Comscore Tracker

5 Tradisi Unik Ramadan Ini Hanya Bisa Kamu Temui di India

#RamadanMasaKini India pun punya tradisi Ramadan

Gak hanya Indonesia, setiap negara di dunia juga punya tradisi unik saat bulan Ramadan. Misalnya di India, walaupun mayoritas masyarakatnya adalah pemeluk agama Hindu, bukan berarti bulan Ramadan tidak dirayakan dengan spesial. Bahkan, India merupakan negara dengan jumlah muslim terbanyak ketiga di dunia lho!

Gak heran kalau bulan puasa selalu disambut dengan meriah di negara tersebut. Ada banyak tradisi yang dilakukan selama bulan Ramadan.

Nah, berikut ada lima tradisi unik bulan Ramadan yang hanya bisa kamu temui di India. Kira-kira ada tradisi apa saja?

1. Ketika menyambut datangnya bulan Ramadan, masyarakat muslim di India akan membersihkan diri mereka

5 Tradisi Unik Ramadan Ini Hanya Bisa Kamu Temui di Indianewsnation.in

Pada akhir bulan Sya’ban, masyarakat muslim di India akan membersihkan diri mereka untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Gak hanya membersihkan diri, mereka juga akan membersihkan lingkungan tempat tinggalnya.

Dan biasanya, para pria akan mengenakan pakaian tradisi etnis Muslim yang di sebut Kurta atau Salwa-Kameez. Sementara bagi para wanita, mereka biasanya bertugas membersihkan rumah. Hal tersebut dilakukan dengan maksud agar dapat lebih fokus dan hikmat saat menjalankan ibadah selama Ramadan.

2. Para lelaki akan berias menggunakan celak ketika Ramadan tiba

5 Tradisi Unik Ramadan Ini Hanya Bisa Kamu Temui di Indiaamongguru.com

Tradisi yang satu ini sebenarnya banyak dilakukan oleh masyarakat di Yaman. Namun, ternyata pria muslim di India juga melakukannya.

Ketika bulan Ramadan tiba, para pria muslim India akan memakai celak di matanya. Celak merupakan kosmetik yang digunakan untuk mempercantik dan menegaskan bentuk mata. Biasanya para pria muslim di India akan menghias matanya dengan kohl atau eyeliner. 

Baca Juga: 5 Keunikan Ramadan di Maroko, Tradisi Negeri Matahari Terbenam

3. Memasak makanan khas India untuk menu berbuka

5 Tradisi Unik Ramadan Ini Hanya Bisa Kamu Temui di Indiablogs.wsj.com

Ternyata, tiap wilayah di India memiliki hidangan berbuka puasa yang berbeda-beda lho! Seperti di Tamil Nadu dan Kerala, kerap menikmati nombu kanji sebagai menu berbuka. Sementara itu, haleem menjadi makanan yang kerap disantap di perbatasan India Utara dan India Selatan, Hyderabad.

Nombu kanji merupakan bubur nasi yang dimasak bersama daging sapi atau domba . Sementara haleem merupakan bubur yang terbuat dari gandum, daging sapi atau kambing, bawang bombai, garam masala, ketumbar, dan ghee.

Kabarnya, makanan ini sangat spesial dan menjadi sajian yang cukup sering dikirim kepada umat muslim India yang berada di luar negeri.

4. Ketika berbuka puasa, masyarakat muslim India akan berkumpul di masjid

5 Tradisi Unik Ramadan Ini Hanya Bisa Kamu Temui di Indiazeenews.india.com

Umumnya, masyarakat muslim India selalu berbuka puasa di masjid atau surau. Hal tersebut menjadi salah satu cara untuk membangun kekeluargaan. Untuk masalah hidangan, biasanya dimasak di rumah para donatur. 

Selain itu saat Ramadan tiba di setiap masjid biasanya juga menyediakan ganghui. Kalau kamu belum tahu, ganghui merupakan sejenis sup yang dibuat dari terigu, beras, dan potongan daging. Makanan ini biasanya menu wajib yang disediakan di masjid untuk berbuka puasa. Mungkin di Indonesia ganghui ini semacam takjil!

5. Gak hanya masak makanan khas, mereka juga akan memasak minuman untuk berbuka dan sahur

5 Tradisi Unik Ramadan Ini Hanya Bisa Kamu Temui di Indiaaljazeera.com

Tradisi yang satu ini memang unik. Saat sahur, biasanya masyarakat muslim India bersahur dengan meminum minuman yang terbuat dari kacang–kacangan yang biasa di sebut harir. Untuk makanannya, masyarakat muslim India akan memakan mie yang digoreng kering. 

Sedangkan untuk buka puasanya biasanya masyarakat India menyajikan kurma, segelas air, samosa, pakodas atau gorengan, buah segar atau jus dan makanan lainnya. Di sepanjang jalan menjelang buka puasa, aneka gorengan kerap dijajakan di India bagian utara. Gorengan seperti samosa dan pakoras merupakan yang paling favorit.

Nah, itulah tadi lima tradisi unik bulan Ramadan yang bisa kamu temui di India. Rasanya, tradisi bulan puasa di India nggak berbeda jauh dengan di Indonesia ya!

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Suci Wu Photo Community Writer Suci Wu

Halo :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You