Destinasi Pantai di Jogja dengan Pasir Putih, Berasa di Bali! instagram/@pok_tunggal

Merupakan pantai yang berada di Desa Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Kamu memerlukan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota. Tapi tenang saja, karena sampai di pantai kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pantai dengan ombak yang tenang dan hamparan pasir putih yang bakal memanjakanmu.

Walaupun jarak tempuh yang panjang, kamu bisa menikmati nyamannya Pantai Pok Tunggal dan sekalian saja berkunjung ke Pantai Indrayanti dan Pantai Siung yang tak jauh dari panti tersebut. Tak hanya bisa menikmati indahnya hamparan Pantai Pok Tunggal, kamu juga bisa camping, bermain ombak di tepi, dan bahkan kamu juga bisa snorkling juga lho. Lengkap kan!

2. Pantai Indrayanti 

5 Destinasi Pantai di Jogja dengan Pasir Putih, Berasa di Bali! instagram/@pantai_indrayanti

Tak jauh dari pantai sebelumnya atau Pantai Pok Tunggal. Pantai Indrayanti menyuguhkan hamparan putihnya pasir yang dihiasi dengan birunya lautan. Tak hanya itu saja, di Pantai Indrayanti ini juga dihiasi bukit karang yang elok dan memanjakan mata.

Jika kamu berani melawan rasa takutmu, kamu bisa memanjat tebing-tebing untuk menikmati jernihnya hamparan lautan dari atas tebing. Sambil menikmati lautan lepas, kamu juga bisa menyantap aneka kuliner seafood yang berada di pinggiran pantai. Selain itu disana juga banyak wahana permainan, seperti banana boat dan jet ski yang menguji mental kuatmu.

Baca Juga: 5 Objek Wisata Pantai di Gunung Kidul Jarang Diketahui, Ingin Coba?

3. Pantai Wediombo 

5 Destinasi Pantai di Jogja dengan Pasir Putih, Berasa di Bali! instagram/@konkrite.photography

Pantai ini terletak lebih jauh daripada pantai lain di Jogja, yakni sekitar 2,5 jam dari pusat Kota Jogja. Tapi tenang saja, karena kamu bakalan disuguhkan keelokan pantai Wediombo yang tak kalah dari indahnya pantai di Bali. Pantai ini terletak di kawasan Jepitu, Girisubo, Gunungkidul.

Pantai ini menjadi incaran wisatawan mancanegara juga karena lokasinya yang terkenal dengan hamparan batu karang yang elok dan air pantai yang sangat jernih. Selain kamu bisa berfoto dengan latar batuan karang dan hamparan laut yang biru, kamu juga bisa menikmati olahan seafood sambil camping dan menikmati senja di atas lautan karang. Karena minimnya hamparan pasir yang tersisa, kamu harus ekstra hati-hati dalam memilih tempat untuk bermain air ya.

4. Pantai Ngrenehan 

5 Destinasi Pantai di Jogja dengan Pasir Putih, Berasa di Bali! instagram/@pantai_ngrenehan

Memerlukan jarak tempuh sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Jogja, kamu akan disuguhkan uniknya pantai di sini. Tak hanya bisa bermain ombak dan melihat hamparan birunya laut saja, kamu juga bisa menyaksikan secara langsung lalu lintas para nelayan yang pergi dan pulang untuk mencari buruan ikan. Bahkan karena banyaknya nelayan di pesisir, Pantai Ngrenehan juga mendapat julukan sebagai Pantai Nelayan.

Pantai ini juga unik karena diapit oleh dua bukit karang yang kokoh menjorok ke laut. Alhasil dengan keberadaan bukit tersebut bisa menghalangi ombak besar agar tidak menghempas langsung ke tepian pantai. Jika kamu ingin membawa oleh-oleh, kamu bisa membeli olahan ikan ataupun ikan mentah yang sudah tersedia di jajaran warung dekat pintu masuk.

5. Pantai Sepanjang 

5 Destinasi Pantai di Jogja dengan Pasir Putih, Berasa di Bali! instagram/@pantaisepanjang

Inilah surganya Kota Jogja. Pantai yang berjarak 2 jam dari pusat Kota Jogja ini tepatnya terletak di Ngalos, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul. Pantai ini mirip dengan pantai di Bali, karena kamu disini disuguhkan dengan hamparan pasir putih yang luas dan pastinya butiran pasir yang sangat halus.

Pantai ini menjadi salah satu destinasi idola wisatawan manca ataupun lokal, karena terkenal dengan ombaknya yang kecil dan hamparan pasir putih lembut yang luas. Kamu juga bisa menyantap aneka santapan laut di rumah makan yang berjajar disana ataupun hanya menikmati indahnya pantai dengan berburu binatang laut di hamparan pasir. Kamu juga bisa menikmati syahdunya malam di pantai dengan camping disini juga lho. Lengkap kan!

Semua pantai di Jogja indah dan tampak syahdu kan. Apalagi dengan hamparan pasir yang sangat luas, jadi berniat pindah rumah di sini kan, Guys. Dari semua tadi, yang mana yang ingin kamu kunjungi?

Baca Juga: 5 Pantai di Gunung Kidul Jogja Paling Oke buat Camping, Sudah Tahu?

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

Seekor kupu yg sedang bermetamorfosa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya