Comscore Tracker

5 Negara dengan Pejalan Kaki Terbanyak di Dunia, Membuat Tubuh Sehat

Apakah Indonesia termasuk?

Apakah kamu lebih suka berjalan kaki ketimbang menggunakan kendaraan? Atau mungkin sebaliknya? Faktanya, Indonesia bukan termasuk negara yang masyarakatnya suka berjalan kaki, bahkan bisa dibilang bahwa orang Indonesia paling malas berjalan kaki, seperti ditulis dalam Dailymail.co.uk.

Namun ternyata banyak juga negara-negara yang mayoritas warganya hobi berjalan kaki. Selain kondisi kota yang ramah bagi pejalan kaki, kebiasaan berjalan kaki sudah dilakukan sejak dulu.

Inilah lima negara yang masyarakatnya rajin berjalan kaki, mana saja?

1. Swedia

5 Negara dengan Pejalan Kaki Terbanyak di Dunia, Membuat Tubuh Sehatviewstockholm.com

Swedia merupakan salah satu negara yang sangat ramah dengan pejalan kaki, seperti diberitakan dalam laman Qz.com. Bahkan Swedia punya visi untuk menciptakan nol kecelakaan yang melibatkan pejalan kaki.

Desain trotoar dan areal untuk pejalan kaki yang sangat tertata dengan baik telah membuat banyak warga Swedia betah untuk berjalan kaki. Kebanyakan dari mereka akan berjalan kaki dan naik angkutan umum jika ingin menuju ke tempat tujuan.

2. Tiongkok

5 Negara dengan Pejalan Kaki Terbanyak di Dunia, Membuat Tubuh Sehatwestchinago.com

Negara berpopulasi 1,4 miliar ini juga merupakan negara dengan pejalan kaki terbanyak di dunia. Namun sayangnya, tidak selamanya jalan raya di Tiongkok bisa dianggap aman dan ramah bagi pejalan kaki.

Meskipun banyak memiliki pejalan kaki, itu bukan berarti membuat Tiongkok menjadi negara yang seratus persen aman dan ramah bagi kebanyakan pejalan kaki.

Banyaknya pejalan kaki di Tiongkok lebih disebabkan pada jumlah penduduk di Tiongkok yang sangat padat, dan di daerah pedesaan hampir semua warganya selalu berjalan kaki jika ingin menuju ke tempat tujuan.

3. Ukraina

5 Negara dengan Pejalan Kaki Terbanyak di Dunia, Membuat Tubuh Sehatkyivpost.com

Rata-rata warga Ukraina bisa berjalan kaki sebanyak lebih dari 6000 langkah setiap harinya. Selain budaya jalan kaki yang telah melekat, kondisi jalan di negara berpenduduk 44 juta ini juga dianggap ramah bagi kebanyakan pejalan kaki.

Namun tidak semua tempat di Ukraina dikatakan aman bagi pejalan kaki. Beberapa tempat di kota-kota tertentu juga sering terjadi kecelakaan yang melibatkan pejalan kaki.

Beberapa pengemudi nakal tidak akan melambatkan kendaraannya di persimpangan jalan, dan tentu ini sangat membahayakan banyak pejalan kaki.

Baca Juga: Meski Sepele, Jalan Kaki Ternyata Ada Tekniknya! Ini 5 Faktanya

4. Jepang

5 Negara dengan Pejalan Kaki Terbanyak di Dunia, Membuat Tubuh Sehatjapan-guide.com

Sudah umum diketahui bahwa kebanyakan orang Jepang lebih suka berjalan kaki ketimbang menggunakan kendaraan pribadi. Bukan hanya di daerah pedesaan, warga kota-kota besar seperti Tokyo juga gemar berjalan kaki.

Selain itu, warga Jepang juga dimanjakan dengan fasilitas transportasi umum yang bersih, bagus, dan tepat waktu.

Selain kondisi trotoar yang memanjakan pejalan kaki, toko-toko di Jepang juga dibuat dengan desain yang pas bagi pejalan kaki. Dan satu lagi, biaya parkir di Tokyo sangat mahal. Kebijakan inilah yang membuat banyak warga Jepang, terutama Tokyo, gemar berjalan kaki ketimbang menggunakan kendaraan pribadi.

5. Hong Kong

5 Negara dengan Pejalan Kaki Terbanyak di Dunia, Membuat Tubuh Sehathkcitylife.com

Salah satu negara terpadat di dunia, Hong Kong, memiliki jumlah pejalan kaki terbanyak jika diukur dalam skala jarak. Rata-rata orang Hong Kong berjalan 6 kilometer per hari untuk menjalankan aktivitas mereka sehari-hari.

Pemerintah Hong Kong bahkan membuat tata kota yang tersistem dan terintegrasi dengan baik khusus untuk memanjakan pejalan kaki.

Beberapa titik di sudut-sudut kota dibuat saling berhubungan, dan itu sangat memudahkan bagi mereka yang gemar berjalan kaki setiap harinya.

Itulah lima negara dengan pejalan kaki terbanyak di dunia. Bagaimana dengan kamu, apakah kamu juga suka berjalan kaki setiap hari?

Baca Juga: Ini 5 Rekomendasi Alas Kaki yang Tepat Buat Traveling, Nyaman Banget!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya