Comscore Tracker

5 Wisata Pemandian Air Panas di Jawa, Bikin Rileks Jiwa dan Raga

Badan dan pikiran jadi segar setelahnya

Bukan hanya terkenal dengan negara kepulauan, Indonesia juga merupakan surganya pemandian air panas. Pegunungan vulkanis yang tersebar di pelosok Nusantara merupakan sumber alami munculnya mata air panas. Sumber mata air inilah yang  menjadikan pemandian air panas yang banyak dijadikan tempat wisata.

Berendam air panas alami akan membuat kamu kembali menyegarkan tubuh. Tidak hanya itu, kandungan mineralnya juga menyehatkan lho!

Berikut 5 wisata pemandian air panas yang ada di pulau Jawa yang wajib kunjungi.

1. Tirta Sanita - Jawa Barat

5 Wisata Pemandian Air Panas di Jawa, Bikin Rileks Jiwa dan Ragainstagram.com/fiamrinaa

Kota Bogor, Jawa Barat selalu punya kejutan untuk pengunjungnya. Salah satunya wisata yang sedang hits belakangan ini yaitu pemandian air panas Tirta Sanita. Wisata air panas ini terasa begitu nikmat karena lokasinya yang berada di kota hujan. Berendam air hangat sambil menikmati pemandangan alam yang asri dari ketinggian membuat pikiran penat dan lelah hilang seketika.

Di sini pengunjung juga bisa menikmati sunset berwarna kemerahan berpadu dengan warna air pemandian Tirta Sanita hijau tosca, sungguh sangat indah.

Tidak perlu merogoh kocek yang banyak untuk menikmati keindahan alam dan berendam di Tirta Sanita Bogor ini, pengunjung hanya membayar Rp15.000 untuk orang dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak. Murah kan ? Kesini yuk.

 

2. Pancuran Telu - Jawa Tengah

5 Wisata Pemandian Air Panas di Jawa, Bikin Rileks Jiwa dan Ragainstagram.com/infopurwokerto

Pancuran telu atau dalam bahasa Indonesia disebut Pancuran Tiga, adalah wisata pemandian air panas yang terletak di Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah.  Disebut dengan Pancuran telu karena tiga mata air dengan air panas belerang mengalir ke sebuah kolam yang tepat berada dibawahnya

Wisata pemandian air panas ini tidak pernah sepi pengunjung meskipun di malam hari, karena mereka yang datang tidak hanya sekadar berendam air panas merileksasikan tubuh, tetapi juga untuk terapi badan dengan berendam belerang yang dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit luar.

Baca Juga: Lagi di Bandung? Mampir ke 9 Pemandian Air Panas Ini, Yuk!

3. Candi Umbul - Jawa Tengah

5 Wisata Pemandian Air Panas di Jawa, Bikin Rileks Jiwa dan Ragainstagram.com/morhyz

Berbeda dengan wisata air panas lainnya, Lokawisata yang teletak di Jawa Tengah adalah pemandian air panas yang bersejarah lho. Dilihat dari struktur bangunan kolamnya dari bebatuan tersusun rapi seperti candi ini, dulunya pemandian Candi Umbul merupakan pemandian Raja dan Permaisuri kerajaan Mataram.

Jika dibandingkan dengan pemandian air panas di daerah lainnya, pemandian Umbul Candi memiliki keunikan tersendiri, yaitu airnya yang hangat dengan aroma belerang tidak menyengat.

Sambil berendam menikmati hangatnya air sumber Umbul Candi, pengunjung akan disuguhkan panorama pegunungan menoreh dan situs - situs candi yang indah. Asyik bukan !

4. Cipanas - Jawa Barat

5 Wisata Pemandian Air Panas di Jawa, Bikin Rileks Jiwa dan Ragainstagram.com/ayodolan

Dikelilingi alam pegunungan, Kota Bandung menyimpan potensi tempat wisata alam yang indah. Salah satunya wisata pemandian air panas yang berasal dari gunung berapi, Tangkuban Perahu yaitu pemandian air panas Cipanas.

Wisata pemandian air panas ini berlokasi di Nagrak, Parompong Jawa Barat mulai menjadi perbincangan karena keindahan alamnya yang memesona.

Hijaunya pepohonan mengelilingi curug mini berair panas, airnya berwarna biru tosca meskipun kadar belerangnya cukupnya tinggi, dan diselimuti kabut uap menjadikan pemandangan begitu sangat cantik dan epik. Siapa pun akan terkesima dengan keelokan pemandian air panas Curug Cipanas ini.

5. Cangar - Jawa Timur

5 Wisata Pemandian Air Panas di Jawa, Bikin Rileks Jiwa dan Ragahttps://web.facebook.com/amerilia Safitri

Berlokasi 18 km dari pusat Kota Batu, pemandian air panas Cangar dengan suhu mencapai 40 derajat celcius merupakan satu - satunya pemandian yang terkenal di Jawa Timur.

Diapit dua pegunungan Penanggungan dan Welirang, wisata pemandian air panas Cangar menyajikan pemandangan alam yang indah khas pegunungan.

Hawa yang sejuk, kicauan burung, dan teduhnya suasana alam pemandian air panas akan menghilangkan segala penat jiwa dan raga. Karena keindahan dan keeksotikannya, Kolam air panas alami seluas 15 meter ini setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung.

Duh, jadi ingin berendam ya!

Baca Juga: 9 Potret Cascate del Mulino, Kolam Air Panas Bertingkat di Italia

Cocochip Safitri Photo Community Writer Cocochip Safitri

Just out the think

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You