Comscore Tracker

5 Tempat Wisata Seru di Bukhara-Uzbekistan, Sarat Budaya dan Sejarah 

Bisa jadi referensi liburan saat pandemi ini usai

Bukhara merupakan salah satu kota di Uzbekistan yang tak kalah populer dari Samarkand. Dalam bahasa Uzbekistan, kota ini dikenal dengan nama buxoro yang berarti biara. Hal tersebut mencerminkan makna religiusnya yang sepanjang sejarahnya.

Untuk lebih mengenal Kota Bukhara, berikut ini rekomendasi lima tempat wisata yang wajib kamu kunjungi.

1. Bolo Khauz Mosque

5 Tempat Wisata Seru di Bukhara-Uzbekistan, Sarat Budaya dan Sejarah Bolo Khauz Mosque (instagram.com/baxtiyor_abdurashidov)

Bolo Khauz Mosque dibangun pada tahun 1917 atau tepatnya saat kepemimpinan Emir Bukharian terakhir. Di beranda masjid berdiri dua puluh buah pilar kayu. Tepat di depan masjid juga terdapat kolam dengan air yang sangat jernih sehingga dapat memantulkan 20 pilar tadi maka jumlahnya pun seolah menjadi 40 buah pilar.

2. Ark of Bukhara

5 Tempat Wisata Seru di Bukhara-Uzbekistan, Sarat Budaya dan Sejarah Ark of Bukhara (instagram.com/owilybug)

Dibangun sejak abad ke-5, Ark of Bukhara merupakan benteng yang menjadi simbol kekuatan Bukhara selama ribuan tahun. Gerbangnya dibuat pada abad ke-18 dengan teras yang kerap digunakan oleh keluarga kerajaan untuk menyaksikan acara publik. Sedangkan alun-alun berasal dari abad ke-12 yang biasanya digunakan sebagai tempat bazar.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Populer di Tashkent-Uzbekistan, Liburan Jadi Berkesan!

3. Samanid Mausoleum

5 Tempat Wisata Seru di Bukhara-Uzbekistan, Sarat Budaya dan Sejarah Samanid Mausoleum (instagram.com/historyofartarchitecture)

Dibangun pada abad ke-10, Samanid Mausoleum merupakan bangunan di Asia Tengah yang memiliki arsitektur unik dan kaya dengan nilai-nilai budaya. Di tempat ini terdapat makam Ismail Somoni yang merupakan tokoh penting di dunia pendidikan, seni, dan sains. Gaya arsitektur bangunannya merupakan perpaduan seni bata dekoratif lokal dan Islam.

Konon pada abad ke-12 Samanid Mausoleum pernah tertimbun lumpur dan pasir. Kemudian pada tahun 1930-an makam ini digali kembali.

Menurut kepercayaan penduduk setempat, jika kita mengelilingi mausoleum sebanyak 3 kali, maka diyakini impian kita akan terwujud.

4. Lyabi Hauz

5 Tempat Wisata Seru di Bukhara-Uzbekistan, Sarat Budaya dan Sejarah Lyabi Hauz (instagram.com/m.o.franchuk)

Lyabi Hauz merupakan salah satu dari ratusan kolam yang ada pada abad pertengahan. Karena lokasinya di pinggir Gurun Kyzylkum maka airnya tak terlalu banyak. Pohon murbei banyak ditanam di daerah ini.

Setelah menyusuri Lyabi Hauz kamu dapat duduk santai di bangku yang disediakan di sini sembari menikmati pemandangan sekitar.

5. Kalyan Minaret

5 Tempat Wisata Seru di Bukhara-Uzbekistan, Sarat Budaya dan Sejarah Kalyan Minaret (instagram.com/samarpak)

Dibangun pada tahun 1127 oleh Dinasti Karakhanid Turki, Kalyan Minaret memiliki ketinggian sekitar 48 meter. Menara ini didekorasi dengan batu bata terakota yang memberikan struktur garis-garis yang khas.

Menara ini berfungsi sebagai mercusuar dan menara pengawas. Sedangkan untuk azan banyak orang yang masih memperdebatkannya.

Kekayaan sejarah dan budaya Kota Bukhara dapat kamu lihat pada tempat wisatanya yang memukau. Jangan lupa memasukkannya ke dalam list liburan saat kamu berkunjung ke Uzbekistan suatu hari nanti ya.

Baca Juga: 9 Kuliner Khas Uzbekistan yang Jadi Incaran Wisatawan, Menggiurkan!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya