Comscore Tracker

Lagi di Bandung? Mampir ke 9 Pemandian Air Panas Ini, Yuk!

Badan relaks, lelah dan hawa dingin hilang

Bandung adalah salah satu kota di Indonesia yang menawarkan berbagai wisata menarik, salah satunya adalah pemandian air panas. Dengan udara dingin Bandung, hot spring di Kota Kembang tentu saja tujuan yang tepat untuk menghangatkan tubuh.

Namun, pemandian air panas di Bandung nggak cuman terbatas menawarkan tempat berendam untuk relaksasi, lho. Tetapi, juga menawarkan pemandangan alam yang sangat indah karena lokasinya di dataran tinggi. Jadi, sambil merendamkan tubuh ke air panas dari sumber alami, dapat juga menikmati pemandangan alam di sekitarnya.

Nah, bagi yang berencana mandi air panas di Bandung, inilah sembilan lokasi pemandian air panas terbaik di Bandung.

1. Cibolang

Lagi di Bandung? Mampir ke 9 Pemandian Air Panas Ini, Yuk!instagram.com/destinasibandung

Bisa dibilang air panas yang satu ini adalah salah satu yang paling populer dan bahkan menjadi incaran wisatawan. Sudah berdiri sejak 1985 dan masih bertahan sampai sekarang, pemandian air panas Cibolang menawarkan fasilitas yang nggak kalah lengkap dari yang lain mulai dari penyewaan pancing, tempat makan, dan sebagainya dapat ditemukan di sini.

Mengenai lokasinya, tempat wisata ini berada di Desa Wanasuka, Kecamatan Pangalengan. Dengan lahan seluas 2 hektar, pemandian air panas Cibolang menawarkan pemandangan alam yang bisa dinikmati ketika mandi.

2. Cimanggu

Lagi di Bandung? Mampir ke 9 Pemandian Air Panas Ini, Yuk!instagram.com/cimangguhotspring_ecotourism

Bagi yang memiliki aktivitas padat, bisa mengunjungi mata air panas Cimanggu yang terletak di Jl. Raya Ciwidey karena tempat ini buka sampai malam, lho. Bahkan, jika membutuhkan privasi, bisa berendam di ruang VIP. Menariknya, pemandian air panas Cimanggu dikelilingi oleh pohon-pohon rindang sehingga suhunya sangat dingin.

Bagi yang membawa anak-anak, wisata alam ini menyediakan fasilitas bermain anak-anak seperti area outbound dan taman kelinci. Dan jika ingin berendam pada larut malam, bisa. Karena ada pondok yang terletak di area pemandian air panas Cimanggu.

3. Cipanas Nagrak Parongpong

Lagi di Bandung? Mampir ke 9 Pemandian Air Panas Ini, Yuk!instagram.com/dhany245

Wisata alam ini belum dikenal masyarakat luas. Namun, itu justru dapat dimanfaatkan untuk berendam dalam suasana yang lebih tenang. Selain itu, ada hal lain yang membuat pemandian air panas ini layak dikunjungi yaitu adanya mini waterfall yang merupakan sumber air panas alami.

Kabarnya, aliran air itu berasal dari Gunung Tangkuban Perahu, lho. Meski belum banyak dikenal masyarakat, tempat yang terletak di Jl. Nagrak Kulon Sukajaya, Lembang, telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap sebut saja seperti kamar mandi, musholla, dan beberapa warung makan.

4. Ciwalini

Lagi di Bandung? Mampir ke 9 Pemandian Air Panas Ini, Yuk!instagram.com/dzikroar

Di kawasan Ciwidey ada juga pemandian air panas yang bisa dijadikan alternatif ketika berlibur ke Bandung. Pemandian air panasnya disebut Ciwalini. Terletak di kawasan Agrowisata Kebun Rancabali, tepatnya di Jl. Ciwidey, Desa Patengan, Sub-Distrik Rancabali, Bandung tempat tersebut dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII, Kabupaten Bandung.

Selain tempatnya yang nyaman, pemandangan di sini juga nggak kalah menarik dengan pemandian air panas di Ciater, Kabupaten Subang. Perkebunan teh yang indah dengan udara Bandung yang sejuk akan membuat mandi terasa lebih menyenangkan.

Fasilitas lain yang ditawarkan oleh tempat ini juga beragam seperti, ATV Ride, flying fox, gazebo, penyewaan sepeda, taman air untuk anak-anak, tempat makan dan lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Fisiologis dari Mandi Air Panas, Sudah Tahu Belum?

5. Ciwidey Valley

Lagi di Bandung? Mampir ke 9 Pemandian Air Panas Ini, Yuk!instagram.com/mihyunjakarta

Pemandian Air Panas Ciwidey Valley adalah bagian dari Resor Taman Air Panas Ciwidey Valley. Jadi, nggak cuman kolam air panas, di sini juga bisa menikmati berbagai fasilitas lain seperti taman air dan resort untuk bermalam. Bahkan, ada juga taman bermain dan taman burung yang menarik untuk dikunjungi, terutama oleh anak-anak.

Sementara itu, daerah sekitarnya ditumbuhi pohon-pohon subur sehingga menciptakan pemandangan yang sejuk dan indah. Nggak perlu menunggu lebih lama, datang langsung saja ke Jl. Raya Barutunggul KM. 17 Ciwidey, Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Bandung!

6. Emte Highland Resort

Lagi di Bandung? Mampir ke 9 Pemandian Air Panas Ini, Yuk!ex-adventure.com

Pernah berlibur ke Kawah Putih Ciwidey? Nggak jauh dari sana, tepatnya di Jl. Raya Ciwidey KM. 11 Rancabali, ada kolam air panas. Kolam air panas ini adalah bagian dari tempat wisata terpadu Emte Highland Resort. Jadi, selain kolam air panas, fasilitas lain juga tersedia seperti area berkemah, arung jeram, ATV, outbond dan paintball.

Jika ingin bermalam tetapi nggak suka berkemah, Emte Highland Resort juga menawarkan penginapan dalam berbagai jenis. Nggak cuman orang dengan tujuan liburan saja, orang-orang dari dalam atau luar Bandung biasanya juga datang ke Emte Highland Resort untuk mengadakan acara kantor atau perpisahan sekolah.

7. Kampung Cai

Lagi di Bandung? Mampir ke 9 Pemandian Air Panas Ini, Yuk!instagram.com/ahmadsopung

Tujuan selanjutnya yang bisa dikunjungi bersama keluarga adalah pemandian air panas Kampung Cai. Berlokasi di Jl. Raya Ciwidey - Patengan KM. 11, Kecamatan Rancabali, Bandung, tempat wisata yang satu ini menyediakan sejumlah kolam air hangat dengan pemandangan alam yang mampu membuat mata termanjakan.

Menariknya, setelah puas mandi, bisa menikmati fasilitas camping ground dan melihat rusa di penangkaran dari dekat. Bagi yang ingin berkemah, tempat ini juga menyediakan penyewaan peralatan berkemah, lho seperti, kayu, tenda dan lainnya. Jadi, nggak perlu repot membawa perlengkapan berkemah dari rumah.

8. Kawah Rengganis Cibuni

Lagi di Bandung? Mampir ke 9 Pemandian Air Panas Ini, Yuk!instagram.com/gaaxx

Pemandian air panas berikutnya adalah Kawah Rengganis Cibuni. Sesuai namanya, sumber air panas ini adalah kawah yang terbentuk oleh letusan Gunung Sunda Kuno. Kolam air panas itu sendiri berada di dekat kawahnya. Dikelilingi oleh perkebunan teh, membuat suasananya begitu indah dan tenang yang cool.

9. Maribaya

Lagi di Bandung? Mampir ke 9 Pemandian Air Panas Ini, Yuk!instagram.com/fattahewild__

Liburan ke Bandung terasa nggak lengkap jika belum mengunjungi daerah Maribaya, Lembang. Daerah Maribaya dikenal sebagai daerah wisata keluarga karena ada begitu banyak tempat wisata yang berjejer di sini, termasuk Pemandian Air Panas Alami Maribaya.

Di sini, ada beberapa jenis kolam air panas. Dari VIP sampai kamar rendam untuk satu orang. Suhu air panas yang mencapai 45,1 derajat celcius akan membuat tubuh seperti dipijat. Nah, bagi yang ingin berendam di Pemandian Air Panas Maribaya, alamatnya ada di Jl. Maribaya No. 105 / 212, Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Bandung.

Itulah rekomendasi pemandian air panas terbaik di Bandung. Lantas, siapa yang ingin diajak ke tempat di atas untuk berendam sambil menikmati keindahan Kota Kembang, nih?

Baca Juga: Bosan di Hotel? Yuk, Coba 5 Tempat Wisata Glamping di Bandung Ini!

Riyan Sumarno Photo Community Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You