Comscore Tracker

Bak Kota Chefchaouen, Ini 7 Keseruan yang Bisa Kamu Lakukan di Jodhpur

Gak usah jauh-jauh ke Maroko untuk menikmati kota biru

Melipir ke Rajasthan, ada yang kurang jika kamu hanya mengunjungi Jaipur saja. Karena masih ada destinasi lain yang memberikan sensasi berlibur seru seperti Kota Jodhpur.

Kota bersejarah terbesar kedua ini, didirikan oleh Rao Jodha, kepala suku Rajput dari Rathores pada tahun 1459. Selain terkenal karena sejarahnya, penampakan kota ini bak Chefchaouen di Maroko. Karena terdapat satu kawasan yang berwarna biru. Tak heran, jika Jodhpur mendapat julukan sebagai kota biru juga.

Nah, kira-kira seperti apa ya kota biru ala India ini? Biar gak bingung mau ngapain aja di kota ini. Berikut, tujuh hal seru yang dapat kamu lakukan di Jodphur.

1. Berwisata sejarah ke Benteng Mehrangarh, salah satu situs peninggalan Rao Jodha

Bak Kota Chefchaouen, Ini 7 Keseruan yang Bisa Kamu Lakukan di Jodhpurthetravelspecialists.net.au

Tak kenal maka tak sayang. Sebelum beranjak kemana-mana, ada baiknya kamu berwisata sejarah dulu ke Benteng Mehrangarh yang terletak di Sodagaran Mohalla, agar semakin mengenal Jodphur. Buka dari pukul 09.00-17.30, benteng yang kini menjadi museum ini telah berdiri sejak tahun 1460.

Saat memasuki dalam ruangan, kamu akan dibuat takjub dengan desain interiornya yang indah. Setiap ruang di Benteng Mehrangarh memiliki fungsinya tersendiri. Yang paling banyak dikunjungi wisatawan yaitu Phool Mahal, ruang pesta khusus pria dengan dinding berukiran indah dan lantai yang beralaskan karpet.

2. Pacu adrenalinmu dengan mencoba menaiki flying fox di Rao Jodha Desert Rock Park

Bak Kota Chefchaouen, Ini 7 Keseruan yang Bisa Kamu Lakukan di Jodhpurtripoto.com

Gak jauh dari Benteng Mehrangarh, terdapat taman gurun yang cukup luas untuk melakukan kegiatan memacu adrenalin seperti flying fox. Terbang menggunakan temali dari ketinggian, kamu akan mendapatkan pemandangan menakjubkan hamparan gurun berbatu.

Baca Juga: Kamu Belum ke India Kalau Gak Mengunjungi 7 Kota Ini

3. Menjelajahi rumah-rumah biru

Bak Kota Chefchaouen, Ini 7 Keseruan yang Bisa Kamu Lakukan di Jodhpurhuffpost.com

Nah, keseruan satu ini gak boleh terlewatkan alias wajib banget untuk dilakukan. Secara, Jodhpur terkenal dengan julukan kota biru. Sayang jika jauh-jauh berlibur kesini, tidak singgah sejenak.

Bak Kota Chefchaouen di Maroko, rumah-rumah di sini dicat dengan menggunakan warna biru. Konon, banyak yang berspekulasi jika warna biru itu suci karena Dewa Siwa adalah dewa suci yang memiliki warna biru.

Selain itu, masyarakat setempat menyebut jika warna biru memantulkan hawa panas. Terlebih kota ini begitu terik karena letaknya yang dekat gurun pasir. Sehingga rumah-rumah dicat warna biru untuk membantu menjaga mereka tetap merasa dingin di musim panas.

4. Santai bersama kawanan kera di Kebun Mandore sembari menikmati pemandangan syahdu

Bak Kota Chefchaouen, Ini 7 Keseruan yang Bisa Kamu Lakukan di Jodhpurremotetraveler.com

Masih berdekatan dengan kompleks rumah-rumah biru. Usai melakukan perjalanan yang melelahkan, tidak ada salahnya santai di Kebun Mandore yang menawarkan pemandangan syahdu dari Benteng Mandore, Istana Tua Mandore dan Candi Ravan. Apalagi kamu akan disambut dengan hangat kawanan kera yang menemani waktu santaimu di sini.

5. Rasakan sensasi menginap bak putra dan putri raja di hotel heritage Umaid Bhawan, yang dahulu ialah istana kerajaan

Bak Kota Chefchaouen, Ini 7 Keseruan yang Bisa Kamu Lakukan di Jodhpurunsplash.com/Sam Mathews

Masih ingat pernikahan mewah pasangan artis Hollywood dan Bollywood yaitu Nick Jonas dan Priyanka Chopra? Mereka menggelar resepsi pernikahan di hotel ini lho! Dahulu, istana ini dibuat untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar yang saat itu tengah dilanda kekeringan sehingga masyarakat sekitar tidak dapat melanjutkan bercocok tanam.

Di gadang-gadang sebagai istana terbesar di dunia, Umaid Bhawan memiliki sejarah yang pilu dimana pernah terbengkalai karena sang raja yaitu Umaid Singh meninggal dunia. Kemudian tahta beralih ke Hanumant Singh, yang akhirnya ditinggalkan kembali karena ia meninggal dunia.

Memiliki kamar sekitar 347 dengan gaya arsitektur bangunan model Beaux Arts atau dikenal juga sebagai gaya Indo-Deco. Akhirnya Istana Umaid Bhawan beralih fungsi sebagai tempat penginapan pada tahun 1971 atas kuasa Gaj Singh II, putra raja.

6. Jangan sampai melewatkan street food ala Jodphur yang bentuknya hampir serupa dengan paha ayam. Biasa mereka sebut mirchi bava

Bak Kota Chefchaouen, Ini 7 Keseruan yang Bisa Kamu Lakukan di Jodhpurklook.com

Mirchi bava adalah camilan pedas yang terbuat dari cabai (mirchi) dan isian kentang atau kembang kol, disajikan panas dengan saus tomat atau kadang-kadang dengan mint dan chutney asam (penyedap dan saus berbumbu rempah-rempah yang dibuat dari sayuran segar atau buah-buahan yang dilumatkan).

7. Berbelanja cendera mata khas Jadhpur di Pasar Sardar

Bak Kota Chefchaouen, Ini 7 Keseruan yang Bisa Kamu Lakukan di Jodhpurcntraveller.in

Kain sulaman, barang kerajinan tangan, barang antik, gelang warna-warni, teh kemasan, beberapa cendera mata yang dapat kamu bawa pulang ke rumah. Biasanya wisatawan membelinya di Pasar Sardar karena harganya yang terjangkau dan kualitas barangnya yang baik.

Nah, itulah tadi tujuh keseruan yang dapat kamu lakukan di kota biru Jodphur. Masih banyak atraksi lainnya yang ditawarkan kota ini. Biar makin seru, datang ke Jodphur pada saat berlangsung festival. Karena, tidak hanya kaya sejarah. Kamu akan mengenal juga kebudayaan kota ini.

Baca Juga: 7 Hot Dog dari Penjuru Dunia yang Wajib Kamu Coba Saat Traveling

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya