Comscore Tracker

5 Desa Wisata di Jogja yang Menawarkan Berbagai Kegiatan Seru! 

Menanam padi hingga belajar gamelan, ada di sini #LokalIDN

Tinggal atau pun bekerja di daerah perkotaan seringkali membuat banyak orang merasa jenuh dan penat. Jadwal pekerjaan yang padat ditambah dengan lalu lintas yang seringkali macet tentunya membuat stress meningkat.

Untuk menghilangkan kepenatan tersebut, tak ada salahnya untuk mengambil waktu libur sejenak ke daerah pedesaan dengan berbagai pemandangan yang alami dan asri.

Desa wisata pun menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan sekaligus ikut melakukan berbagai kegiatan bersama warga setempat. Selain memiliki berbagai fasilitas yang disediakan, desa wisata cocok untuk dikunjungi bersama keluarga maupun anak-anak.

Untuk kamu yang tertarik untuk berkunjung ke desa wisata khususnya yang berlokasi di Yogyakarta, simak beberapa rekomendasinya di bawah ini ya!

1. Desa Wisata Krebet 

5 Desa Wisata di Jogja yang Menawarkan Berbagai Kegiatan Seru! visitingjogja.com

Jika pada umumnya kegiatan membatik dilakukan pada selembar kain, hal ini berbeda dengan cara membatik masyarakat di desa ini. Di desa Krebet, aktivitas membatik justru dilakukan dengan media kayu.

Terletak di sebelah barat kabupaten Bantul, desa Krebet memiliki kondisi geografis berupa banyak batuan kapur dan tanah yang cenderung tandus. Kondisi inilah yang membuat desa tersebut unik dan pemandangan alam yang ditawarkan pun berbeda dengan daerah lainnya.

Selain itu, berbagai kerajinan batik kayu juga dapat ditemukan di sepanjang jalanan di desa tersebut.

2. Desa Wisata Nglinggo 

5 Desa Wisata di Jogja yang Menawarkan Berbagai Kegiatan Seru! jogya.com

Desa Nglinggo adalah kawasan desa wisata yang sudah terkenal akan perkebunan tehnya. Hamparan kebun teh tersebut membuat suasa di Desa Nglinggo menjadi terasa semakin asri. Terdapat pula fasilitas mobil jeep yang siap mengangkut penumpang untuk melihat pemandangan di seluruh desa. Tidak hanya teh, terdapat pula perkebunan lain seperti kopi dan singkong yang bisa dikunjungi.

Selain itu, pengunjung juga bisa bermalam di salah satu rumah warga yang menyediakan fasilitas homestay.

Baca Juga: 5 Desa Wisata Penghasil Kerajinan Tangan di Yogyakarta, Yuk ke Sana!  

3. Desa Wisata Ketingan 

5 Desa Wisata di Jogja yang Menawarkan Berbagai Kegiatan Seru! njogja.co.id

Berbeda dengan desa wisata lain yang menawarkan pemandangan alamnya, desa Ketingan justru menawarkan pengunjung dengan pengalaman bersama berbagai binatang ternak dan unggas. Pengunjung pun dapat melakukan berbagai aktivitas bersama warga setempat seperti membajak sawah, memberi makan sapi, atau sekadar melihat burung bangau.

Selain beternak, hal lain yang menjadi keunikan dari desa ini adalah olahan makan dari pohon melinjo. Di desa tersebut banyak tumbuh pohon melinjo dan banyak pula masyarakat yang mengolah pohon melinjo tersebut menjadi berbagai macam makanan. Pengunjung pun dapat melihat cara pengolahan melinjo tersebut.

4. Desa Wisata Pulesari 

5 Desa Wisata di Jogja yang Menawarkan Berbagai Kegiatan Seru! ningjogja.com

Selain memiliki pemandangan pedesaan yang indah, desa ini juga khas akan berbagai olahan makanan tradisional dari buah salak. Pohon salak dengan buah yang melimpah mendorong masyarakat di desa tersebut untuk membudidayakannya.

Berbagai olahan dari salak dapat ditemukan seperti kolak salak, wingko, nogosari, bakpia, dan dodol salak.

Terletak di kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, desa ini pun memiliki nuansa yang asri karena jauh dari perkotaan dan dikelilingi dengan berbagai pepohonan lain.

5. Desa Wisata Kembangarum 

5 Desa Wisata di Jogja yang Menawarkan Berbagai Kegiatan Seru! liburanjogja.co.id

Jika kamu ingin mengunjungi desa wisata yang memiliki berbagai kegiatan dan fasilitas yang lengkap, maka desa Kembangarum ini wajib kamu kunjungi. Desa ini terkenal akan berbagai keseniannya seperti seni teater, tari, hingga seni lukis.

Selain itu, pengunjung pun dapat mengikuti berbagai kegiatan masyarakat setempat dari mulai membajak sawah, menanam dan menumbuk padi, hingga belajar gamelan.

Itu dia beberapa rekomendasi desa wisata yang berlokasi di Yogyakarta. Untuk kamu yang ingin kabur sejenak dari hiruk pikuk perkotaan sekaligus merasakan suasana alam, maka berbagai desa wisata di atas wajib kamu kunjungi!

Baca Juga: 10 Wisata di Yogyakarta Paling Ramai saat Akhir Tahun, Jangan ke Sini!

Zakia Balqis Photo Verified Writer Zakia Balqis

Human Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya