Comscore Tracker

Pantai Tanjung Pendam Belitung: Info Lokasi, Harga, dan Tips

Suasana ketika sunset begitu membius!

Penggemar film Laskar Pelangi pasti sudah tak asing dengan Pantai Tanjumg Tinggi yang ada di Bangka Belitung. Namun, apakah kamu tahu kalau di sana juga terdapat pantai indah bernama Tanjung Pendam?

Lokasi Pantai Tanjung Pendam tak jauh dari pusat Kota Belitung. Pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, lho. Tak heran bila pantai ini ramai dijadikan tujuan wisata warga sekitar saat akhir pekan.

Nah, kalau kamu sedang berlibur ke Bangka Belitung, tak ada salahnya berlibur ke Pantai Tanjung Pendam dengan mengetahui informasi wisata berikut ini. Pesona sunset-nya begitu membius!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Pantai Tanjung Pendam Belitung: Info Lokasi, Harga, dan TipsPantai Tanjung Pendam (instagram.com/rkristiantiaryo)

Lokasi: Jalan Kemuning Parit Tanjung Pandan, Belitung, Bangka Belitung

Jam operasional: mulai pukul 08.00-23.00 WIB 

Harga: Rp3.000

2. Rute menuju Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam Belitung: Info Lokasi, Harga, dan TipsPantai Tanjung Pendam (instagram.com/chuhonghong)

Pantai Tanjung Pendam berada di Tanjung Pandan, Bangka Belitung. Letak pantai ini berada tak jauh dari pusat Kota Belitung. \

Perjalanan yang harus ditempuh menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota adalah sekitar 10 menit. Bila berangkat dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin, perjalanan yang harus ditempuh sekitar 25 menit.

Permukaan jalan menuju Pantai Tanjung Pendam cukup bagus, kok. Di sekitar pantai juga dilengkapi jalan setapak untuk memudahkanmu mencapai lokasi pantai. 

3. Fasilitas yang ada di Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam Belitung: Info Lokasi, Harga, dan TipsPantai Tanjung Pendam (instagram.com/chandramasti)

Fasilitas yang tersedia di Pantai Tanjung Pendam cukup lengkap, lho. Fasilitas utama, seperti mushola, toilet dan jogging track, sudah ada. Selain itu, ada taman bermain yang disediakan gratis bagi anak-anak yang datang berkunjung atau piknik.

Selain, itu terdapat warung makan atau kedai dan toko suvenir di sekitar pantai yang bisa disinggahi wisatawan untuk mencicipi kuliner khas Bangka Belitung. Mereka pun bisa berburu pernak-pernik asli Pulau Laskar Pelangi tersebut. 

Baca Juga: 5 Wisata Alam di Bangka Belitung, Punya Nuansa Eksotis Memesona

4. Aktivitas seru yang bisa dilakukan di sana

Pantai Tanjung Pendam Belitung: Info Lokasi, Harga, dan TipsPantai Tanjung Pendam (instagram.com/rikardo.doni)

Meski tak sepopuler Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Pendam dikenal memiliki panorama indah dan serta banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sana. Berikut beberapa rekomendasi aktivitas seru di sana.

  • Menikmati sunset

Pantai Tanjung Pendam dikenal sebagai tempat favorit warga untuk berburu sunset atau sunrise. Airnya yang tenang serta tak banyak karang membuat pemandangan sunset/sunrise terlihat jelas bak lukisan.

  • Berburu foto

Berlibur di Tanjung Pendam tak lengkap bila tanpa berfoto. Sebab, lanskap alamnya indah dan menawan, terutama saat air pasang.

Dari sini kamu juga bisa melihat Pulau kecil bernama Kalamoa yang ada di tengah pantai ini. Saat air surut, pengunjung juga bisa melihat kepiting kecil yang berlarian di atas luasnya pasir Pantai Tanjung Pendam. 

  • Berolahraga dan bersantai

Karena terdapat jogging track, kamu bisa berolahraga sambil menikmati pemandangan indah Pantai Tanjung Pendam. Setelah lelah berolahraga, kamu bisa bersantai duduk di pinggir pantai.

  • Melihat pertunjukkan di panggung terbuka

Pantai Tanjung Pendam memiliki area luas terbuka yang biasa digunakan masyarakat sekitar untuk pertunjukkan musik maupun pementasan seni budaya. Namun, pertunjukkan ini tak bisa dinikmati setiap hari, karena hanya ada saat hari tertentu saja.

5. Tips liburan di Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam Belitung: Info Lokasi, Harga, dan TipsPantai Tanjung Pendam (instagram.com/dikkisgetaway)

Punya banyak spot sunset indah, waktu terbaik berkunjung ke pantai ini saat sore hari. Selain sunset, kamu juga bisa mengabadikan sunrise indah dengan latar kapal nelayan di bawahnya saat pagi hari.

Waktu lain yang tepat saat ke sini adalah saat cuaca cerah karena kamu bisa menikmati pemandangan pantai dengan nyaman. Selain itu jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan, ya!

Punya ombak yang kecil dan pasir putih, suasana Pantai Tanjung Pendam cukup tenang. Apalagi sunset-nya yang begitu indah di sore hari bikin kamu ingin berlama-lama ada di sana. Jangan ragu memasukkan Pantai Tanjung Pendam ke dalam bucket list liburanmu ya!

Baca Juga: 5 Pantai yang Punya Tepi Bebatuan Alam, Bangka Belitung Paling Banyak!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya