Comscore Tracker

10 Festival Cahaya Terbaik di Dunia, Bikin Takjub!

Beragam festival yang membuat malam penuh gemerlap cahaya

Beberapa negara memiliki berbagai bentuk perayaan, salah satunya adalah festival cahaya. Dari ratusan ribu lentera langit yang diterangi lilin berlayar melintasi langit malam yang gelap di Taipei hingga pohon Natal terapung dan terbesar di dunia di Rio, festival-festival cahaya ini pasti akan membuatmu kagum serta takjub dengan apresiasi sejati seni kontemporer yang inovatif.

Inilah 10 festival cahaya terbaik di dunia yang perlu kamu lihat!

1. Fete des Lumieres - Lyon, Prancis

10 Festival Cahaya Terbaik di Dunia, Bikin Takjub!lyoncapitale.fr

Meskipun Paris mungkin dikenal sebagai Kota Cahaya (La Ville-Lumiere), kota Lyon di Prancis juga tak mau kalah. Lebih dari 70 instalasi ringan dan pertunjukan kembang api bertebaran di seluruh kota selama Fete des Lumieres, dengan setiap bangunan, jalan, alun-alun, taman, serta sudut yang tampak diterangi dengan cahaya berwarna-warni.

Inti dari festival ini terletak di Basilika Notre-Dame de Fourviere, yang dipenuhi oleh cahaya dari hampir setiap rona warna-warni.

2. Diwali, India

10 Festival Cahaya Terbaik di Dunia, Bikin Takjub!picnicwale.com

Salah satu festival Hindu terbesar di India adalah Diwali. Selama 5 hari berturut-turut, umat Hindu dari seluruh India merayakan Diwali yang juga dikenal sebagai Festival Cahaya. Festival ini menandakan kemenangan spiritual cahaya atas kegelapan dan kebaikan atas kejahatan.

Kembang api yang penuh warna dan diyas (lampu tanah liat kecil) serta lilin ditempatkan di sekitar rumah. Belum lagi jutaan lampu di seluruh atap rumah, di depan pintu, kusen jendela, kuil, bangunan kota, dan banyak lagi membuat seluruh negara tampak dibanjiri cahaya yang indah.

Pada festival ini juga ada acara untuk bertukar hadiah dengan anggota keluarga maupun teman, termasuk mithai (permen), buah-buahan, dan makanan kering lainnya.

3. Christmas - Rio de Janeiro, Brasil

10 Festival Cahaya Terbaik di Dunia, Bikin Takjub!yandex.uz

Ketika memikirkan Rio de Janeiro, kamu pasti biasanya akan membayangkan pantai berpasir, selancar, dan tentu saja pesta jalanan terbesar di dunia alias arnaval. 

Setiap tahun, sejak 1995, cariocas (penduduk Rio de Janeiro) berkumpul di Rodrigo de Frietas Lagoon untuk membuat penerangan pohon Natal terapung yang terbesar di dunia dalam air. Pohon raksasa ini mengapung di tengah-tengah laguna, tingginya 85 meter dan beratnya hampir 542 ton. Lebih dari 3,1 juta lampu menerangi pohon maupun laguna dengan warna meriah yang indah dan memiliki pola warna baru yang berubah setiap menit.

4. Vivid Festival - Sydney, Australia

10 Festival Cahaya Terbaik di Dunia, Bikin Takjub!traveltriangle.com

Vivid Festival adalah acara musim dingin utama yang ada di Sydney. Selama festival, seluruh kota, termasuk landmark yang ikonik seperti Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge dipenuhi dengan seni cahaya indah yang memesona untuk dilihat.

Ada lebih dari 90 instalasi dan proyeksi di seluruh kota yang diproduksi oleh beberapa seniman cahaya terkemuka dunia. Termasuk juga sejumlah pertunjukan musik dan banyak acara lainnya.

Festival ini berlangsung setiap tahun di bulan Juli, selama musim dingin Australia.

5. Pingxi Sky Lantern Festival – Taipei, Taiwan

10 Festival Cahaya Terbaik di Dunia, Bikin Takjub!taiwannews.com.tw

Untuk pengalaman yang benar-benar tak terlupakan, tidak ada yang bisa mengalahkan pemandangan menakjubkan dari beberapa ratus ribu lentera kertas yang diterangi lilin melayang di langit malam dalam harmoni yang tenang.

Awalnya pelepasan lentera yang menyala ke langit malam adalah tradisi lama yang membuat orang-orang dari daerah sekitarnya tahu bahwa kota itu aman. Namun saat ini,Pingxi Sky Lantern Festival adalah acara tahunan untuk merayakan perdamaian dan kebaikan.

Dikenal secara lokal sebagai "Kembang Api Selatan" atau "Lentera Langit di Utara", puluhan ribu pengunjung festival berkumpul setiap tahun pada awal Maret untuk menulis pesan keinginan dan impian pribadi lalu melepaskannya ke langit malam. Sekitar 100.000-200.000 lentera kertas dilepaskan dalam acara yang berlangsung selama 3 hari ini.

Baca Juga: 5 Festival Hemat Biaya untuk Liburan di Prancis yang Fantastis

6. Amsterdam Light Festival - Amsterdam, Belanda

10 Festival Cahaya Terbaik di Dunia, Bikin Takjub!mylittleadventure.com

Amsterdam Light Festival adalah festival musim dingin luar biasa yang sangat menakjubkan untuk dilihat. Selama 50 hari, Amsterdam dipenuhi dengan patung-patung cahaya yang indah, proyeksi seni dan instalasi seni kontemporer yang ditampilkan oleh seniman internasional di seluruh kota.

Fokus festival ini adalah tentang keberlanjutan dan inovasi, serta mempromosikan desain pencahayaan berteknologi tinggi maupun instalasi interaktif.

Dan jangan lupa naik perahu di kanal Amsterdam yang terkenal untuk melihat karya seni brilian yang dipajang di sepanjang dinding saluran air.

7. i Light Marina Bay Festival – Singapura

10 Festival Cahaya Terbaik di Dunia, Bikin Takjub!olhardireto.com.br

i light Marina Bay adalah festival seni unik yang terdiri dari beberapa lusin instalasi seni cahaya inovatif, ramah lingkungan, dan berkelanjutan yang dibuat dari seluruh dunia. Setiap instalasi menggunakan bahan daur ulang dan teknologi hemat energi untuk penerangan.

Terletak di tepi pantai Marina Bay di Singapura, rangkaian lampu warna-warni membuat air bercahaya dalam skema warna pelangi yang indah.

Selain itu saat berada di Singapura, jangan lupa untuk mengunjungi Spectra, pertunjukan cahaya dan air yang diselenggarakan oleh salah satu resor utama Singapura, Marina Bay Sands. Acara 15 menit ini terdiri dari seni visual, suara orkestra yang indah, efek pencahayaan yang luar biasa dan tentu saja air mancur memukau yang menari dengan menakjubkan di udara.

Pertunjukan ini menggunakan bola lampu hemat energi 470 watt tetapi dengan output yang serupa dengan bola lampu 4000 watt. Hal ini berarti pertunjukan tersebut sangat hemat biaya untuk dijalankan dengan biaya hanya 300 dolar per hari.

8. Festival of Lights - Berlin, Jerman

10 Festival Cahaya Terbaik di Dunia, Bikin Takjub!blog.radissonblu.com

Salah satu festival cahaya terbaik Eropa adalah Festival Cahaya di Berlin, Jerman. Tempat-tempat penting di seluruh Berlin, termasuk Siegessaule, Reichstag, bandara Tempelhof, Berliner Dom, dan banyak situs kota lainnya diterangi dengan warna-warna cerah serta pola bercahaya.

Festival ini diproduksi oleh sekelompok seniman yang dikenal sebagai Guardians of Time dan dipimpin oleh seniman Austria, Manfred Kielnhofer. Seniman yang berpakaian biksu, berjalan di seluruh kota dengan kostum cahaya neon.

Asal mula mistik dari festival ini berasal dari kepercayaan bahwa umat manusia selalu memiliki pelindung sejak zaman dahulu dan cahaya dipandang sebagai cara untuk mengekspresikan perlindungan ini.

9. Light Festival - Ghent, Belgia

10 Festival Cahaya Terbaik di Dunia, Bikin Takjub!darkroom.baltimoresun.com

Jika kamu kebetulan berada di Belgia setelah Tahun Baru, pastikan untuk tinggal sedikit lebih lama untuk Festival Cahaya yang terkenal dan bercahaya, Lichtfestival di Flemish.

Terletak di kota Ghent, Flanders, festival yang memesona ini membungkus seluruh kota dengan warna-warna cerah, termasuk katedral kota dengan lebih dari 55.000 LED.

10. Medellin Christmas Lighting Festival - Medellin, Kolombia

10 Festival Cahaya Terbaik di Dunia, Bikin Takjub!viator.com

Seperti halnya Medellin yang terkenal di dunia untuk acara Feria de las Flores (Festival Bunga), festival pencahayaan Natal tahunan (El Alumbrado dalam bahasa Spanyol) dari Medellin selama Natal patut dikunjungi.

Perayaan pencahayaan dimulai 7 Desember, yang juga menandai dimulainya liburan. Hampir 800.000 kilometer strip cahaya dan lebih dari 30 juta bola lampu dipasang untuk menerangi kota yang indah.

Festival ini dikenal karena perayaannya yang besar, termasuk figur 3D yang menari di sungai, ornamen mewah yang terhampar di setiap kanopi pohon, serta ditambah sejumlah besar kembang api juga dipamerkan di sana.

Nah, kalau festival cahaya favoritmu yang mana nih? Yuk, bagikan di kolom komentar!

Baca Juga: 10 Foto Keren Festival Es Terbesar di Dunia, Indah bak Negeri Dongeng

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya