Comscore Tracker

5 Oleh-oleh Khas Gunung Mas yang Dijamin Ingin Borong Semuanya

Apa saja kuliner menarik dari Gunung Mas? #LokalIDN

Gunung Mas merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Tengah dengan Kuala Kurun sebagai pusat pemerintahannya. Kabupaten yang mayoritas penduduknya berasal dari suku Dayak ini begitu populer di kalangan wisatawan lantaran memiliki pemandangan alam yang menakjubkan.

Jika kamu berkesempatan menjelajahi kawasan Gunung Mas jangan lupa pula untuk membeli beragam oleh-oleh khasnya yang unik dan populer seperti berikut ini ya. Yuk cari tahu!

1. Kecapi

5 Oleh-oleh Khas Gunung Mas yang Dijamin Ingin Borong Semuanyakecapi (instagram.com/tarawangsa)

Kecapi merupakan alat musik khas Kalimantan yang terbuat dari kayu pohon hanjalulung dan memiliki bentuk seperti burung enggang. Sebagai informasi, burung enggang adalah hewan yang dianggap sakral oleh suku Dayak.

Kecapi biasanya dimainkan untuk mengiringi tarian dan lagu-lagu tradisional Kalimantan Tengah saat acara menyambut tamu kehormatan.

2. Sipet

5 Oleh-oleh Khas Gunung Mas yang Dijamin Ingin Borong Semuanyasipet (instagram.com/kulisemoks)

Sipet merupakan senjata tradisional masyarakat Dayak yang terbuat dari kayu ulin yang diberi lubang hingga menyerupai pipa. Pada bagian ujung depan dipasang besi sedangkan pada bagian ujung bawahnya diberi mata tombak. Sementara itu pada sisi atas diberi alat bantu tambahan yang berfungsi untuk membidik sasaran.

Agar semakin kuat dan tampak rapi, komponen-komponen tersebut direkatkan pada kayu ulin menggunakan rotan yang sebelumnya telah dianyam.

Baca Juga: 7 Buah Tangan Khas Kalimantan Selatan yang Unik dan Menarik, Yuk Coba!

3. Akar kuning

5 Oleh-oleh Khas Gunung Mas yang Dijamin Ingin Borong Semuanyaakar kuning (instagram.com/tehbajakahkalimantan)

Akar kuning merupakan tanaman asli Kalimantan yang cukup populer untuk dijadikan sebagai oleh-oleh karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah dapat memperbaiki fungsi hati, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan hepatitis, menyembuhkan penyakit kuning, diabetes, anti malaria, dan anti kanker.

Cara mengonsumsi akar kuning sangat mudah, yaitu dengan merebusnya menggunakan air selama kurang lebih 15 menit. Setelah dingin, saring airnya dan langsung diminum.

Selain itu akar kuning juga bisa dijadikan sebagai obat luar. Caranya akar kuning ditumbuk hingga halus kemudian tambahkan sedikit garam lalu balurkan pada bagian yang sakit.

4. Buah kangkala

5 Oleh-oleh Khas Gunung Mas yang Dijamin Ingin Borong Semuanyabuah kangkala (instagram.com/bungaswedangdayak)

Buah kangkala memiliki cita rasa yang gurih. Cara mengolah buah ini juga sangat mudah dan cukup unik, yaitu dengan disiram menggunakan air panas saja.

Buah kangkala biasanya dihidangkan bersama dengan bawang merah, bawang putih, dan sedikit garam. Bisa juga dipenyet dengan cabai, terasi, dan sedikit air. Buah ini sangat cocok dijadikan sebagai teman makan nasi.

5. Buah salak hutan

5 Oleh-oleh Khas Gunung Mas yang Dijamin Ingin Borong Semuanyabuah salak hutan (instagram.com/yayasan_palung)

Buah salak hutan memiliki kulit bersisik seperti salak pada umumnya. Hanya bentuknya saja yang berbeda dan warnanya pun lebih merah dengan rasa manis yang sedikit asam. Buah salak hutan ukurannya kecil, diameternya hanya sekitar 3 hingga 5 sentimeter.

Nah, itulah beberapa oleh-oleh khas Gunung Mas yang bisa kamu beli saat berkunjung ke sana. Jangan lupa beli saat main ke Gunung Mas ya!

Baca Juga: 5 Kuliner Kesultanan di Kalimantan yang Masih Eksis Hingga Sekarang 

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya