Comscore Tracker

Tiket Pesawat Mahal? Ini 6 Hal Menyenangkan dari Mudik dengan Bus

#MudikAsikIDNTimes Mudik yuk!

Hari Raya Idulfitri semakin dekat yang berarti hari-hari tradisi mudik lebaran juga semakin dekat. Namun, masih banyak yang mengeluhkan bagaimana untuk bisa mudik terutama yang kampung halamannya harus menyeberangi pulau karena harga tiket pesawat yang sangat mahal.

Salah satu solusi yang ditawarkan adalah mudik dengan bus karena ketersediaan armada yang banyak, fasilitas bagus, dan infrastruktur jalan raya yang semakin memadai.

Akan tetapi, banyak yang belum siap karena belum pernah mudik dengan bus. Padahal, ada banyak hal menyenangkan yang dialami jika mudik dengan bus yang tidak ditemukan jika kamu mudik dengan pesawat.

1. Menyinggahi atau melewati beberapa tempat asing

Tiket Pesawat Mahal? Ini 6 Hal Menyenangkan dari Mudik dengan Buspixabay/StockSnap

Perjalanan melalui jalur darat akan membawamu ke berbagai kawasan yang tentunya dihuni oleh masyarakat dengan aktivitas kesehariannya. Ada banyak daerah yang harus dilewati dengan segala kekhasannya masing-masing.

Tentu saja jika menumpangi bus, kamu akan dengan mudah menyaksikan kehidupan di setiap daerah tersebut. Dan ini adalah pengalaman baru, apalagi jika ada kesempatan menyinggahinya sejenak.

Jika mudik dengan pesawat, hal-hal seperti ini jelas tidak bisa kamu dapatkan.

2. Mendapatkan kenalan baru

Tiket Pesawat Mahal? Ini 6 Hal Menyenangkan dari Mudik dengan Buspixabay/jamesoladujoye

Mudik dengan bus akan memakan waktu perjalanan yang lebih lama dibandingkan dengan pesawat. Apalagi jika harus keluar pulau.

Beruntungnya penumpang bus, mereka tidak sendirian. Ada banyak orang yang senasib: menikmati perjalanan jauh menuju kampung halaman. Inilah kesempatan besar untuk menjalin silaturahmi dan mendapatkan kenalan baru sesama penumpang bis. Apalagi jika kamu sendirian dan semula tidak kenal siapa-siapa.

Teman yang duduk di sebelahmu barang tentu bisa jadi kenalan baru yang pertama dan bisa menemanimu membicarakan banyak hal untuk membunuh waktu.

Baca Juga: Kami Tahu ke Mana Kamu Mudik Hanya dengan 1 Pertanyaan Ini!

3. Rasa rindu kampung semakin menjadi-jadi

Tiket Pesawat Mahal? Ini 6 Hal Menyenangkan dari Mudik dengan Buspixabay/Free-Photos

Harapan terbesar dalam perjalanan mudik adalah bertemu kampung halaman beserta orang-orang di dalamnya. Semenjak langkah dimulai menuju perhentian angkutan transportasi, rasa rindu semakin bertambah dan terus ketika perjalanan dengan angkutan itu baru saja dimulai.

Dengan bus, durasi perjalanan yang lebih lama adalah masa-masa hebat untuk membuatmu semakin rindu kampung halaman. Semakin dekat bus dengan kampung, semakin besar rindu itu. Itulah dinamika perasaan yang akan kamu nikmati dan pastinya sangat berkesan.

4. Boleh tidak puasa

Tiket Pesawat Mahal? Ini 6 Hal Menyenangkan dari Mudik dengan Buspixabay/photoMIX-Company

Salah satu kelompok yang mendapat keringanan dalam berpuasa adalah mereka yang sedang melakukan perjalanan jauh untuk sesuatu yang sangat diperlukan dan tidak bertujuan maksiat. Oleh karena itu, ini menjadi salah satu anugerah dari Allah SWT bagi kamu yang mudik dengan bus untuk bisa menjaga stamina tubuh selama perjalanan.

Selain itu, bila memungkinkan kamu juga bisa mencicipi makanan khas di suatu tempat yang belum dikenali ketika harus singgah di siang hari.

5. Tarif lebih murah

Tiket Pesawat Mahal? Ini 6 Hal Menyenangkan dari Mudik dengan Buspixabay/stevepb

Ini merupakan keuntungan yang jelas akan kamu dapatkan dari segi finansial. Harga tiket bus sampai saat ini masih sangat jauh lebih murah dibanding pesawat. Salah satu contohnya harga tiket ke berbagai daerah di Sumatera Barat dari Kota Bandung, tarifnya sekitar 400-600 ribu rupiah. Sementara harga tiket pesawatnya, rata-rata saat ini berada pada angka di atas satu juta rupiah.

Untuk menghemat pengeluaran, kamu pilih mana?

Bagaimana? Semoga hal-hal di atas bis menguatkan hatimu untuk memilih mudik dengan bis. Gak selalu buruk kok, malahan mudik dengan bus bisa memberikanmu pengalaman perjalanan yang menyenangkan.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Afif Permana Photo Verified Writer Afif Permana

Hobi menulis, Menggambar, dan Desain Grafis.Twitter: @afif_permana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya