Comscore Tracker

6 Fakta Sumatra Barat, Daerah yang Kental dengan Budaya Minang

Ada tradisi Karapan Sapi-nya orang Minang! #LokalIDN

Sumatra Barat adalah sebuah provinsi yang berbatasan dengan Sumatra Utara, Jambi, Riau, dan Bengkulu. Sumatra Barat juga didominasi oleh suku Minangkabau yang berperan penting dalam pembentukan identitas unik dan khas provinsi ini. Dengan ibukotanya yang berlokasi di Padang, Sumatra Barat sangat tenar karena masakan Padang, bukan?

Tidak hanya kuliner Padang, provinsi ini sebenarnya memiliki sederet fakta yang menarik untuk ditelusuri. Penasaran apa saja fakta-fakta tersebut? Yuk, simak daftar berikut ini.

1. Monumen yang dihadiahkan oleh Ratu Belanda  

6 Fakta Sumatra Barat, Daerah yang Kental dengan Budaya MinangJam Gadang, Bukittinggi, Sumatra Barat (pixabay.com/arjeepers)

Sering disebut sebagai kembaran Big Ben di London, Jam Gadang merupakan ikon paling mencolok di Bukittinggi, Sumatra Barat. Monumen ini adalah hadiah Ratu Wilhelmina dari Belanda dan dikonstruksi oleh arsitek asli orang Minang.

Tidak hanya kembaran Big Ben, Jam Gadang memiliki mesin langka yang hanya diproduksi dua unit di dunia oleh pabrik Jerman. Terlebih lagi, unit mesin yang kedua itu juga digunakan di Big Ben!

2. Warisan arsitektur Minangkabau yang sangat dilestarikan

6 Fakta Sumatra Barat, Daerah yang Kental dengan Budaya MinangIstano Basa Pagaruyung, Sumatra Barat (unsplash.com/Erlia Abdul Hak)

Salah satu fitur umum bangunan tradisional khas Sumatra Barat adalah atap yang meruncing ke atas menyerupai tanduk. Ini adalah ciri khas arsitektur Minangkabau yang berbeda dari yang lain dan sangat dibanggakan oleh masyarakat Minang. 

Rumah adatnya yang terkenal dengan nama "Rumah Gadang" merupakan perwujudan budaya Minangkabau yang patut dilestarikan. Rumah Gadang berfungsi bukan hanya sebagai tempat tinggal, melainkan juga tempat pelaksanaan upacara adat dan bermusyawarah. 

3. Tradisi Pacu Jawi khas Minang

6 Fakta Sumatra Barat, Daerah yang Kental dengan Budaya MinangTradisi Pacu Jawi (pixabay.com/Faridaridhwan)

Apabila di Pulau Madura ada Karapan Sapi, di Sumatra Barat ada Pacu Jawi, festival balapan sapi khas masyarakat Minang di Kabupaten Tanah Datar. Berbeda dari Karapan Sapi yang menggunakan arena di tanah yang datar dan kering, Pacu Jawi dilakukan di sawah yang basah atau berlumpur. 

Pacu Jawi dilaksanakan sebagai hiburan sekaligus bentuk rasa syukur para petani setelah masa panen. Momen yang biasanya diadakan setiap tiga tahun sekali ini juga dimanfaatkan oleh pedagang lokal untuk membuka pasar kuliner Minang di sekitar arena balap. 

Baca Juga: 9 Fakta Kota Padang Panjang, Kota Kecil Menawan di Sumatra Barat

4. Pulau yang dihuni oleh salah satu suku tertua di Sumatra

6 Fakta Sumatra Barat, Daerah yang Kental dengan Budaya MinangSuku Mentawai (pexels.com/Ibadah Mimpi)

Selama ini, Sumatra Barat umumnya selalu dikaitkan dengan budaya dan suku Minang. Padahal, masih ada komunitas adat lain yang tinggal di suatu daerah yang juga masuk ke dalam Provinsi Sumatra Barat, yaitu suku Mentawai di Kepulauan Mentawai, khususnya Pulau Siberut. 

Peneliti meyakini bahwa nenek moyang suku Mentawai tiba di Kepulauan Mentawai pada sekitar tahun 2000 sampai 500 Sebelum Masehi, sehingga dianggap juga sebagai salah satu suku tertua di Sumatra. Suku ini masih memegang erat tradisi, upacara adat, seni tato, dan bahasa mereka sampai sekarang.

5. Taman nasional terbesar di Sumatra

6 Fakta Sumatra Barat, Daerah yang Kental dengan Budaya MinangGunung Kerinci (pixabay.com/iqbalnuril)

Taman Nasional Kerinci Seblat sebagai taman nasional terbesar di Sumatra berperan dalam melindungi beragam flora dan fauna langka, seperti harimau sumatra, gajah sumatra, bunga bangkai, dan yang tidak asing lagi, Rafflesia arnoldii.

Taman Nasional Kerinci Seblat memiliki banyak sekali suaka margasatwa, hutan lindung, dan cagar alam yang juga tersebar di beberapa provinsi sekitar Sumatra Barat. Taman ini memperoleh penghargaan sebagai Taman Warisan ASEAN dan Situs Warisan Dunia dari UNESCO. 

6. Sejuta wisata pantai yang memukau

6 Fakta Sumatra Barat, Daerah yang Kental dengan Budaya MinangKepulauan Mentawai, Sumatra Barat (unsplash.com/James Donaldson)

Provinsi Sumatra Barat memiliki begitu banyak destinasi pantai yang memesona dan instagramable. Di Padang dan sekitarnya, terdapat beberapa pantai, seperti Pantai Carolina, Pantai Padang, dan Pantai Pasumpahan yang masing-masing memiliki sensasi atau keunikan tersendiri. 

Kepulauan Mentawai juga memiliki pantai-pantai cantik yang cocok untuk surfing, sehingga banyak menarik wisatawan mancanegara untuk datang ke Mentawai sekaligus bertemu dan berinteraksi dengan suku Mentawai.

Nah, itulah enam fakta Sumatra Barat yang menjadikan provinsi ini tidak kalah menarik dengan yang lainnya. Daerah yang penuh dengan pesona dan keindahan ini sama sekali tidak rugi dikunjungi, lho!

Baca Juga: 9 Fakta Kota Pagar Alam, Kota Menawan di Barat Daya Sumatra Selatan

Juan A. Soedjatmiko Photo Verified Writer Juan A. Soedjatmiko

Mohon maaf apabila terdapat kesalahan informasi atau kata dalam artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya