Comscore Tracker

5 Suvenir Kerajinan Khas Yogyakarta, Wajib Beli Saat ke Sana!

Harganya enggak bikin kantong menjerit kok

Mampir ke Yogyakarta rasanya gak lengkap tanpa membeli berbagai macam oleh-oleh yang dijajakan di sana. Terlebih kota tersebut terkenal sebagai pusat kerajinan tangan yang kreatif, estetik, dan keunikannya tidak bisa kamu dapatkan di tempat lain.

Semakin menambah nilai plus, biasanya kerajinan khas Yogyakarta adalah hand made atau dibuat satu per satu dengan tangan para pengrajin lokal. Ini artinya, dengan membeli suvenir tersebut, kamu juga mendukung produk dalam negeri yang hanya ada #DiIndonesiaAja. 

Ingin tahu suvenir kerajinan tangan apa saja yang bisa kamu dapatkan dari Yogyakarta, sang kota pelajar? Yuk, simak berikut ini! 

1. Kain batik dan baju batik

5 Suvenir Kerajinan Khas Yogyakarta, Wajib Beli Saat ke Sana!omnivagant.com

Satu oleh-oleh wajib khas Yogyakarta adalah kain batik dan berbagai pakaian yang terbuat darinya. Mulai dari setelan, daster, kemeja, hingga rok batik bisa kamu dapatkan di kota tersebut. Apalagi jika kamu mampir ke Malioboro, Pasar Beringharjo, atau Kampung Batik Ngasem. 

Harga kain dan pakaian batik di sana pun beragam. Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan budget. Hati-hati kalap, ya! Sebab corak dan warna batik yang unik pasti akan membuatmu ingin membeli lebih dari satu item. 

2. Kerajinan perak

5 Suvenir Kerajinan Khas Yogyakarta, Wajib Beli Saat ke Sana!Berbagai Sumber

Selain batik, Yogyakarta juga terkenal akan kerajinan peraknya. Industri rumahan ini sudah ada sejak abad ke-16, di masa Kerajaan Mataram Islam. Gak heran, suvenir yang satu ini pasti diburu oleh para pelancong domestik dan internasional. 

Kerajinan perak bisa kamu dapatkan di Kotagede, kota tua yang terletak di Yogyakarta. Mulai dari gelang, kalung, bros, hingga anting-anting tersedia di sana.

Ingin yang lebih khas Yogyakarta? Kamu bisa membeli miniatur candi, sepeda, atau andong dari perak. Harganya berkisar dari Rp10 ribu hingga jutaan, tergantung pada tingkat kesulitan. 

Baca Juga: Selain Gudeg, 7 Kuliner Yogyakarta Ini Juga Punya Banyak Penggemar! 

3. Blangkon dan surjan

5 Suvenir Kerajinan Khas Yogyakarta, Wajib Beli Saat ke Sana!kebudayaan.kemdikbud.go.id

Tak kalah populer, blangkon dan surjan adalah suvenir berikutnya yang bisa kamu dapatkan di Yogyakarta. Blangkon adalah semacam topi berbentuk bulat yang menjadi pelengkap pakaian adat Jawa. Sementara surjan adalah baju resmi yang biasa dipakai laki-laki Jawa dengan motif lurik.

Walaupun kamu tak bisa memakai blangkon dan surjan sebagai pakaian sehari-hari, keduanya adalah suvenir ikonik yang akan membuatmu ingin kembali ke Yogyakarta. Terlebih, blangkon dan surjan sangat mudah didapatkan dengan harga bervariasi, terutama di Malioboro dan Pasar Beringharjo.

4. Kerajinan kulit dan rajut

5 Suvenir Kerajinan Khas Yogyakarta, Wajib Beli Saat ke Sana!instagram.com/bagsbyrubbertree

Yogyakarta juga terkenal akan kerajinan kulit. Para pengrajin lokal biasa membuatnya dalam bentuk tas, dompet, sabuk, jaket, sepatu, hingga gantungan kunci. Semuanya terbuat dari kulit sapi asli, lho, sehingga kualitasnya pun terjamin. 

Ada banyak tempat untuk mendapatkan kerajinan kulit ini, tetapi Manding adalah daerah yang paling terkenal dan merupakan pusatnya. Harga produk yang ditawarkan beragam, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. 

5. Dekorasi rumah dari kayu, rotan, dan tanah liat

5 Suvenir Kerajinan Khas Yogyakarta, Wajib Beli Saat ke Sana!instagram.com/naturalan.id

Belakangan, tren dekorasi rumah dari bahan-bahan alami kembali naik daun karena memberikan kesan sederhana dan estetik. Salah satu tempat terbaik untuk membelinya adalah di Yogyakarta. Mulai dari dekorasi yang terbuat dari kayu, rotan, hingga tanah liat tersedia di sana. 

Ada banyak macam produk yang bisa kamu dapatkan, seperti cermin, peralatan makan, keranjang, hiasan dinding, hingga satu set teko. Kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi karena pengrajin Yogyakarta sering mengimpor hasil kerajinannya ke luar negeri. 

Itulah lima rekomendasi suvenir kerajinan khas Yogyakarta. Semuanya kekinian, dibuat oleh pengrajin lokal, dan mencerminkan pesona #WonderfulIndonesia. Yang mana, nih, yang akan masuk ke dalam wishlist kamu? Namun ingat, jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi sentra kerajinan di atas, selalu terapkan protokol kesehatan yang berlaku ya.

#WonderfulIndonesia memang menyimpan sejuta pesona. Hanya #DiIndonesiaAja kamu bisa menemukan beragam destinasi menarik, kuliner eksotik, dan pengalaman liburan unik. Untuk informasi wisata Indonesia lainnya, kamu bisa klik https://www.indonesia.travel

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Paling Enak & Wajib di Bawa Pulang

Izza Namira Photo Verified Writer Izza Namira

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya