Comscore Tracker

5 Etika Dasar yang Wajib Diketahui Sebelum Berkunjung ke Prancis

Jangan letakan siku di atas meja serta gunakan pakaian rapih

Dikenal sebagai negara paling romantis membuat Prancis tak pernah sepi turis. Prancis memiliki wisata kuliner dan pemandangan yang indah dengan suasana khas Eropa yang estetik. Tapi ada baiknya sebelum pergi ke negeri orang kita perlu mengetahui etika dasar agar tidak terlibat masalah atau salah paham dengan warga lokal di sana. 

Di Prancis sendiri terdapat beberapa aturan atau etika dasar yang perlu diketahui. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Usahakan untuk selalu berpakaian rapi

5 Etika Dasar yang Wajib Diketahui Sebelum Berkunjung ke Prancisunsplash.com/@laurachouette

Prancis termasuk salah satu pusat fesyen di dunia, ini membuat budaya atau sebuah tradisi di mana setiap masyarakat sangat memperhatikan bagaimana penampilan mereka. Bila kamu datang ke Prancis dan berkunjung ke tempat masyarakat lokal maka usahakan untuk selalu berpakaian rapi. Gaya formal atau semi kasual menjadi pilihan yang tepat untuk bisa diterima dengan baik oleh masyarakat lokal di Prancis. 

2. Jangan menggunakan angka 13

5 Etika Dasar yang Wajib Diketahui Sebelum Berkunjung ke Prancisunsplash.com/@laurachouette

Angka 13 layaknya ditiadakan di Prancis, angka ini dianggap kurang baik dan bisa membawa hal buruk. Angka 13 juga tidak diperkenankan dalam rangkaian bunga meskipun di budaya Prancis karangan bunga harus memiliki angka yang ganjil. 

3. Ucapkan 'bonjour' atau 'bonsoir' sebagai bentuk sapaan

5 Etika Dasar yang Wajib Diketahui Sebelum Berkunjung ke Prancisnewsbug.info

Beradaptasi di lingkungan baru yang jauh dari rumah tinggal kita bukan hal yang mudah. Jika kamu ditugaskan dalam waktu yang cukup lama di Prancis, maka biasakan untuk mengucap 'bonjour' atau 'bonsoir' sebagai tanda sapaan bukti keramahan. Masyarakat lokal yang mendapat sapaan seperti ini cenderung lebih bersikap ramah pada turis sehingga memudahkan kita bila membutuhkan bantuan. 

Baca Juga: 6 Fakta Unik Guillotine, Pisau Pancung Legendaris Era Revolusi Prancis

4. Hindari meletakan siku di atas meja makan

5 Etika Dasar yang Wajib Diketahui Sebelum Berkunjung ke Prancisitaloamericano.com

Saat undangan makan malam atau sekadar makan malam di restoran sebaiknya juga tetap memperhatikan etika yang berlaku. Di Prancis terdapat larangan tak tertulis yang melarang seseorang meletakan siku di atas meja makan. Tata letak tangan yang benar adalah dengan menaruh tangan secara lurus di atas meja dan tidak di sembunyikan di bawah meja. Ini adalah bukti kesopanan terhadap tuan rumah atau penjamu makan malam.

5. Jangan kosongkan gelas anggur jika sudah tidak ingin minum lagi

5 Etika Dasar yang Wajib Diketahui Sebelum Berkunjung ke Prancismilknmamasbaby.com

Mengosongkan gelas anggur saat acara pertemuan atau penjamuan diartikan sebagai bentuk halus permintaan tambahan minum. Bila dirasa sudah cukup maka biarkan gelas terisi setengah tanpa harus menghabiskannya. Jangan sampai salah mengerti dan bikin kamu jadi kewalahan ya!

Mengetahui etika dasar sebelum berkunjung ke sebuah negara asing wajib dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. Pastikan kamu mencatat atau sekedar mengingatnya dengan baik ya!

Baca Juga: Tourteau Fromagé, Menikmati Sensasi Kue Gosong Khas Prancis 

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya