Comscore Tracker

7 Wisata Pantai Terindah di Gresik-Jatim untuk Liburan Akhir Pekan

Pesonanya bikin ogah pulang, ih!

Berada di Provinsi Jawa Timur, Gresik dikenal sebagai Kota Industri. Meski namanya tak sepopuler kota-kota besar lain di provinsi ini, Gresik memiliki banyak tempat wisata dengan pemandangan memesona, salah satunya pantai.
 
Bahkan, beberapa pantai di Gresik dapat dikunjungi secara gratis, lho. Penasaran apa saja? Yuk, simak rekomendasinya sebagai destinasi liburanmu sebagai berikut!

1. Pantai Mayangkara

7 Wisata Pantai Terindah di Gresik-Jatim untuk Liburan Akhir Pekanpotret Pantai Mayangkara (instagram.com/gresiktourism)

Keindahan Pantai Mayangkara terletak pada hamparan pasir pantai berwarna putih yang berpadu dengan air laut jernih berwarna biru kehijauan. Begitu tiba di lokasi, kamu akan disambut dengan angin sepoi-sepoi khas pantai yang menyejukkan.

Sedangkan, rimbunnya pepohonan hijau di sekeliling pantai dapat melindungimu dari cuaca panas yang menyengat kulit.

Lokasi: Desa Kepuhteluk, Kecamatan Tambak, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Jam operasional: 24 jam.

Tiket masuk: gratis.

2. Pantai Kuburan Panjang

7 Wisata Pantai Terindah di Gresik-Jatim untuk Liburan Akhir Pekanpotret Pantai Kuburan Panjang (instagram.com/gresiktourism)

Sebagian orang menganggap nama pantai ini terdengar menakutkan, dan sebagian lainnya menganggap unik. Dinamakan Pantai Kuburan Panjang karena di sini terdapat kuburan berukuran panjang yang diyakini sebagai makam pengawal Aji Saka yang ada di Bawean.

Masyarakat setempat menganggap kuburan tersebut masih sakral, karena terkadang masih banyak orang yang berziarah hanya pada waktu-waktu tertentu saja.

Meskipun begitu pemandangan pantai ini tak kalah mempesona dari pantai lain di Gresik. Pantai ini juga memiliki garis pantai unik dengan karakteristik ombak yang berbeda.

Di satu sisi Pantai Kuburan Panjang memiliki ombak yang tenang, tetapi di sisi lainnya memiliki ombak yang kuat dan gelombangnya tinggi.

Lokasi: Desa Lebak, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Jam operasional: 24 jam.

Tiket masuk: gratis.

3. Pantai Labuhan

7 Wisata Pantai Terindah di Gresik-Jatim untuk Liburan Akhir Pekanpotret Pantai Labuhan (instagram.com/kemassrizal)

Pantai Labuhan menjadi salah satu pantai di Gresik yang masih jarang dikunjungi. Padahal panoramanya sangat eksotis.

Hamparan pasir pantainya berwarna putih yang terbentang luas, kamu juga bisa menjadikannya sebagai tempat untuk bermain voli maupun sekadar piknik bersama keluarga.

Lokasi: Bawean, Sungairujing, Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Jam operasional: 24 jam.

Tiket masuk: gratis.

Baca Juga: 7 Wisata Hidden Gems Bali Timur, Gak Hanya Wisata Pantai!

4. Pantai Ria

7 Wisata Pantai Terindah di Gresik-Jatim untuk Liburan Akhir Pekanpotret Pantai Ria (instagram.com/mirfansrgr)

Dahulu pantai ini digunakan sebagai tempat para nelayan berkumpul setelah mencari ikan. Suasana ria penuh suka cita pun sangat terasa. Inilah asal mula pantai tersebut dinamakan Pantai Ria.

Berbeda dengan kebanyakan pantai yang ditutupi pasir, di Pantai Ria lebih banyak ditemukan batuan karang berukuran kecil. Namun, inilah daya tarik utama yang membuat banyak wisatawan datang berkunjung.

Lokasi: Dekatagung, Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Jam operasional: 24 jam

Tiket masuk: gratis.

5. Pantai Pulau Cina

7 Wisata Pantai Terindah di Gresik-Jatim untuk Liburan Akhir Pekanpotret Pantai Pulau Cina (instagram.com/pulaubawean_explorer)

Daya tarik utama Pantai Pulau Cina adalah keindahan bawah laut yang dipenuhi dengan bebatuan karang berwarna-warni dan aneka jenis ikan lucu yang dapat wisatawan jelajahi dengan melakukan snorkeling.

Bahkan, beberapa bebatuan karang dapat disaksikan dari atas permukaan, karena air lautnya berwarna biru jernih. Tak hanya biota bawah laut, keindahan Pantai Pulau Cina juga terletak di daratannya.

Pepohonan lebat yang mengelilingi pantai menjadikan pemandangannya semakin menyejukkan mata.

Lokasi: Bawean, Sungairujing, Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Jam operasional: 24 jam.

Tiket masuk: hanya biaya penyeberangan Rp300 ribu per 10 orang.

6. Pantai Delegan

7 Wisata Pantai Terindah di Gresik-Jatim untuk Liburan Akhir Pekanpotret Pantai Delegan (instagram.com/gresiktourism)

Kepopuleran Pantai Delegan tak hanya di kalangan warga Gresik saja, tapi sudah sampai ke kota-kota lain. Pantai ini memiliki air laut berwarna biru kehijauan dengan deburan ombak yang tidak terlalu tinggi. Jadi, sangat aman untuk berenang.

Selain itu, hamparan pasir putihnya pun sangat indah. Wisatawan dapat menyusurinya sekaligus menikmati pemandangan pantai yang memesona dan mengambil foto sebanyak-banyaknya.

Lokasi: Rejodadi, Delegan, Campurejo, Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Jam operasional: 07.00–17.00 WIB.

Tiket masuk: Rp10 ribu

7. Pantai Karang Kering

7 Wisata Pantai Terindah di Gresik-Jatim untuk Liburan Akhir Pekanpotret Pantai Karang Kering (instagram.com/andre_d.j)

Satu lagi pantai di Gresik yang menyuguhkan pemandangan alam sangat indah, yakni Pantai Karang Kering. Kamu akan dimanjakan dengan atraksi ombak yang bergulung-gulung dengan indah di sini.

Sedangkan, pada tepiannya dipenuhi bebatuan karang. Setiap wisatawan disarankan berhati-hati jika ingin menyusuri area pantai. Bagi masyarakat Gresik, Pantai Karang Kering menjadi destinasi wisata primadona yang selalu ramai dikunjungi.

Lokasi: Jalan Kapten Darmo Sugondo, Karang Kering, Karangkering, Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Jam operasional: 24 jam.

Tiket masuk: Rp5.000.

Itulah beberapa rekomendasi pantai yang wajib kamu kunjungi saat berada di Gresik. Setiap pantai di sana menyuguhkan keunikan dan keindahannya masing-masing. Yuk, bergegas buat agenda liburanmu!

Baca Juga: Rekomendasi 9 Wisata di Gresik yang Pas Banget untuk Tempat Healing

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya