Comscore Tracker

5 Bangunan Bersejarah di Antananarivo, Madagaskar yang Cantik dan Khas

Antananarivo suguhkan bangunan unik dan beda

Madagaskar menjadi negara pulau yang terletak di sebelah timur Benua Afrika yang memiliki akses langsung ke Samudera Hindia. Negara pulau seluas 587,041 km persegi ini sudah menjadi jajahan Prancis selama puluhan tahun hingga akhirnya berhasil memerdekakan diri sejak tahun 1960. Oleh karena itu, tentunya negara ini menyimpan berbagai bangunan kuno cantik, terutama di ibu kotanya Antananarivo. 

Bagi kalian yang ingin menikmati wisata sejarah, namun bosan di tempat yang mainstream, maka beberapa tempat wisata sejarah di Antananarivo, Madagaskar ini cocok untuk kalian kunjungi. 

1. Rova of Antananarivo

5 Bangunan Bersejarah di Antananarivo, Madagaskar yang Cantik dan Khasinstagram.com/theinteriordecorator/

Pertama terdapat Rova of Antananarivo yang berupa bangunan istana peninggalan Kerajaan Imerina yang berkuasa di Madagaskar. Bangunan istana ini sudah berdiri sejak abad ke 17 hingga kemudian diserahkan ada Prancis usai kalahnya Kerajaan Imerina pada Prancis pada tahun 1897.

Bentuk arsitektur bangunan ini sangat menarik karena menghadirkan perpaduan antara gaya Prancis dan lokal Madagaskar. Selain itu uniknya bangunan tua ini terletak di atas bukit. Sayangnya, istana ini sempat mengalami kebakaran hebat di tahun 1995 dan selesai direnovasi pada bagian luar di tahun 2012. 

2. Ambohimanga

5 Bangunan Bersejarah di Antananarivo, Madagaskar yang Cantik dan Khasswulinski.com

Ambohimanga juga termasuk salah satu bangunan peninggalan Kerajaan Madagaskar atau Kerajaan Imerina terdahulu. Benteng ini berlokasi sekitar 24 km sebelah timur laut dari kota Antananarivo dan juga terletak di atas perbukitan. Bangunan ini menjadi salah satu peninggalan dan simbol utama dari masyarakat Merina, yang mana sudah dibangun sejak abad ke 18. 

Gaya arsitektur benteng ini sangat khas Madagaskar dengan bentuk tembok dan gaya atapnya yang unik dan berbeda dari bangunan pada umumnya. Selain itu, bangunan ini juga sudah masuk menjadi cagar budaya UNESCO sejak tahun 2001.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Madagaskar yang Bisa Kamu Kunjungi

3. Andafiavaratra Palace

5 Bangunan Bersejarah di Antananarivo, Madagaskar yang Cantik dan Khasinstagram.com/ra_fidy_ankazotokana_lyon69/

Kemudian ada lagi bangunan istana, Andafiavaratra Palace yang sebelumnya digunakan sebagai tempat tinggal Perdana Menteri Kerajaan Madagaskar. Letak istana ini berada di atas bukit yang ada di Kota Antananrivo sehingga bangunan ini langsung terlihat dari atas ketinggian. 

Istana ini sekarang digunakan sebagai museum yang menyimpan lebih dari 1400 artefak peninggalan Kerajaan Madagaskar. Benda-benda tersebut sebelumnya disimpan dalam Rova of Antananarivo. Tapi setelah terjadinya kebakaran maka dipindahkan ke istana ini.

4. Ambohitsorohitra Palace

5 Bangunan Bersejarah di Antananarivo, Madagaskar yang Cantik dan Khasinstagram.com/jay.exploratrice/

Ambohitsorohitra Palace sebelumnya menjadi kediaman dari Presiden Madagaskar, hingga pada tahun 2009 diduduki oleh tentara saat terjadinya kudeta. Lokasi gedung istana ini tepat berada di pusat kota Antananarivo dan menjadi salah satu bangunan peninggalan Prancis di Madagaskar. 

Dulunya istana ini digunakan untuk kantor Pemerintah Kolonial Prancis di Madagaskar dan sudah didirikan sejak tahun 1890an. Serta bangunan ini juga sempat dijadikan sebagai balai kota Antananarivo, sebelum wali kota Marc Ravalomanana terpilih menjadi presiden dan menggunakan bangunan ini sebagai istana. 

5. Cathédrale Catholique D' Andohalo

5 Bangunan Bersejarah di Antananarivo, Madagaskar yang Cantik dan Khasinstagram.com/p/Btn-gNlg97S/

Satu lagi bangunan cantik bernama Cathédrale Catholique D' Andohalo yang letaknya ada di area Andohalo, di mana ada di atas bukit kota Antananarivo. Bangunan ini merupakan gereja Katolik yang sudah dibangun sejak tahun 1873 dan selesai dibangun pada tahun 1890. Gaya arsitektur bangunan bergaya Gotihic yang khas Prancis serta menjadi salah satu gereja utama di Madagaskar. 

Sudah tahu kan beberapa bangunan bersejarah menarik yang terdapat di Antananarivo, Madagaskar yang sayang buat dilewatkan begitu saja. Manakah yang menurut kalian paling bagus?

Baca Juga: 9 Spesies Hewan Ini Hanya Dijumpai di Madagaskar, Unik dan Menakjubkan

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya