Comscore Tracker

5 Museum Terunik di Dunia, Ada Museum untuk Orang Patah Hati Lho

Tertarik untuk mengunjunginya? 

Museum merupakan suatu tempat di mana benda-benda bersejarah atau bernilai seni tinggi disimpan dan dirawat. Lazimnya, museum menyimpan patung-patung atau lukisan bersejarah, namun tidak dengan sederet museum unik berikut ini nih.

1. Museum of Broken Relationships

5 Museum Terunik di Dunia, Ada Museum untuk Orang Patah Hati LhoElitedaily.com

Museum of Broken Relationships adalah museum yang didirikan untuk menyimpan benda-benda penuh kenangan dari para pasangan yang telah berpisah. Mereka yang patah hati kemudian mendonasikan benda yang membuat mereka teringat akan mantannya dan menyertakan cerita di balik benda tersebut. 

Ada begitu banyak benda kenangan yang tersimpan di museum ini, mulai dari pakaian, perhiasan, mainan, gambar, makanan, bahkan hingga potongan rambut dan alat-alat dapur. 

Museum of Broken Relationships telah didirikan di 2 tempat, yaitu di Zagreb, Kroasia dan Los Angeles, Amerika Serikat. Museum ini juga telah melakukan pameran di berbagai kota di dunia. Pameran yang tengah berlangsung saat ini berlokasi di Tbilisi, Georgia hingga tanggal 27 Juni 2019 dan akan dilanjutkan dari tanggal 30 Juni - 27 September di Batumi, Georgia. 

Kira-kira kamu mau mendonasikan benda kenangan apa nih dari mantan? 

2. The Mütter Museum

5 Museum Terunik di Dunia, Ada Museum untuk Orang Patah Hati LhoMuttermuseum.org

Terletak di Philadelphia, Amerika Serikat, The Mütter Museum menyimpan koleksi anatomi manusia. Ya, kalian gak salah baca kok. Di museum ini, kalian dapat menemukan berbagai anatomi manusia yang kebanyakan berasal dari abad ke-19 hingga 20, mulai dari tengkorak, organ dalam, bahkan tumor yang diawetkan dalam toples berisi alkohol. 

Tak hanya itu, kalian juga koleksi alat-alat medis dan ratusan model anatomi yang terbuat dari lilin. Jika bersedia, pengunjung juga dapat mendonasikan alat-alat medis, buku, bahkan spesimen biologis pada museum ini. 

Baca Juga: 5 Food Museum yang Bisa Dikunjungi, Pecinta Kuliner Ayo Merapat

3. The International Spy Museum

5 Museum Terunik di Dunia, Ada Museum untuk Orang Patah Hati LhoOhfact.com

Kalian yang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan agen mata-mata (spy) tentu akan tertarik mengunjungi museum yang satu ini. The International Spy Museum yang terletak di Washington ini memiliki beragam koleksi benda-benda tak terduga yang sering digunakan oleh mata-mata. Beberapa di antaranya adalah pistol berbentuk lipstik sampai sepatu dengan mikrofon. 

Namun, salah satu koleksi yang paling menarik perhatian pengunjung adalah Aston Martin DB5, mobil yang dikendarai James Bond dalam film Goldfinger (1964). 

Menariknya lagi, kalian juga dapat bermain peran sebagai 'mata-mata' di museum ini lho. Kalian akan diberikan identitas baru dan mendapatkan misi selayaknya mata-mata sungguhan. Keren banget deh.  

4. Ramen Museum

5 Museum Terunik di Dunia, Ada Museum untuk Orang Patah Hati LhoJapanhoppers.com

Pecinta makanan mungkin akan betah berlama-lama di museum ini. Ramen Museum adalah museum di Yokohama, Jepang, yang menyimpan beragam koleksi ramen, topping ramen, sampai mangkuknya. 

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat merasakan suasana jalanan di Tokyo pada tahun 1958 melalui replika berskala 1:1. Pada tahun itu, popularitas ramen sedang meningkat pesat, sehingga dapat dengan mudah ditemukan di sepanjang jalan. 

5. Cancun Underwater Museum

5 Museum Terunik di Dunia, Ada Museum untuk Orang Patah Hati LhoTheyucatantimes.com

Cancun Underwater Museum yang terletak di Meksiko ini memang merupakan museum yang anti-mainstream banget. Jika hampir semua museum berada di daratan, maka lain halnya dengan Cancun Underwater Museum yang terletak di bawah laut. 

Di museum sedalam 3-6 meter ini, kalian dapat melihat berbagai patung yang terbuat dari clay. Pahatan tersebut juga 'merangkap' sebagai habitat bagi koral dan hewan-hewan laut. Tak hanya patung dan pahatan, kalian juga dapat menemukan sebuah mobil Volkswagen yang tenggelam di museum ini. 

Museum mana yang ingin kalian kunjungi, guys

Baca Juga: 5 Hal Unik Yang Bisa Kalian Temukan di Museum Keris Nusantara

V Hendardy Photo Community Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You