Comscore Tracker

5 Cara Liburan Sehat dan Hemat, Worth It Banget untuk Kamu Coba!

Tapi lakukan setelah pandemi COVID-19 berakhir ya

Disibukkan dengan berbagai macam aktivitas dan pekerjaan di setiap harinya lama kelamaan bisa membuat kita merasa stres dan penat, maka dari itulah sesekali mengambil cuti untuk liburan menjadi suatu hal yang penting.

Kamu perlu mengistirahatkan diri dan pikiran dari beban hidup sehari-hari dengan refreshing selama liburan. Lagipula liburan gak melulu harus menghabiskan banyak uang, kok. Malahan ada cara sehat dan hematnya lho, yuk simak pembahasannya lebih lanjut berikut ini!

1. Berliburlah ke pedesaan yang jauh dari polusi

5 Cara Liburan Sehat dan Hemat, Worth It Banget untuk Kamu Coba!Pexels.com/Marius Venter

Caranya yang pertama untuk bisa berlibur dengan sehat dan juga hemat ialah dengan berlibur ke lokasi pedesaan yang jauh dari polusi. Biasanya destinasi liburan yang seperti itu tidak akan menghabiskan banyak uang, apalagi selama di sana kamu bisa menghirup udara segar dengan bebas. Sekadar jalan-jalan di sekitar pedesaan seperti itu saja rasanya sudah healing, menyehatkan mental dan tubuhmu.

2. Cobalah makanan yang sederhana dan organic selama kamu liburan

5 Cara Liburan Sehat dan Hemat, Worth It Banget untuk Kamu Coba!Pexels.com/Mikhail Nilov

Selain pergi berlibur ke daerah yang bebas polusi, juga sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan organic selama kamu liburan. Meski tidak kelihatan sangat lezat seperti makanan lainnya, namun makanan sederhana yang terbuat dari bahan makanan alami justru bagus untuk tubuhmu, selain itu juga pastinya bakal lebih murah, kan.

Baca Juga: Merasa Sedih saat Liburan? Ini 5 Cara untuk Mengatasi Holiday Blues

3. Atur budget yang kamu miliki dengan ketat dan bijak

5 Cara Liburan Sehat dan Hemat, Worth It Banget untuk Kamu Coba!Pexels.com/Karolina Grabowska

Kalau mau liburan hemat dan sehat, maka salah satu caranya ialah dengan mengatur budget yang kamu miliki dengan ketat dan bijak. Gak perlu membeli barang-barang yang tidak perlu, misalnya seperti cindera mata. Cukup fokuskan liburanmu untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan penat yang menumpuk.

4. Rutinlah berolahraga saat kamu liburan

5 Cara Liburan Sehat dan Hemat, Worth It Banget untuk Kamu Coba!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Di manapun kamu pergi liburan, gunakanlah waktumu untuk melakukan olahraga rutin selama liburan di sana. Gak perlu yang terlalu intens, cukup olahraga sederhana seperti lari pagi di sekitar lokasi penginapanmu, atau olahraga ringan lainnya yang menyehatkan badan namun tidak mengeluarkan biaya. Hemat dan sehat, kan?

5. Telusuri tempat-tempat bernuansa alam yang mudah dituju

5 Cara Liburan Sehat dan Hemat, Worth It Banget untuk Kamu Coba!Pexels.com/Nick Bondarev

Kemudian caranya yang kelima untuk liburan dengan sehat dan hemat ialah dengan menelusuri tempat-tempat wisata alam yang mudah dituju. Karena percaya atau tidak, liburan di tempat bernuansa alam seperti pantai atau bukit lebih baik untuk menyegarkan diri dan pikiran. Tambah menyenangkan lagi kalau ditemani keluarga, pasangan atau orang terdekat.

Liburan gak melulu harus mahal dan menguras dompet kok, malahan bisa liburan dengan sehat dan hemat dengan beberapa cara tadi. Pokoknya worth it untuk kamu coba!

Baca Juga: 8 Hal Buruk yang Biasa Terjadi Selama Liburan, Pernah Mengalami?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya