Comscore Tracker

5 Wisata Bersejarah di Bengkulu yang Wajib untuk Dikunjungi

Yuk, berwisata sekaligus belajar sejarah Bengkulu

Sejarah Bengkulu yang pernah menjadi daerah jajahan Inggris, Belanda, dan Jepang telah menjadi salah satu daya tarik wisata dari kota yang terletak di pesisir ini. Bangunan-bangunan peninggalan bangsa asing seperti benteng, rumah pengasingan, serta monumen berupa tugu masih dapat ditemukan berdiri di berbagai sudut dari kota Bengkulu.

Kalau kamu sedang berkunjung ke Bengkulu, lima destinasi wisata sejarah berikut ini wajib untuk masuk ke daftar lokasi tujuan wisatamu.

1. Benteng York

5 Wisata Bersejarah di Bengkulu yang Wajib untuk DikunjungiBenteng York (tanujungbungo.com)

Benteng York atau Fort York merupakan salah satu benteng sisa zaman penjajahan yang ada di Bengkulu. Benteng York sendiri diyakini merupakan benteng paling tua yang ada di Bengkulu. Bahkan, bukan hanya menjadi benteng paling tua di Bengkulu. Benteng ini juga dipercaya sebagai benteng pertama yang dibangun oleh bangsa Inggris di Pulau Sumatera. 

Sayangnya, yang tersisa saat ini hanyalah reruntuhan dari kejayaan bangunan Benteng York. Namun, hal ini tentunya tidak akan mengurangi nuansa wisata sejarah saat kamu mengunjungi Benteng York karena bangunan yang tersisa masih terlihat kokoh berdiri meski bentuknya tidak lagi sempurna.  

Lokasi: Kelurahan Pasar Bengkulu, Kecamatan Sungai Serut.

2. Benteng Marlborough 

5 Wisata Bersejarah di Bengkulu yang Wajib untuk DikunjungiBenteng Marlborough (cagarbudaya.kemdikbud.go.id)

Benteng Marlborough merupakan benteng peninggalan bangsa asing lainnya yang ada di Bengkulu. Benteng berbentuk kura-kura yang dibangun oleh Inggris sekitar tahun 1714 ini bahkan masih berdiri kokoh hingga sekarang. Oleh karena itulah hingga saat ini Benteng Marlborough menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kota Bengkulu, khususnya wisata sejarah. 

Hal menarik lain yang membuat kamu harus mengunjungi benteng ini selain dari bangunan serta isinya yang masih berdiri dengan kokoh adalah fasilitas yang tersedia di dalam benteng. Pada ruangan-ruangan yang ada di dalam benteng Marlborough terdapat berbagai informasi mengenai sejarah Bengkulu dan juga Benteng Marlborough. 

Lokasi: Jalan Benteng, Kelurahan Kebun Keling, Kecamatan Teluk Segara.

3. Rumah Pengasingan Bung Karno 

5 Wisata Bersejarah di Bengkulu yang Wajib untuk DikunjungiRumah Pengasingan Bung Karno (cagarbudaya.kemdikbud.go.id)

Bengkulu merupakan salah satu lokasi pengasingan dari presiden pertama Indonesia. Siapa lagi kalau bukan Bung Karno. Masa pengasingan Bung Karno di Bengkulu dimulai sekitar tahun 1938 sampai dengan tahun 1942. Selama menjalani masa pengasingan inilah Bung Karno diberikan rumah sebagai tempat tinggal beliau di Bengkulu. 

Menariknya, rumah peninggalan Bung Karno di Bengkulu ini sampai dengan sekarang pun masih tetap berdiri dengan kokoh. Bahkan, di dalamnya pun terdapat banyak barang-barang peninggalan Bung Karno yang dipamerkan di rumah pengasingan ini. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi kamu yang ingin merasakan dan melihat saksi perjuangan bapak proklamator Indonesia selama berada di Bengkulu. 

Lokasi: Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Gading Cempaka.

Baca Juga: 10 Potret Pantai Padang Betuah Bengkulu, Suguhkan Panorama Epik!

4. Rumah Fatmawati

5 Wisata Bersejarah di Bengkulu yang Wajib untuk DikunjungiRumah Fatmawati (profil.bengkulukota.go.id)

Selain rumah Bung Karno, di Bengkulu juga terdapat rumah dari ibu negara pertama Indonesia yaitu Ibu Fatmawati. Lokasinya pun terletak tidak jauh dari rumah pengasingan Bung Karno. Oleh karena itu, apabila kamu mengunjungi rumah pengasingan Bung Karno maka sempatkanlah juga untuk mengunjungi rumah Ibu Fatmawati. 

Selama berada di dalam rumah Fatmawati ini kamu dapat melihat beberapa barang peninggalan beliau selama ikut berjuang dalam memerdekakan Indonesia. Salah satu hal yang menarik wajib kamu lihat di sini adalah mesin jahit yang dulu pernah digunakan Fatmawati untuk menjahit bendera merah putih. 

Lokasi: Jalan Fatmawati, Kelurahan Penurunan, Kecamatan Ratu Samban.

5. Tugu Thomas Parr

5 Wisata Bersejarah di Bengkulu yang Wajib untuk DikunjungiTugu Thomas Parr (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Lokasi wisata sejarah terakhir yang juga wajib kamu kunjungi apabila sedang berada di Bengkulu adalah Tugu Thomas Parr. Bangunan bersejarah yang masih satu kawasan dengan Benteng Marlborough ini sendiri merupakan bangunan monumental yang dibangun di Bengkulu. 

Tugu Thomas Parr diyakini dibangun untuk memperingati kematian residen East India Company, Thomas Parr, yang tewas dibunuh rakyat Bengkulu. Selain itu, bangunan ini juga merupakan bukti perjuangan rakyat Bengkulu dalam melawan segala bentuk penjajahan. 

Lokasi: Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Malabero, Kecamatan Teluk Segara.

Itulah lima lokasi wisata sejarah yang wajib untuk kamu kunjungi di Bengkulu. Pastinya, kalau kamu berkunjung ke sini selain berwisata kamu juga akan belajar banyak mengenai sejarah Bengkulu. Jadi, destinasi wisata mana nih yang ingin kamu kunjungi duluan?

Baca Juga: 10 Pesona Pantai Nangai Bengkulu, Bikin Semua Mata Terpana

Surya Dharma Photo Writer Surya Dharma

Mahasiswa Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Institut Pertanian Bogor yang tertarik dengan isu-isu terkait sejarah, budaya, masyarakat, serta lingkungan hidup.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya