Comscore Tracker

5 Air Terjun di Kabupaten Kendal yang Wajib Dikunjungi, Bikin Betah!

Surga tersembunyi di kota Santri #LokalIDN

Air terjun atau curug menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Hal tersebut dikarenakan curug menawarkan pemandangan yang masih asri dan alami, membuat siapa saja betah berada di sekitarnya.

Salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki objek wisata curug terbaik adalah kabupaten Kendal atau yang dikenal juga sebagai Kota Santri. Lantas di mana saja letak air terjun tersebut? Yuk simak uraiannya berikut ini.

1. Curug Sewu Sukorejo

5 Air Terjun di Kabupaten Kendal yang Wajib Dikunjungi, Bikin Betah!instagram.com/kisahkelana

Curug Sewu Sukorejo memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan bentuk yang berundak-undak. Udara di sekitar air terjun terasa sejuk dan segar karena terletak di ketinggian 650 mdpl dan dikelilingi oleh hutan.

Selain air terjun, beberapa spot menarik yang ada di sini meliputi Munthuk Jambe yang merupakan gardu pandang untuk melihat panorama air terjun, monumen Vespa raksasa, dan taman bermain anak yang dilengkapi dengan berbagai wahana permainan mulai dari ayunan hingga kereta mini.

Lokasi: Jalan Sri Wedari, Curug, Curugsewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

2. Curug Panglebur Gongso

5 Air Terjun di Kabupaten Kendal yang Wajib Dikunjungi, Bikin Betah!instagram.com/explorekendal

Menyajikan keindahan alam yang tiada duanya dan sikap penduduk setempat yang ramah terhadap wisatawan menjadikan curug Panglebur Gongso memiliki banyak pengunjung. Air terjun yang dikenal juga dengan nama curug Gonso ini memiliki ketinggian kurang lebih 7 meter. Tepat di bawahnya terdapat kolam yang bisa digunakan untuk mandi atau berenang.

Airnya berwarna jernih, bersih, dan dingin. Kesegarannya mampu membuat rasa lelah berangsur hilang. Di sekitar air terjun juga terdapat hamparan sawah hijau milik penduduk yang memberikan suasana khas pedesaan yang asri.

Lokasi: Area Kebun, Gondang, Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Kendal Paling Diminati, Harga Terjangkau!

3. Curug Citro Arum

5 Air Terjun di Kabupaten Kendal yang Wajib Dikunjungi, Bikin Betah!instagram.com/kurniawanjalanjalan

Curug Citro Arum memiliki ketinggian 100 meter. Dikelilingi oleh pepohonan dan hutan menjadikan suasana di sekitar air terjun sangat asri dan udaranya juga sejuk. Terlebih lagi curug Citro Arum belum banyak disentuh oleh tangan-tangan manusia.

Adanya dinding batu yang kokoh di belakang air terjun semakin mempercantik panoramanya. Curug Citro Arum memiliki aliran air terjun yang tidak terlalu deras. Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi oleh kamu yang menyukai aktivitas menantang adrenalin.

Lokasi: Area Hutan, Pakis, Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

4. Curug Jurang

5 Air Terjun di Kabupaten Kendal yang Wajib Dikunjungi, Bikin Betah!instagram.com/explorekendal

Pemandangan di curug Jurang masih alami dan asri. Hal tersebut dikarenakan belum banyak orang yang mengetahui lokasi air terjun ini.

Curug Jurang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Akses jalan menuju ke tempat ini tergolong sulit dan berbahaya dengan tebing curam dan licin. Belum lagi kamu harus menyusuri sungai sedalam 50 centimeter. Jadi, jika ingin datang ke sini kamu harus berhati-hati ya.

Lokasi: Getas, Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 

5. Curug Glawe

5 Air Terjun di Kabupaten Kendal yang Wajib Dikunjungi, Bikin Betah!instagram.com/explorekendal

Dibandingkan curug yang lain, curug Glawe memiliki bentuk aliran air yang melebar dan bertingkat dua dengan ketinggian sekitar 40 meter. Airnya mengalir pada sebuah tebing bebatuan yang lebar.

Keindahan curug masih alami karena belum banyak memiliki pengunjung. Di bawah air terjun terdapat kolam dengan kedalaman 1,5 meter yang kerap digunakan untuk tempat mandi atau berenang. Airnya jernih dan menyegarkan.

Lokasi: Cening Kidul, Cening, Singorojo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

Nah, itulah air terjun di Kendal yang populer dengan keindahan pemandangannya. Kamu tertarik ke sini?

Baca Juga: 5 Air Terjun di Pekalongan Ini Jarang Diketahui, Indah Banget!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya