Comscore Tracker

7 Pantai Hits di Sumenep yang Wajib Masuk Daftar Liburan Kamu

#ANGPOIN Surga tersembunyi di Jawa Timur

Sumenep, kabupaten yang terletak di Madura, Jawa Timur dikenal sebagai rumah bagi banyaknya pantai cantik dan eksotis. Dengan ombak yang tidak terlalu besar serta hamparan pasir pantai yang luas gak kalah kerennya dari pantai-pantai yang ada di Bali maupun Hawaii. 

Nah, di bawah ini sudah terdapat tujuh rekomendasi pantai paling hits di Sumenep yang wajib masuk bucket list kamu. 

1. Pantai Lombang

7 Pantai Hits di Sumenep yang Wajib Masuk Daftar Liburan Kamuinstagram.com/photomadura

Pantai Lombang yang sangat terkenal ini lokasinya ada di di Area Kebun, Lombang, Batang, kabupaten Sumenep, Jawa Timur atau lebih tepatnya 30 kilometer dari pusat Sumenep dan memiliki akses jalan yang bisa dengan mudah dilalui oleh kendaraan.

Pantai Lombang memiliki pasir yang berwarna kecokelatan. Pemandangan pantai yang sangat indah mampu membuat banyak mata terpana. Sejauh mata memandang tampak pohon cemara berderet dengan sangat rapi di pinggir pantai yang semakin menambah keeksotisan pantai Lombang. 

2. Pantai Sembilan

7 Pantai Hits di Sumenep yang Wajib Masuk Daftar Liburan Kamuinstagram.com/pantai_sembilan

Indah adalah kata yang paling tepat untuk mendeskripsikan pantai yang terletak di jalan Raya Bringsang, Bringsang, Giligenteng, kabupaten Sumenep, Jawa Timur ini. Keberadaan pantai Sembilan sangat populer di Sumenep dan menjadi destinasi wisata favorit penduduk Sumenep dan sekitarnya. 

Pantai Sembilan sangat terjaga akan kebersihannya. Beberapa fasilitas umum yang ada juga tertata dengan sangat rapi. Selain berenang dan duduk santai sembari menikmati keindahan pantai Sembilan, menaiki ATV menyusuri pasir pantai juga menjadi kegiatan favorit para pengunjung.

3. Pantai Badur

7 Pantai Hits di Sumenep yang Wajib Masuk Daftar Liburan Kamuinstagram/r_deni_kurniawan

Suasana tenang dan alami akan langsung terasa begitu wisatawan tiba di pantai Badur yang terletak di desa Sergang, Batu Putih, Sumenep ini. Memiliki pemandangan yang kelewat eksotis membuat banyak orang berbondong-bondong mendatangi pantai Badur untuk melakukan aktivitas fotografi. Hasil foto dengan latar belakang pantai Badur memang tidak pernah mengecewakan. 

Pantai Badur bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit saja dari pusat kota. Menyajikan keindahan panorama yang tiada duanya, pantai Badur tampak tidak pernah sepi pengunjung. 

Baca Juga: 5 Wisata Madura yang Sedang Hits dan Wajib Dikunjungi

4. Pantai Slopeng

7 Pantai Hits di Sumenep yang Wajib Masuk Daftar Liburan Kamuinstagram.com/photomadura

Pantai Slopeng beralamat di jalan Raya Ambuten nomor 34, Trebun Ghetteng, Sema’an, Dasuk, Sumenep Regency, Jawa Timur. Memiliki pasir putih yang membentang seluas 6 kilometer, pantai Slopeng menjadi salah satu destinasi favorit bagi penduduk Sumenep. 

Di pesisir pantai para wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan pohon cemara udang yang berbaris rapi. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai Slopeng adalah sore menjelang malam hari ketika sunset tiba.

Pantai Slopeng juga dilengkapi dengan fasilitas bermain yang ramah untuk anak-anak sehingga wisatawan bisa berkunjung ke pantai ini dengan memboyong seluruh keluarga besarnya. 

5. Pantai Ropet

7 Pantai Hits di Sumenep yang Wajib Masuk Daftar Liburan Kamuinstagram.com/sumenephits

Keindahan dan keeksotisan pantai Ropet yang terletak di Gili Iyang, Banraas, Dungkek, Sumenep memang tidak perlu diragukan lagi. Pantai Ropet tidak memiliki pasir. Wilayahnya didominasi oleh terumbu karang. 

Pantai Ropet diapit oleh dua tebing yang sangat curam. Air laut di pantai Ropet sangat jernih sehingga cocok digunakan untuk snorkeling maupun diving. Selain menambah indahnya panorama pantai Ropet, adanya pohon kelapa di pinggir pantai juga semakin menambah sejuk suasana.

6. Pantai Ponjuk

7 Pantai Hits di Sumenep yang Wajib Masuk Daftar Liburan Kamuinstagram.com/wearesumenep

Terletak di ujung timur pulau Madura atau tepatnya di Tanjung Padike, Sumur Asin, Talango, Sumenep, pantai Ponjuk cocok dikunjungi oleh wisatawan yang menyukai ketenangan. Pantai Ponjuk memiliki deburan ombak yang cukup kencang yang saling membentur batu-batuan besar berupa tebing. 

Di sekitar pantai Ponjuk kamu akan dengan mudah menemukan banyak pohon siwalan yang tumbuh dengan subur. Belum selesai sampai di situ, bergeser sedikit ke Gili Labak para wisatawan akan menemukan keindahan alam bawah laut yang sangat mengagumkan. 

7. Pantai Batu Sulung

7 Pantai Hits di Sumenep yang Wajib Masuk Daftar Liburan Kamuinstagram.com/bintankkuleo

Berlokasi di desa Blajut, Karduluk, Pragaan, Sumenep, pantai Batu Sulung bisa dikatakan cukup unik. Pasalnya tidak seperti pantai pada umumnya yang memiliki hamparan pasir, di pantai Batu Sulung wisatawan hanya akan melihat banyaknya bebatuan. Jadi, wisatawan yang hendak mengunjungi pantai Batu Sulung sangat disarankan untuk menggunakan alas kaki. 

Meskipun begitu, keindahan pantai Batu Sulung tetap sangat memikat dan memesona untuk dinikmati. Apalagi pantai ini belum terlalu banyak memiliki pengunjung jika dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Sumenep.

Tentu saja hal tersebut membuat pantai Batu Sulung cocok didatangi oleh wisatawan yang menyukai tempat-tempat yang tenang dan sunyi.

Keindahan pantai-pantai tersebut sering kali disebut-sebut sebagai surga yang tersembunyi di Jawa Timur. Menurutmu, pantai apa yang pertama harus dikunjungi? 

Baca Juga: 10 Makanan Khas Madura yang Enak, Semuanya Bikin Ngiler

Sinta Listiyana Photo Community Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You