Comscore Tracker

Wujud Toleransi, Ini 5 Potret Tempat Ibadah Puja Mandala Bali

#BaliBanget Selalu jaga kerukunan, ya!

Selain dikenal karena panorama alamnya yang indah Bali juga dikenal sebagai pulau seribu pura. Sebab, di Bali terdapat banyak pura untuk ibadah umat hindu. Walaupun mayoritas agama di Bali adalah hindu, ternyata toleransi antar umat beragama di Bali sangat tinggi, lho!

Salah satu bukti dari kerukunan umat beragama di Bali adalah tempat peribadatan Puja Mandala yang terletak di Nusa Dua, Bali. Tempat ini sangat unik karena kamu dapat melihat 5 tempat ibadah sekaligus dalam satu tempat.

Buat kamu yang penasaran, yuk intip 5 potret indahnya tempat ibadah Puja Mandala

1. Masjid Agung Ibnu Batutah

Wujud Toleransi, Ini 5 Potret Tempat Ibadah Puja Mandala Balipanoramio.com

Atap masjid yang tumpang susun menjadikannya seperti masjid-masjid di Jawa. Selain megah masjid ini juga ramai dikarenakan minimnya masjid yang ada di Bali.

Jika kamu datang ke sini jangan kaget karena kamu akan mendengar suara lonceng gereja. Sebab, masjid ini terletak di samping gereja.

2. Gereja Katolik Maria Bunda Segala Bangsa

Wujud Toleransi, Ini 5 Potret Tempat Ibadah Puja Mandala Balibaliziarek.com

Letak gereja ini di sebelah Masjid Ibnu Batutah. Memiliki menara tunggal seperti gereja pada umumnya. Bangunan ini yang pertama kali dibangun lho diantara keempat bangunan yang lain.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Bali Ini Benar-benar Mengagumkan

3. Wihara Budhida Guna

Wujud Toleransi, Ini 5 Potret Tempat Ibadah Puja Mandala Baliwikipedia.org

Tampak mewah dan cantik dengan ornamen putih serta warna keemasan yang menghiasi vihara ini. Ada pula sepasang patung gajah putih di depan vihara. Wah, keren, ya!

4. Gereja Kristen Protestan Bukit Doa

Wujud Toleransi, Ini 5 Potret Tempat Ibadah Puja Mandala Balikintamani.id

Tak banyak yang tahu kalau gereja yang satu ini menggunakan ornamen lokal yang cukup kental. Di sebelah kanan gereja terdapat menara lonceng. Agar bisa masuk ke gereja ini, pengunjung harus melewati beberapa anak tangga terlebih dahulu.

5. Pura Jagatnatha

Wujud Toleransi, Ini 5 Potret Tempat Ibadah Puja Mandala Balitripadvisor.co.uk

Bangunan ini mirip seperti candi. Walaupun banyak pura di Bali namun pura ini gak kalah ramainya lho dengan yang lain. Di antara keempat bangunan di Puja Mandala, pura inilah yang terakhir dibangun.

Indah sekali jika semua orang di negeri ini menjunjung toleransi antar umat beragama, ya. Salam perdamaian!

Baca Juga: 5 Fakta Pura Agung Jagat Karana di Surabaya, Berasa ada di Bali!

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya