Comscore Tracker

5 Rekomendasi Handicraft Indonesia untuk Oleh-Oleh setelah Melancong

Setelah puas melancong sempatkan diri untuk beli oleh-oleh

Pariwisata Indonesia memiliki berbagai pesona yang tak kalah menarik dari wisata luar negeri. Setelah banyak waktu dihabiskan untuk melakukan berbagai aktivitas di rumah, kalian pasti sangat merindukan travelling, kan?

Nah, untuk kalian yang sudah merencanakan liburan #DiIndonesiaAja, pastinya tak boleh melewatkan momen berbelanja. Ada banyak kerajinan tangan khas Nusantara yang bisa jadi oleh-oleh setelah melancong ke sejumlah daerah. 

Berikut lima rekomendasi handicraft atau kerajinan tangan khas Indonesia yang bisa kalian beli saat menikmati liburan #DiIndonesiaAja.

1. Tembikar

5 Rekomendasi Handicraft Indonesia untuk Oleh-Oleh setelah Melanconggpswisataindonesia.info

Tembikar asal Indonesia memang dikenal karena kualitasnya dan motif yang unik. Kualitas yang dimiliki tembikar asal Indonesia ini tentu lebih awet, dimana ini disertai oleh motif etnik yang sangat unik. Tak heran, jika tembikar asal Indonesia juga menjadi primadona di pasar global.

Salah satu kerajinan tangan asal Indonesia ini bisa dijadikan hiasan rumah, pajangan, vas bunga, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa, tembikar ini bisa jadi salah satu barang yang kalian rekomendasikan sebagai oleh-oleh sepulang melancong ke penjuru negeri.

2. Gerabah

5 Rekomendasi Handicraft Indonesia untuk Oleh-Oleh setelah Melancongpassionstory.fwd.co.id

Gerabah dan tembikar memang tidak jauh berbeda karena sama-sama terbuat dari tanah liat. Bedanya, gerabah adalah alat dapur yang dibuat dari tanah liat yang dibakar. Sedangkan tembikar adalah barang atau perabot rumah tangga yang terbuat dari tanah liat yang dibakar dan berlapis gilap.

Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan kerajinan gerabahnya adalah Desa Kasongan di Yogyakarta. Gerabah asal desa tersebut bisa menjadi salah satu kerajinan yang bisa kalian bawa pulang. Ada banyak gerabah asal Desa Kasongan yang bisa kalian dapatkan, mulai dari ubin batu berukir, piring, kendi, teko, cangkir, piring, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Inilah 7 Oleh-oleh Khas dari Kota Lasem 

3. Kain tradisional Indonesia

5 Rekomendasi Handicraft Indonesia untuk Oleh-Oleh setelah Melancongindonesiaexpat.biz

Tak lengkap rasanya, jika kalian tidak membawa oleh-oleh khas Indonesia yang satu ini. Indonesia sangat kaya akan budaya salah satunya dalam hal pakaian. Kain khas Nusantara bisa jadi salah satu buah tangan yang bisa kalian gunakan secara pribadi atau dibagikannya kepada kerabat dan sanak saudara.

Ada banyak pilihan kain tradisional Indonesia yang bisa kalian beli, mulai dari batik, sarong hingga tenun. Warna, corak, motif, dan kualitas kain-kain khas Indonesia pastinya sangat sepadan dengan harga yang ditawarkan. Jadi, worth it sekali untuk kalian bawa pulang.

4. Kerajinan perak Kotagede

5 Rekomendasi Handicraft Indonesia untuk Oleh-Oleh setelah Melancongtwitter.com/noprizalnop

Indonesia juga terkenal karena kerajinan peraknya yang bisa dijumpai di sejumlah daerah di Indonesia, seperti Yogyakarta dan Bali. Kerajinan perak asal Indonesia terkenal karena detailnya yang menarik. Hal ini karena para pengrajin perak dapat membuat perhiasan dengan sangat cermat dan memperhatikan setiap detailnya.

Selain bisa direkomendasikan ke teman-teman luar negeri yang berkunjung ke Indonesia, kalian juga bisa turut melihat langsung proses pembuatan kerajinan yang satu ini, lho. Ada banyak kerajinan perak yang sangat worth it untuk dijadikan oleh-oleh, seperti kalung, liontin, anting, miniatur, patung perak, nampan perak, set gelas teh, dan masih banyak lagi. 

5. Kerajinan logam

5 Rekomendasi Handicraft Indonesia untuk Oleh-Oleh setelah Melancongmedcom.id

Last but not leasr.Tak hanya kerajinan perak, Indonesia juga terkenal karena kerajinan logamnya. Tak jarang pula turis mancanegara memilih kerajinan logam sebagai salah satu oleh-oleh favorit mereka ketika berlibur ke Indonesia. Alasannya pun beragam, tapi yang pasti produk logam Indonesia memliki bentuk yang unik dan nilai seni yang tinggi.

Jangan mau kalah dengan turis mancanegara. Kalian juga bisa mendapatkan sejumlah produk kerajinan logam, seperti meja, kursi, peralatan makan, miniatur kendaraan tradisional, topeng, guci, kap lampu, dan masih banyak untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Salah satu cara untuk menikmati #WonderfulIndonesia adalah dengan membeli sejumlah oleh-oleh kerajinan tangan khas Indonesia tadi. Jadi, itulah lima kerajinan tangan khas Nusantara yang bisa jadi rekomendasi bagi kalian yang sudah merencanakan liburan di dalam negeri. 

Kalian bisa mengunjungi website https://www.indonesia.travel
untuk merencanakan perjalanan wisata kalian selanjutnya dan mencari tahu lebih banyak lagi tentang rekomendasi destinasi wisata pilihan yang ada di Indonesia. Tapi ingat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku ya.

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Makassar yang Paling Populer dan Murah Meriah

Ines Melia Photo Verified Writer Ines Melia

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya