Comscore Tracker

7 Alasan Mengapa Harus Menjadikan Swedia sebagai Destinasi Wisata

Suasana alamnya begitu menenangkan!

Swedia adalah salah satu negara Skandinavia yang mempunyai banyak destinasi wisata yang mengagumkan. Banyak alasan mengapa negara ini banyak dikunjungi wisatawan setiap tahunnya. Seperti keadaan negara yang aman, penduduk yang toleran terhadap warga asing atau wisatawan, hingga berbagai acara seru yang berlangsung di negara ini.

Selain itu, warganya mencintai kedisiplinan dan kebersihan sehingga membuat wisatawan yang berkunjung menjadi nyaman. Berikut tujuh alasan mengapa harus menjadikan Swedia sebagai destinasi wisata. Penasaran?

1. Alamnya yang begitu subur dan hijau

7 Alasan Mengapa Harus Menjadikan Swedia sebagai Destinasi WisataSaltoluokta (Instagram.com/jessicandoit)

Swedia mempunyai alam yang begitu subur dengan ladang hijau yang luas sehingga menjadikan negara ini surga bagi pencinta alam. Swedia mempunyai banyak wisata alam yang bisa menjadi destinasi berlibur, seperti memiliki 100.000 danau yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

Selain itu, Swedia juga mempunyai beberapa pegunungan dengan panorama yang mengesankan, hutan pedesaan, ladang bergulir, pemetikan jamur dan beri, serta matahari tengah malam.

2. Merayakan Midsummer

7 Alasan Mengapa Harus Menjadikan Swedia sebagai Destinasi Wisatamerayakan Midsummer di Swedia (Instagram.com/violetconnors)

Pertengahan musim panas atau Midsummer di Swedia adalah hari libur nasional. Pada saat tersebut, akan banyak orang yang memanfaatkan waktu tersebut untuk berkumpul dengan teman dan keluarga dalam waktu beberapa hari.

Mereka akan merayakannya dengan meriah dengan cara makan, bermain, menari, hingga bernyanyi bersama. Pada saat itu merupakan salah satu liburan paling menyenangkan di Swedia. Jadi jika kamu diundang ke sebuah perayaan, terimalah tawaran itu. 

3. Sebagian besar orang Swedia mampu berbicara menggunakan bahasa Inggris

7 Alasan Mengapa Harus Menjadikan Swedia sebagai Destinasi WisataOrang-orang Swedia sedang merayakan Midsommer (Instagram.com/saraheggar)

Ketika kamu mengunjungi suatu negara, mungkin kamu akan merasa takut untuk kesulitan berkomunikasi dengan penduduk setempat karena kalian tak menguasai bahasanya. Namun, ketika mengunjungi Swedia kalian tak perlu merasa cemas karena hampir semua orang berbicara bahasa Inggris. 

Bahkan anak-anak kecil juga berbicara setidaknya sedikit bahasa Inggris, karena pelajaran bahasa Inggris telah diajarkan di taman kanak-kanak dan melalui televisi dan Internet. 

Baca Juga: 9 Pesona Taman Nasional Abisko di Swedia yang Bak Surga Dunia

4. Matahari tengah malam

7 Alasan Mengapa Harus Menjadikan Swedia sebagai Destinasi Wisatamatahari tengah malam di Umeå, Swedia (Instagram.com/vasterhjarta)

Di Indonesia umum terjadi jika pukul 5 atau 6 sore, matahari akan tenggelam dan digantikan oleh bulan. Namun semua cerita yang pernah kamu dengar tentang matahari yang keluar 24 jam sehari di Swedia kurang lebih benar.

Di Swedia bagian utara, siang hari bisa mencapai 24 jam. Sedangkan Swedia bagian Selatan mungkin beberapa jam mengalami senja sebelum matahari bersinar kembali sekitar pukul 2 pagi. Fenomena ini tentu menjadikan liburan lebih berkesan karena tidak semua negara bisa memilikinya.

5. Festival musik

7 Alasan Mengapa Harus Menjadikan Swedia sebagai Destinasi Wisatasalah satu festival musik di Swedia (Instagram.com/dopest.se)

Banyak festival musik yang diselenggarakan di Swedia, mulai dari Way Out West di Gothenburg, Stockholm Jazz Festival, hingga Bravalla di Norrköping. Negara ini menyukai festival musik yang bagus dan memiliki banyak pilihan.

Orang Swedia sangat senang dengan festival musik sehingga mereka menyambutnya secara excited seperti memesan tiket dan booking penginapan jauh-jauh hari, mempersiapkan hari libur khusus, dan berbelanja makanan atau minuman kesukaan sebagai teman nonton festival.

6. Allemansrätten

7 Alasan Mengapa Harus Menjadikan Swedia sebagai Destinasi WisataAllemansrätten (Instagram.com/_jenjo_)

Allemansrätten merupakan kebebasan untuk menjelajah atau bisa juga diartikan hukum Swedia yang memberikan hak akses kepada setiap orang saat berjalan, berkayak, duduk di atas batu, atau berkemah. Hal tersebut memberi setiap orang kesempatan unik untuk bergerak bebas di alam.

Meskipun bebas, namun tetap ingat terhadap aturan yaitu jangan mengganggu dan jangan hancurkan. Misalnya saja jika sedang berkemah, maka kamu hanya dapat mendirikan tenda selama beberapa hari di tanah yang tidak digunakan untuk pertanian dan jauh dari perumahan.

Jika ada risiko mengganggu seseorang, maka kamu harus meminta izin kepada pemilik tanah. 

7. Stockholm Pride

7 Alasan Mengapa Harus Menjadikan Swedia sebagai Destinasi WisataStockholm Pride (Instagram.com/michelsundin)

Stockholm Pride merupakan Festival Kebanggaan terbesar di Skandinavi  yang dihadiri oleh lebih dari 60.000 orang. Sedangkan 600.000 lainnya mengikuti parade saat melintasi kota. Festival ini berlangsung selama hampir seminggu, dengan beberapa acara seperti seminar, pesta, klub malam, dan Pride Park khusus, di mana orang berkumpul untuk berpesta dan berdansa semalaman dengan pertunjukan musik.

Banyak alasan yang bisa membuat banyak orang tertarik untuk mengunjungi Swedia. Selain karena alamnya yang begitu memikat, berbagai kegiatan seru juga bisa dilakukan di sana. Siap-siap nabung nih!

Baca Juga: 5 Tempat Romantis untuk Dikunjungi di Swedia, Suasananya Syahdu

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya